Tentu Anda sudah pernah mendengar beras merah, bahkan eksistensi beras merah semakin tinggi diminati oleh masayarakat yang mulai merubah pola hidup gaya sehat, mereka mulai mengganti beras putih dengan beras putih. Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan di International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2006, mereka yang mengkonsumsi beras merah memiliki kadar gula darah yang lebih rendah setelahmakan jika dibandingkan dengan beras putih. Hal tersebut dikarenakan indeks glikemik beras merah lebih rendah (55) jika dibandingkan dengan beras putih (86).

Apakah Anda pernah mengenal beras hitam?

Apakah beras hitam ini adalah beras ketan hitam yang biasa kita temui untuk menu bubur kacang hijau dengan tambahan bubur kacang Hitam. Tentu saja beras hitam dan beras ketan hitam berbeda jenisnya tetapi bentuknya mirip, dan Anda hampir belum pernah mencobanya. Penggunaan beras hitam dalam menu makan masih belum seluas kerabat beras lainnya. Sejarah beras hitam berakar dari adat istiadat Cina Kuno, di mana selama waktu itu beras hitam hanya disediakan eksklusif untuk konsumsi Kaisar dan keluarganya. Dari sinilah beras hitam mendapat julukan “Beras Terlarang”, karena jika rakyat jelata tertangkap basah makan nasi hitam tanpa izin, nyawa adalah taruhannya.

Tenang, di zaman modern seperti sekarang ini beras hitam sudah bebas untuk digunakan oleh siapapun. Di zaman modern beras hitam boleh dikonsumsi secara bebas oleh siapaun, bahkan Indonesia menjadi salah satu lokasi budidaya beras hitam terbesar di Asia Tenggara, selain Filipina. Beras hitam kini dinobatkan menjadi salah satu biji gandum yang paling sehat di dunia.

Jika dinobatakan sebagai gandum yang paling sehat di dunia, pastinya beras hitam memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Berikut ini 13 manfaat yang bisa Anda rasakan dari mengkonsumsi beras hitam sebagai menu sehari-hari pengganti nasi.

Kaya Kandungan Antioksidan Untuk Tubuh

Beras hitam memiliki kandungan anthocyanin yang tinggi dibandingkan dengan varietas beras lainnya. Sebagai perbandingan, blueberry menduduki peringkat nomor satu dari buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi dibandingkan dengan 40 jenis buah dan sayuran lainnya.

Antosianin telah diteliti dan ditemukan mampu mencegah penyakit jantung dan melindungi terhadap segala macam penyakit seperti: asma, arthritis, hingga kanker.

Anda yang ingin berdiet bisa memasukkan beras hitam dalam menu makan harian, karena beras hitam telah diuji mampu menurunkan kadar trigliserida (lemak jahat dalam darah) dan meningkatkan kadar HDL sebagai kolesterol baik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan antosianin dalam beras hitam telah berkolerasi untuk :

  • Membantu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular
  • Melindungi tubuh dari serangan kanker yang disebabkan oleh radikal bebas
  • Membantu meningkatkan fungsi otak
  • Mengurangi terjadinya peradangan

Selain antosianin yang tidak dimiliki oleh varietas beras lainnya, beras hitam juga mengandung antioksidan lain seperti vitamin E yang berguna untuk :

  • Meningkatkan imunitas
  • Menjaga kesehatan mata
  • Menjaga kesehatan kulit

Kaya Protein

Beras hitam memiliki asupan protein yang tinggi dan baik untuk tubuh manusia, misalnya kandungan karbohidrat sepiring beras hitam lebih rendah daripada beras merah, namun lebih tinggi kandungan serat dan proteinnya.

Kaya Vitamin & Mineral

Beras hitam mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti: vitamin E, B1, B2, B3, dan B6, serta zinc, magnesium, dan fosfor. Satu piring nasi hitam memenuhi asupan harian vitamin dan mineral.

Selain itu terdapat kandungan Riboflavin di dalam beras hitam, yang berperan penting terhadap perlindungan sel dari stres oksidatif, radikal bebas penyebab kanker.

Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Menurut beberapa penelitian, beras hitam memainkan peran penting dalam menunjang kesehatan hati terutama dalam mencegah perlemakan hati, karena adanya antioksidan tinggi dalam beras. Maka beras hitam memiliki kemampuan untuk membantu hati menghilangkan zat-zat beracun ditubuh secara signifikan. Sehingga bisa nmengurangi stress oksidatif dalam tubuh, sekaligus pula membantu memperbaiki dan meningkatkan fungsi masing-masing jaringan.

Melindungi Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi beras hitam secara rutin bermanfaat mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan pembentukan plak aterosklerotik di pembuluh darah jantung. Makan nasi hitam dikatakan dapat memangkas angka kematian yang cukup tinggi dari penyakit jantung. Beras ini juga meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol total.

Membuat Sistem Pencernaan Sehat

Beras hitam tinggi akan kandungan serat, maka serat membantu meningkatkan aktivitas gerak usus dan membantu meringankan sembelit. Dengan mengkonsumsi beras hitam pencernaan pada tubuh akan lancar dan menyenbuhkan masalah diare serta masalah pencernaan lainnya.

Mencegah & Mengelola Diabetes

Beras hitam memiliki kandungan serat 3.5 kali lipat dibandingkan dengan beras putih. Sehingga beras hitam cenderung lebih lama untuk dicerna. Ini memiliki efek perlindungan pada sistem pencernaan sekaligus mempertahankan angka gula darah tetap konstan. Oleh karena itu, makan nasi hitam dalam diet juga membantu Anda dalam mencegah risiko diabetes dan mengelola pra-diabetes, karena kandungan gulanya yang juga rendah.

Diet rendah lemak dengan mengkonsumsi beras hitam akan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, yang meningkatkan kontrol diabetes, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengurangi Obesitas di Tubuh

Mengonsumsi beras hitam untuk menurunkan berat badan menunjukkan hasil yang lebih baik daripada beras merah, karena teksturnya yang lebih padat dan lebih kaya serat namun rendah kalori sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, beras ini membantu untuk mengontrol asupan kalori dan akibatnya melindungi terhadap obesitas dalam jangka panjang.

Mengatasi diare

Diare merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan perubahan yang terjadi pada tinja, yaitu menjadi lebih lembek, bahakan dapat berubah dalam bentuk cair. Penyakit ini menjadi salah satu penyebab kematian yang paling umum pada balita. Kandungan serat yang terdapat dalam beras hitam selain dapat membantu memudahkan pengeluaran sisa-sisa makanan dari dalam tubuh, juga dapat membantu menambah kepadatan tinja yang nantinya akan dikeluarkan. Hal inilah yang berpotensi membantu mencegah diare.

Meningkatkan Fungsi Otak

Stres oksidatif berkontribusi terhadap penurunan memori dan peradangan dalam otak.beras hitam memiliki fungsi lainnya yaitu melindungi tubuh terkena virus kanker. Ini karena didalm beras hitam sepertid di bagian awal artikel memiliki kandungan antocyanin yang dapat meningkatkan ketajaman memori dan fungsi kognitif otak, dengan memerangi stres oksidatif dalam tubuh.

Sebagai Bahan Pewarna Alami Untuk Makanan

Manfaat lainnya beras hitam bisa dijadikan alternative bahan dasar pewarna untuk makanan yang bebas dari zat-zat beracu, namun justru memebrikan manfaat banyak untuk tubuh dengan kandungan seratnya.

Pigmen dari ekstrak beras hitam dapat menghasilkan berbagai warna, mulai dari hitam hingga menjadi merah muda. Cobalah untuk mengolah sendiri beras hitam dengan cara menggiling biji kering beras hitam dengan menggunakan gilingan tepung, lalu bubuk atau tepung beras hitam bisa Anda gunakan sebagai bahan dasar membuat kue atau campuran pada jus buah.

Cara Pengolahan Beras Hitam

Mengelola beras hitam sangat mudah, sama seperti mengolah beras merah atau beras putih. Hanya saja proses pematangan masakan menggunakan beras hitam lebih lama jika dibandingkan dengan beras putih. Hal ini dikarenakan beras hitam memiliki tingkat kepadatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras putih. Untuk mendapatkan hasil terbaik pada saat pengolahan beras hitam, berikut ini beberapa tipsnya :

  • Rendam terlebih dahulu beras hitam selama semalam sebelum memasaknya, hal tersebut akan mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk memasak beras hitam. Selain itu, dengan merendam beras hitam sebelum memasaknya selama beberapa waktu akan memudahkan penyerapan nutrisi yang terdapat di dalam beras hitam tersebut.
  • Bilas kembali beras hitam tersebut menggunakan air bersih. Pada saat proses pengolahan, tambahkan dua gelas air pada setiap cangkir beras. Lakukan perebusan beras hitam selama +/- setengah jam. Akan tetapi jika pada awalnya Anda tidak merendam terlebih dahulu beras hitam yang hendak dimasak, maka diperlukan waktu sekitar +/- satu jam untuk proses perebusannya.
  • Setelah jangka waktu memasak telah habis, Anda bisa memeriksa tekstur dari beras tersebut setelah direbus apakah sudah kenyal dan matang ataukah belum. Jika Anda merasa belum sesuai kenginan Anda, maka sebaiknya teruskan proses perebusan hingga dihasilkan tekstur beras yang diinginkan.

Cobalah secara perlahan mengganti menu utama nasi putih dengan bersa hitam dalam prosi kecil. Jika Anda terbiasa maka akan banyak manfaat yang Anda rasakan dari hasil mengkonsumsi beras hitam. Misalnya saya sebagai penulis yang sudah mencoba mengkonsumsi beras hitam di waktu makan siang sebagai pengganti beras putih, yang saya alami badan terasa lebih ringan dan pencernaan jadi lebih lancar. Maka tidak adasalahnya mencoba sesuatu yang baik untuk tubuh Anda tetap sehat sehingga mampu menunnjang target-target jarir Anda di masa depan.