Saat ini orang-orang cenderung untuk memilih menjadi seorang pengusaha dengan membuka sebuah usaha. Menjadi seorang pengusaha dalam sebuah bidang tentunya tidaklah semudah menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan. Tetapi kecenderungan bagi anak mudah jaman sekarang adalah bercita-cita menjadi seorang pengusaha.

Pengusaha muda saat ini banyak kita temui dimana sesorang anak muda menghasilkan puluhan juta dari usahannya. Salah satu yang ingin saya contohkan adalah Andrew Darwis, sosok pendiri Website Kaskus.com. Lima tahun lalu situs Kaskus ini menjadi situs favorit di Indonesia karena banyak yang bisa dilakukan di situs ini, dari mulai forum diskusi hingga jual beli online. Dunia Internet Marketing di Indonesia saat itu belum seperti sekarang ini yang sudah melek dunia online, dimana bermunculan media online, E-commerce, dan YouTube. Andrew Darwis dengan idenya mampu menjadi pengusaha baru di dunia Internet Marketing.

Namun saat ini pengguna Kaskus semakin menurun dan pamornyapun semakin meredup dikalangan pengguna internet, yang disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Banyak bermunculan media sosial seperti: Facebook & Instagram yang bisa memfasilitasi para buyer untuk berjualan ataupun menjadikan forum diskusi sebuah komunitas.
  • Munculnya E-Commerce, yaitu aplikasi jual beli online yang bisa di akses oleh para customer untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, seperti sandang dan pangan. Anda dimudahkan dengan hanya melihat dan cek barang yang anda butuhkan tersedia atau tidak, jika tersedia tinggal melakukan proses order dan transaksi pada aplikais tersebut.
  • Munculnya website, yang dilengkapi dengan forum diskusi bahkan menambahkan kreatifitas sesorang untuk bebas menulis artikel di media, seperti kompasiana.com.
  • Munculnya para blogger dan YouTuber, dimana orang bisa berkereatifitas sambil menghasilkan uang. Tentunya saat ini penghasilan menjadi seorang Blogger dan Youtuber sangat menjanjikan, berbeda dengan di Kaskus dimana kita hanya bisa berjualan dan melakukan pembelian secara terbatas.

Jika anda berkeinginan menjadi seorang pengusaha muda secara online atau offline tentunya harus banyak belajar dari orang-orang yang sukses dan gagal mempertahankan kesuksessannya. Menjadi sukses sangatlah mudah namun mempertahankan kesuksessan sangatlah sulit, itulah mengapa menjadi seorang pengusaha tidaklah mudah.

Jadi sebelum anda memutuskan sebagai pengusaha sebaiknya pertimbangkan jenis usaha anda. Berikut ini tiga jenis usaha yang memang selalu ramai dan banyak memiliki saingan baik secara online ataupun offline.

Usaha Dalam Bidang Makanan

Bisnis di bidang kuliner merupakan jenis usaha yang yang banyak diminati dan banyak pangsa yang bisa di ambil. Berbisnis di bidang kuliner ini memang tidak ada matinya, karena semakin banyak orang yang menggeluti bisnis ini. Keuntungan bagi pelanggan adalah jenis makanan yang beragam.

Memilih jenis usaha kuliner anda harus sering berinovasi dan kereatif dalam menggeluti bidang ini. Saat ini kompetisi usaha di bidang kuliner semakin ketat, maka anda sebagai pemula sebaiknya memperhatikan hal ini untuk dapat sukses di dunia kuliner.

  • Tentukan target pasar kuliner anda, contoh: jika anda ingin membuat coffee shop maka sebaiknya menu makanan pun di sajikan dengan gaya kekinian sebagai referensi anda bisa melihat Sturbucks
  • Memilih lokasi yang strategis bagi anda yang ingin menjalankan usaha kuliner secara offline, jika secara online tidak pelu karena anda bisa membuka usaha di rumah saja.
  • Selalu berinovasi dengan hal-hal menarik dan kekinian, contoh kue-kue kekinian para artis yang sudah mulai diterima masyarakat. Setiap daerah punya model kue yang berbeda dan nama yang berbeda.
  • Memilih supplier yang tepat untuk mendukung usaha kuliner anda. Jika bahannya berkualitas maka hasil masakannya pun berkualitas.
  • Kalkulasi harga jual dengan harga pasaran, dimana sebagai pengusaha dituntut untuk bisa menentukan harga jual dari bisnis kuliner yang akan dijalankan. Harga jual haruslah mengcover dari bahan makanan, sewa tempat dan pembayaran karyawan.
  • Terus menggali pengetahuan & keahlian di bidang kuliner, karena dari pengetahuan dan keahlian nantinya akan bermunculan ide-ide untuk berinovasi pada usaha kuliner yang anda jalankan. Sehingga sajian kuliner anda terlihat berbeda dari kebanyakan para usaha kuliner yang sebenarnya jenis makanan yang dijual terlihat sama.
  • Manfaatkan internet sebagai sarana untk berinovasi dan mempromosikan usaha kuliner anda, seperti di media sosial facebook, instagram dan twitter.

Usaha Dalam Bidang Pendidikan

Bisnis di bidang Pendidikan ternyata sangatlah menjanjikan, mungkin anda tidak menyadari bahwa bisnis pendidikan adalah bisnis yang menguntungkan karena menganggap pendidikan hanya sebagai aspek pemenuhan sosial untuk kebutuhan anak-anak. Meskipun memang pada dasarnya berbisnis di bidang pendidikan bukalah keuntungan signifikan yang diharapkan seperti target-target usaha lainnya. Keuntungan signifikan terlihat pada output yang dihasilkan dari anak didikkannya jika bagus maka akan banyak orang tua berinvetsasi untuk anaknya mengenyam pendidikan di sekolah tersebut dan mengesampikan urusan biaya.

Keuntungan memilih bisnis pendidikan bagi anda:

  • Tuntutan akan pendidikan yang bermutu semakin meningkat, dari waktu ke waktu seiring dengan semakin majunya perekonomian sebuah Negara. Selain itu jenis pendidikan yang dibutuhkan masyarakat juga semakin variatif seiring dengan semakin majunya masyarakat tersebut. Contoh konsep sekolah di Indoensia yang semakin menunjukkan kompetensinya dengan berbagai keunggulan seperti International school, Islam Terpadu dan boarding school.
  • Bisnis pendidikan memiliki daya tahan yang tinggi. Berbeda dengan bisnis lainnya yang sangat mudah terpengaruh oleh iklim perekonomian, bisnis pendidikan umumnya jauh lebih stabil karena pendidikan selalu menjadi prioritas orang tua untuk masa depan anak-anaknya. Inilah mengapa bisnis pendidikan merupakan bisnis yang tidak akan drop bagi pemiliknya kecuali hasil dari bisnis tersebut output keluarannya banyak yang kurang sukses atau berhasil.
  • Dalam bisnis pendidikan biasanya anda akan menerapkan konsep pembayaran di muka. Hampir semua bisnis pendidikan menerima terlebih dahulu uang biaya pendidikan di muka baru setelah itu jasa pendidikan diberikan pada siswa-siswinya. Pembayaran biaya pendidikan bisa dilakukan penuh di muka atau sebagian, namun intinya anda sebagai pengelola bisnis pendidikan menerima pembayaran terlebih dahulu sebelum memberikan jasa. Dengan demikian, selain merupakan bisnis yang menjanjikan bisnis pendidikan juga merupakan bisnis yang aman karena memiliki resiko usaha yang rendah.

Usaha Dalam Bidan Kesehatan

Peluang usaha dalam bidang kesehatan tentu tidak akan pernah ada akhirnya, karena jika anda mau membuka mata dan berfikir sejenak. Perhatikan toko-toko obat atau sarana kesehatan yang tidak pernah sepi dikunjungi orang atau pasien. Sebab penyakit dan kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan, terlebih di era kemajuan seperti sekarang ini. Ada banyak sekali gaya hidup manusia yang sifatnya bisa mengganggu atau mengancam kesehatan diriny, terutama di sekeliling anda pasti ada saja yang sakit.

Hal tersebut menandakan adanya peluang besar dalam bisnis yang bergerak di bidang kesehatan. Walaupun jumlah pebisnis di bidang kesehatan ini juga banyak, anda tidak perlu takut akan kekurangan pelanggan tentu anda mengetahui bahwa pasti ada saja orang yang memiliki penyakit atau keluhan kesehatan.

Contoh bentuk bisnis di bidang kesehatan:

  • Membuka toko obat atau apotek yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan untuk menbus resep dokter.
  • Membuka klinik Bidan, peluang usaha di bidang kesehatan menjadi bidan sangatlah menjanjikan saat ini
  • Klinik Spesialis seperti optic, gigi, kulit dan kecantikan wajah.
  • Rumah sakit, tentu ini memerlukan biaya besar dengan cara mencari investor yang mau mengaplikasikan konsep rumah sakit yang akan anda buat.
  • Jasa pisikiater, yaitu dengan membuka jasa konsultasi kejiawaan dengan masalah pribadi seperti kecenderungan narkoba dan gangguan pada psiksi yang bukan mengarah pada gila.

Penutup

Artikel ini memberikan informasi peluang usaha yang bisa anda jadikan bahan referensi. Tentunya dalam membangun sebuah usaha anda harus sabar dan menjalankannya tanpa patah semangat. Bangunlah usaha tersebut sesuai dengan skill yang anda miliki karena hal tersebut lebih menyenangkan dibandingkan memaksakan membangun usaha yang tidak sesuai baik skill dan pengalaman yang anda miliki.

Bekerja keras, belajar dan perlaha-lahan menekuni usaha yang anda buat adalah konsep untuk mencapai kesuksessan. Hal ini yang membuat anda harus yakin bahwa sukses datang dari angka nol dan tidak instan.