Kita dimasa depan adalah gambaran masa tua kehidupan yang akan kita jalankan. Semua orang akan mengalami yang namanya masa tua dan sudah waktunya menyenangkan diri dari hasil masa muda kita.

Sudahkah kita mempersiapkan masa tua?

Jika kebetulan Anda membaca artikel ini, sebaiknya mulai memikirkan dan mempersiapkan masa tua sejak dini. Banyak dari Anda mungkin pernah mendengar cerita rekan kerja dikantor mengalami kesusahan keuangan dimasa tuanya atau mengalami sakit keras dimasa tua.

Perlu di ketahui kehidupan di masa tua adalah kehidupan dimana kita sudah tidak memiliki kekuatan lebih untuk berfikir seperti masa muda, sehingga tidak memungkinkan untuk mendapatkan penghasilan yang besar seperti masa muda. Selain itu dimasa tua penyakit mudah menyerang tubuh dikarenakan kondisi organ di tubuh yang mulai ikut menua seiring usia kita. Maka masa muda saat ini mulailah untuk mempersiapkan masa depan yaitu hari tua kita dengan mempersiapkan keuangan dan menjaga kondisi tubuh.

Oleh karena itu untuk mempersiapkan masa tua, yuk perbaiki gaya hidup kita dan mulai merencanakan keuangan hari tua.

Bekerja atau usaha untuk mendapatkan penghasilan

Memulai mempersipakan keuangan masa tua kita tentu dengan mendapatkan uang untuk menabung. Kita bisa memulainya dengan mencari pekerjaan untuk mendapatkan gaji setiap bulannya atau membuat usaha yang akan menghasilkan uang.

Memiliki sebuah pekerjaan atau usaha disini bukan berarti harus selalu menghasilkan uang yang besar, tetapi bagaimana kita cukup memenuhi kebutuhan kehidupan seharinya dari uang yang kita dapatkan dan bisa menyisihkan tabungan untuk hari tua. Selain itu sebaiknya lakukan pilihlah pekerjaan dan usaha yang sesuai dengan passion kita, karena akan menghasilkan pekerjaan yang bagus dan kita pun selalu nyaman saat bekerja.

Bijaksana dalam menggunakan uang

Kita tahu masa muda adalah masanya mencari jati diri dan hasrat selalu ingin memenuhi keinginan pribadi. Mulailah untuk bijaksana dalam menggunakan uang, misalnya dengan membuat list kebutuhan mana yang benar-benar harus dipenuhi dan tidak perlu di penuhi.

Saat kita menerima uang mulai dari sekarang diperhitungkan dulu sebelum membelanjakannya, bukan berarti pelit dalam hal ini. Namun kita perlu mengatur cashflow keuangan karena kita akan menyisihkan uang setiap bulannya untuk menabung mempersiapkan keuangan masa tua.

Bebaskan diri dari hutang

Jika kita masih memiliki hutang bulanan yang harus dibayarkan tentu tidak akan mudah menyisakan uang untuk menabung. Maka mulailah menyelesaikan hutang sejak dini, bebaskan keuangan kita dari hutang bulanan yang harus dibayar.

Cara membebaskan diri dari hutang bisa dengan menekan gaya konsumtif bulanan kita dan mencari tambahan penghasilan. Seetelah bebas dari hutang mulalilah untuk mengatur keuangan dengan benar dan hidup sesuai dengan keuangan yang kita miliki. Jangan biarkan kemudahan mengutang menggoda kita, karena kesenangan hutang hanya akan membawa sengsara masa tua kita.

Memulai investasi 

Dimasa muda dengan penghasilan yang kita miliki mulailah untuk berfikir berinvestasi dimasa tua. Investasi tidak harus selalu dengan biaya yang besar namun bisa pada hal-hal kecil, seperti berinvestasi emas, reksadana, deposito dengan nilai yang masih bisa dijangkau dan sesuai dengan kantong pekrja kantoran. Ada banyak opsi investasi yang bisa kita lakukan dengan tingkat resiko yang rendah.

Menabung Sesuai Kemampuan

Tidak bisa dipungkiri sebagian dari kita dimasa muda inginya mengalokasikan uang untuk membeli barang dan membayarnya untuk jangka waktu 5-10 tahun kedepan. Contohnya mengambil Kredit Kepemilikan rumah (KPR) dan Kredit Kepemilikan Kendaran pribadi. Menurut saya sah saja sebenarnya memnuhi hasrat kepemilikan barang tetapi pelru di imbangi dengan kekampuan keuangan.

Disarankan untuk membeli rumah dan kendaran disesuakain dengan budget yang kita miliki. Kembali lagi kita juga perlu mempersiapkan keuangan di hari tua, maka dengan membeli barang sesuai kemampuan paling tidak kita masih bisa menyisihkan uang minimal Rp. 200 ribu – Rp. 500 ribu setiap bulannya untuk menabung. Kita juga dituntut untuk bijaksana tidak menggunakan tabungan ini yang memang benar-benar dipersiapkan untuk keuangan di hari tua.

Siapkan Asuransi Hari Tua Anda

Dalam mempersiapkan keuangan di hari tuan yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang adalah memiliki asuransi untuk hari tua. Asuransi yang bisa kita ikuti adalah asuransi hari tua dan asuransi kesehatan. Keduanya sangat penting Anda ambil di usia muda dan ini merupakan salah satu jenis pengeluaran yang tidak boleh dihentikan karena pentingnya dampak yang diberikan pada hari depan.

Pilihlah asuransi hari tua dan asuransi kesehatan yang preminya sesuai dengan budget kita, sehingga kita tidak terlalu terbebani saat harus mengeluarkan uang secara rutin setiap bulannya. Selain itu pilihlah asuransi yang memang sudah terpercaya, sehingga uang yang kita setorkan setiap bulannya aman dan benar-benar bisa kita gunakan di hari tua.

Memiliki asuransi akan membantu keuangan dan kesehatan kita di hari tua yang sudah tidak memiliki pemasukan misalnya bagi para pensiunan pekerja kantoran.