Sebuah Blog yang terus terupdate akan mendapat perhatian khusus dari mesin pencari dan pembaca setianya. Pembaca tentu sangat menyukai blog yang selalu menyajikan artikel menarik. Inilah faktor yang membuat blog semakin baik di search engine. Tentu bagi Anda sebagai pelaku blogger menginginkan hal tersebut, apalagi bagi mereka yang pemula dalam memasuk dunia blogger.

Menulis sebuah artikel dari ide yang kita miliki atau sesuai dengan tema blog yang akan dibuat tidak terlalu mudah diawal bagi seorang blog pemula. Skill menulis dan membawa karakter tulisan untuk dimengerti bagi pembacanya adalah tantangan seorang blogger. Seorang pembaca akan mempertimbangkan kembali ke blog Anda jika konten pada blog dirasa memberikan manfaat dan benar-benar lengkap.

Bagi Anda sebagai seorang blogger pemula haruslah mempelajari bagaimana menghasilkan artikel yang ramai dikunjungi, akan tetapi membuat blog yang ramai pengunjung membutuhkan teknik yang tepat. Usaha inilah yang harus Anda pelajari agar berhasil mengelola blog yang mampu meningkatkan jumlah visitor secara terus menerus. Kesimpulan poin pentingnya adalah pada kualitas artikel yang dibuat, jadi usahakan setiap artikel yang dibuat memberikan manfaat, bukan artikel asal jadi. Memberikan maanfaat disini adalah yang meberikan pembaca pengalaman baru saat selesai membacanya dan mempraktekan dalam kehidupannya agar lebih baik.

Berikut Agar Lancar Menulis Artikel Bagi Blogger Pemula

  • Membaca beberapa artikel untuk mendapatkan ide menulis
  • Membuat list judul artikel yang akan ditulis
  • Membuat draf artikel dari judul yang sudah dibuat
  • Saatnya melakukan Edit dan publish

Membaca Beberapa Artikel Untuk Mendapatkan Ide Menulis

Membaca adalah cara seseorang untuk mendapatkan pengalaman berupa cara menjalani kehidupan dan ide untuk mengembangkan tulisan yang dibaca. Bagi Anda seorang blogger pemula penting membiasakan membaca artikel untuk menumbuhkan ide menulis yang inspiratif dan menarik dituangkan dalam judul dan tulisan yang menarik.

Diawal teknik yang bisa Anda lakukan adalah kumpulkan 5  atau 10 situs terbaik yang ada untuk di cari celah menulis artikel. Biasanya setelah Anda membaca artikel dari situs lain, akan mudah mendapatkan ide menulis sesuai dengan tema blog, yang kemudian bisa Anda kembangkan menjadi artikel baru.

Akan tetapi, usahakan jangan meniru atau copy paste, sampaikan dengan gaya bahasa sendiri dan memberikan nilai tambah. Bahasa sendiri bisa muncul dari pemahaman referensi yang telah Anda baca sebelumnya.

Membuat List Judul Artikel Yang Akan Ditulis

Dari sekian situs yang Anda jadikan referensi, buatlah list judul artikel dan point penting dari artikel-artikel yang dikumpulkan dari beberapa situs. Anda bisa berkeratifitas dari point penting tersebut untuk menambah poin tambahan sebagai pengembangan judul artikel Anda.

Membuat Draft Artikel Dari Judul Yang Sudah Dibuat

Dari point penting yang sudah dibuat maka Anda bisa membuat draft tulisan dari setiap point di judul artikel. Dengan cara seperti ini Anda akan lebih mudah memulai menulis dan akan terus menemukan ide segar judul tulisan.

Sebagai contoh, coba kita lihat tema artikel yang membahas tentang kepenulisan. banyak judul – judul artikel yang baru yang bisa kita dapatkan dari tema ini. Anda bisa mendapatkan ide yang cepat setelah mengumpulkan informasi dan memahami dari referensi yang kita bahas pada poin satu diatas.

Saatnya Melakukan Edit dan Publish Artikel

Selanjutnya setelah Anda selesai menulis draft artikel, lakukanlah edit tulisan Anda tersebut. Seperti mecocokkan judul dengan isi artikel, dan melakukan pengecekkan kalimat-lkalimat pada artikel apakah saling terkait atau perlu didirubah untuk beberapa kata penghubung. Selain itu Anda perlu mengcekkan hasil ketikkan pada tulisan apakah sudah sesuai huruf kata perkatanya.

Menulis dan editing merupakan dua hal yang berbeda. Berdasarkan beberapa sumber yang ada, proses menulis merupakan proses kreatif. Sehingga, agar proses kreatif yang Anda miliki lancar, tulis saja seperti saat Anda berbicara pada seseorang. Sedangkan proses editing artikel, merupakan proses logika secara sistematis.

Anda bisa mencoba teknik seperti ini dirumah secara regular bagi blogger pemula misalnya setiap hari dengan meluangkan waktu 3-4 jam. Coba perhatikan manfaat yang akan anda dapatkan.