Saat ini sudah banyak media yang bisa digunakan untuk memperkenalkan huruf dan mengajarkan anak membaca, mulai dari mainan edukatif sampai benda-benda interior yang berisikan huruf-huruf yang bisa dimanfaatkan. Berikut 3 media sederhana dan murah namun efektif untuk dijadikan media belajar mengenal huruf dan membaca pada anak.

Karpet Huruf

Sekarang sudah ada karpet portable berisi huruf-huruf di atasnya. Sambil bermain di atas karpet, secara tidak langsung anak-anak mengenali huruf-huruf di atasnya. Saat anak mengenal huruf Anda bisa melakukan permainan tebak huruf atau tebak warna, biasanya pada karpet dilengkapi dengan warna-warna.

Buku Cerita

Membaca buku cerita bergambar bisa membuat pelajaran menjadi menyenangkan. Dengan menggunakan buku cerita Anda bisa mengenalkan beberapa kata untuk menambah pembendaharaan katanya. Selain itu, membaca buku cerita dapat mengasah daya imajinasi anak.

Game Via Gadget

Anak-anak sekarang sudah pandai bermain gadget. Teknologi canggih ini tidak selalu buruk, karena bisa dijadikan salah satu sarana mengajarkan anak mengenal huruf dan membaca. Namun, orangtua harus membatasi pemakaiannya, karena jika terlalu lama bisa menyebabkan radiasi dan gangguan kesehatan lainnya. Downloadlah aplikasi game edukatif yang memprkaya huruf dan tata bahasa anak, namun pastikan isi game dan gambarnya menggunakan bahasa sopan dan sesuai dengan ejaan Bahasa Indonesia. Begitupula untuk isi gambar pada game harus memiliki nilai sopan dan mudah dimengerti anak.

Mengajar anak membaca dan menulis merupakan tanggung jawab orang tua, jangan hanya mengandalkan pendidikan di sekolah. Apalagi belajar di rumah bisa menjadi waktu yang sangat efektif.

Mengajar anak-anak membaca harus sabar dan penuh kelembutan. Jangan sampai anak merasa terpaksa sehingga membuatnya tertekan dan malas. Yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah jangan mengharapkan sesuatu yang instan, beri waktu untuk anak berproses. Buatlah belajar menjadi moment yang menyenangkan bagi Anak, sehingga ia dapat dengan mudah menyerap dan memahaminya.