Tidak terasa teknologi semakin berkembang dalam hitungan detik apalagi mendengar kata internet. Jaringan tanpa batas yang membuat orang semakin mudah melihat dunia luar dan belajar dari informasi dunia luar yang didapatkan. Semakin banyak usaha yang juga menunjang ekonomi masyarakat dari sebuah benda yang bernama teknologi dan interbet. Namun untuk mengkases dan menikmati sebuah teknologi dan akses internet harus menggunakan tools yang bernama Komputer yang saat ini menjelma dengan produk Notebook.

Tanpa terasa segala urusan di jaman now tidak bisa lepas dengan yang namanya komputer, hampir tiap pekerja di kantor menggunakan yang namanya komputer. Mulai dari pimpinan sampai karyawan biasa yang pekerjaanya berhubungan dengan data dan penggunaan akses internet. Hal ini memaksa orang-orang jaman untuk mengenal dan memahami pengoperasian komputer secara maksimal demi tuntutan jaman yang semakin hari semakin maju pesat.

Jika sudah begini tentu Anda rela mengocek uang pribadi untuk belajar mengoperasikan Komputer. Namun pernahkah terlintas dipikiran Anda manfaat Komputer bagi aktifitas Anda?

Sebagian dari Anda akan menjawab manfaat Komputer:

  • Alat yang mempermudah mengetik dokumen.
  • Sarana hiburan bermain games online.
  • Sarana hiburan mendownload film atau lagu-lagu Mp3.
  • Tempat menyimpan data-data pribadi secara dalam bentuk softcopy.
  • Tempat berkomunikasi dengan oranglain melalui media sosial terkait penggunaan jaringan internet.

Tidak salah jawaban tersebut dan tampaknya sudah sangat mewakili aktifitas sehari-hari yang memang Anda tidak bisa lepas dari yang namanya Komputer. Selain sebagai penunjang aktifitas harian ternyata Komputer memiliki manfaat dan peran yang cukup besar dalam aktifitas pendidikan.

Pada tingkat Sekolah Dasar saat ini pemerintah mulai memperkenalkan dan mewajibkan pendidikan computer masuk kedalam kurikulum pembelajaran. Saya sendiri sebagai penulis baru merasakan belajar computer di tahun 2000 tepatnya SMP kelas 1, itupun jenis komputernya adalah DOS yang masih menggunakan monitor besar dan CPU besar tanpa mouse. Memperaktekkan tipe computer DOS tentunya dengan menggunakan rumus, tapi saya sendiri sudah memiliki komputer yang menggunakan mouse di rumah. Jadi pembelajaran komputer yang saya terima di SMP agak sedikit mundur dan nggak matching dengan yang saya praktekkan sehari-hari.

Lalu sebenarnya apa manfaat Komputer dalam Bidang Pendidikan

Sebagai Alat Presentasi Materi Bagi Pengajar & Siswa

Sebelum digantikan oleh komputer, untuk menunjang aktifitas pengenalan materi dengan presentasi biasanya Anda menggunakan mesin OHP. Kini dengan bantuan sebuah proyektor, Anda bisa mempresentasikan materi dalam bentuk slide menggunakan komputer yang disambukan ke proyektor dengan bantuan kabel VGA dan kabel power. Biasanya kegiatan presentasi ini banyak menunjang pendidikan di tingkat perguruan tinggi seperti Universitas, bahkan saat ini di tingakt Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah mulai mempraktekannya.

Jadi Anda baik sebagai pengajar atau siswa tidak perlu membuat persentasi dengan spidol di secarik lembar transparan yang akan di persentasikan dengan mesin OHP. Secara mudah Anda bisa memprestasikan ide atau materi Anda dengan slide Power Point dan tampil di layar dengan bantuan Komputer dan proyektor.

Sebagai Mesin Hitung Menggantikan Kalkulator

Dulu Anda menghitungbanyak angka dengan kalkulator secara manual, kini di komputer Anda bisa menghitung banyak angka dengan feature Microsoft Excel. Namun di komputer sendiri sebenarnya tersedia feature kalkulator dalam menu Acessories. Untuk penggunaan komputer sebagai mesin hitung sangat membantu untuk pelajarn dan pengajar di bidang pendidikan Akuntansi contohnya Manajemen Akuntasi ditingkat institusi dan Sekolah Menengak Kejuruan Akuntasi.

Selain itu manfaat komputer sebagai alat hitung cepat dan akurat bisa dimanfaatkan oleh Tata Usaha dalam bidang keuangan sekolah. Jadi Anda para tata usah tidak perlu lembur ketika para pelajar membayar uang penidikan setiap bulan atau per-quarter masa belajar, secara mudah Anda bisa menginput langsung dan merekap report keuangan.

Mempermudah Pengajar & Siswa Dalam Mengetik

Sekitar tahun delapan puluhan sampai dengan tahun sembilan puluhan mesin ketik masih menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku dengan hasil yang baik dan mudah dibaca orang. Namun disekitar akhir tahun sembilan puluhan hingga kini posisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih simple dan lebih efektif menghasilkan tulisan yang mudah dibaca bahkan akurat.

Menulis di komputer bisa memanfaatkan program Microsoft Word, para guru bisa membuat materi pembelajaran seperti silabus dengan menggunakan program ini. Sedangkan para siswa bisa memanfaatkan program Microsoft Word untuk membuat makalah atau skripsi laporan penelitian.

Sebagai Media Informasi Keadaan Di Dalam & Di Luar Negara Indonesia

Yang menarik dari komputer adalah Anda bisa mengetahui dunia di luar Anda dengan memanfaatkan akses internet di mesin komputer Anda. Tentunya ini akan menambah informasin Anda untuk bertukar pikiran mengenai proses pendidikan diluar sekolah Anda. Jadi Anda tidak perlu merasa kuper lagi, bahkan pemikiran Anda seharusnya semakin berkembang dalam bidang pendidikan baik pengajar atau siswa didik.

Dengan mensearcing sebuah informasi melalui mesin pencarian “GOOGLE” Anda akan mendapatkan segala informasi yang berkaitan dengan materi pelajaran yang sedang Anda pelajari. Namun ada baiknya penggunaan materi ini dikontrol oleh para penagjar, agar yang terserap oleh anak didik adalah materi-materi yang benar-banar akurat.

 

Sebagai Bahan Referensi Tambahan Materi Pembelajaran

Jika sudah memiliki manfaat dalam menambah informasi baik tentang pendidikan atau kehidupan sehari-hari di tempat lain. Maka komputer yang tersambung dengan akses internet memudahkan Anda dalam menambah refernsi pengetahuan dalam materi pembelajaran yang sama. Contohnya Anda sebagai pengajar akan menerangkan materi tentang makhluk hidup, tentu tidak hanya berbicara jenisnya yaitu manusia, hewan dan tumbuhan. Tetapi apa yang dihasilkan oleh makhluk hidup dan cara hidup dari makhluk hidup.

Sehingga materi yang akan diserap dan disampaikan ke siswa akan meluas dan menarik perhatian mereka. Mereka akan tidak mudah jenuh dan menghasilkan informasi yang lengkap.

Penutup

Artikel tersebut tentunya sebuah berita yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya bagaimana sebuah alat bisa menjadi ketergantungan dalam aktifitas Anda. Bahkan dengan komputer mengubah gaya hidup Anda baik dalam berfikir, bersikap dan berkomunikasi. Saya meyakini bahwa dengan seringnya saya menulis informasi di web ini akan banyak sekali dari berpersepsi sama dengan saya, bahwa sedikit banyak komputer telah banyak mengubah kehidupan seseorang entah itu lebih baik atau lebih buruk. Tentunya hal ini tergantung bagaimana Anda memanfaatkan komputer sebagai alat pendidikan untuk Anda.