Kesuksesan Seorang Bob Sadino

Nama Bob Sadino sebagai seorang pengusaha yang selalu menggunakan kemeja berwarna putih dan celana pendek jeans menjadi ciri berpakainnya. Walapun sudah tiada pelajaran hidup seorang Bob Sadino dalam mencapai kesuksesan menjadi bahan motivasi dan pelajaran bagi para calon pengusaha muda yang saat ini sedang memulai usahanya. Beberapa pelajaran yang mengantarkan Bob Sadino termasuk gila karena konsep berfikirnya yang berbeda dari pembelajaran atau motivasi yang kebanyakan disampaikan oleh para pengusaha sukses.

Namun konsep nyatanya inilah yang mengantarkan seorang Bob Sadino menjadi seorang yang sukses dan dikenal masyarakat dengan gaya berpakainnya yang khas. Perbedaan konsep dalam mencapai kesuksessan sepertinya almarhum Bob Sadino sampaikan dengan gaya penampilan keja dan celana pendeknya dalam pertemua formal atau nonformal.

Apakah konsep berfikir seorang Bob Sadino dalam mencapai kata “Sukses”?

Sukses tidak memerlukan tujuan dan target

Disaat setiap orang berfikir pada rencana, analisa, dan target untuk mencapai sukses yang di tuju lain halnya dengan seorang Bob Sadino. Om Bob Sadino menganggap bahwa kesuksesan tidak memerlukan sebuah rencana dan target yang dituju, karena target hanya akan membelenggu seseorang berfikir pada satu titik. Padahal orang tersebut bisa mencapai melebihi target dari titik tersebut. Banyak dari kita menemui untuk membangun sebuah sukses dengan menyusun berbagai plan dan target yang pada akhirnya akan membuat kita bingung memulai rencana tersebut. Selain itu akan membuat kita semakin stress ketika target tidak tercapai pada waktu yang diharapkan.

Kesuksesan Seorang Bob Sadino

Lakukan bisnis “Mengalir Saja”, rencana hanyalah “Musibah”

Dalam perjalanan kesuksessannya Om Bob Sadino selalu memegang prinsip menjalani setiap bisnis dengan mangalir saja, karena proses perjalanan dari usaha atau bisnis yang kita kerjakannlah yang akan mengantarkan kita pada sebuah kesuksessan. Siapa sangka Om Bob Sadino setelah 9 tahun menetap di Belanda dan bekerja di sebuah perusahaan dan kembali ke Indoneisa menjadi pengusaha peternak ayam yang mengenalkan telur ayam negeri di Indonesia. Apakah hal seperti itu direncanakan? Jawabannya, “tidak”.

Jangan berfikir untung dan berhasil dalam berbisnis, tetapi carilah kegagalan dan kerugian

Terdengar sinting mungkin dengan kata-kata tersebut, tetapi Om Bob Sadino pastinya memiliki pengalaman akan kata-kata tersebut. Menurut Om Bob Sadino orang terlalu biasa di ajarkan untuk berfikir linear yaitu menghindari kegagalan dalam berbisnis, namun apakah kegagalan dan kerugian dapat di hindarkan terus saat berbisnis? Justru dalam berbisnis resiko gagal dan merugi sudah harus ditelan oleh calon pengusaha, karena gagal dan merugi adalah hal yang biasa seharusnya dijumpai dalam berbisnis.

“Bagi kamu yang mau berhasil, justru cari kegagalan sebanyak-banyaknya. Sebab keberhasilan itu hanyalah sebuah titik di puncak gunung kegagalan.”

Lakukan usaha saja, tidak perlu berfikir urusan menghitung

Menurut Om Bob Sadino dalam melakukan sebuah usaha sebaiknya segeralah dilakukan dan diaplikasikan sesuai kemampuan, jangan lagi berfikir tentang perhitungan keuntungan yang akan di dapat. Om Bob Sadino merasa terlalu banyak orang pintar di Negara Indonesia tetapi terlalu takut berfikir untuk usaha ketika terlalu banyak perhitungan.

Kalau kita mencari untung duluan, usaha belum tentu dilakukan karena takut rugi. Tapi kalau mencari rugi, usaha pasti dilakukan karena ga takut untung.”

Jadilah dirimu sendiri dalam melakukan usaha, jangan menjadi sebuah mesin Fotocopy

Om Bob Sadino mengajarkan kita untuk memulai usaha melalui kemampuan yang kita miliki, karena kemampuan yang kita miliki sebenarnya adalah bekal untuk kita melangkahkan kaki sebagai seorang pengusaha. Beberapa orang merasa bahwa usaha orang tersebut cocok untuk kita maka kita mengikutinya sebagai layaknya mesin fotocopy tanpa menggali kemampuan yang ada pada diri kita. Jadi Om Bob Sadino tidak pernah membagikan kunci sukses bahwa setiap orang yang mau sukses silahkan ikuti cara saya, baginya kunci sukses adalah dengan mengikuti alur hidup dan terus berusaha sesuai dengan kemampuan dirinya.

“Saya tidak pernah mau membagikan kunci sukses saya. Karena sekali lagi, semua itu ya mengalir saja. Lagipula kalau orang meniru saya, apa bedanya mereka dengan mesin fotokopi? Hina sekali jadi fotokopinya Bob Sadino. Kalau ada orang yang bertanya pada saya, saya bilang, “Ya jalankan saja. Alami saja pengalaman yang Anda alami.”

Penutup

Jika melihat dari hal-hal yang almarhum om Bob Sadino sampaikan sebenarnya kunci sukses adalah dengan mengikuti alur hidup, mengalir saja, dan melakukannya senatural mungkin. Dimana kemampuan suskes seseorang sebenarnya tergantung pada dirinya sendiri dan caranya berusaha dengan mengikuti alam, dengan demikian alam akan menyeleksi hasil usaha kita. Jadi mulai sekarang usaha bisa dimulai dari kemampuan yang kita miliki, percaya diri, dan jangan buat diri kita terbelenggu akan sosok sukses orang lain.