Bagi calon ibu yang berkarir di kantor hamil tentunya ada perasaan bimbang dimana ingin tetap mengurus anak dan memberikan ASI eksklusif pada anak nantinya ketika lahir atau memilih untuk tetap berkarir. Tetapi dengan teknologi saat ini para wanita yang berkarir tetap bisa memberikan ASI eksklusif pada bayi nantinya dengan teknik ASI dibekukan yang kita kenal dengan nama ASIP singkatan dari ASI Perah. Fungsi ASI yang begitu penting sebagai asupan untuk si bayi, maka harus mulai melakukan persiapan dalam menyiapkan ASIP untuk bayi ketika kembali bekerja.

Dalam menyiapkan alat-alat yang mendukung program ASI eksklusif untuk bayi pastikan dukungan suami penting karena air susu akan terus keluar dan deras jika istri dalam keadaan rileks. Banyak melakukan diskusi dan sharing dengan suami tentang informasi ASIP, sehingga suami akan lebih peka dan peduli pada apa yang para ibu harapkan. Jadi tidak perlu merasa khawatir dan merasa sendirian bagi para ibu hamil ketika harus melakukan segala persiapan ketika bayi lahir. Berikut hal-hal yang harus dilakukan bagi para calon ibu ASIP yang akan memberikan anaknya ASI eksklusif melalui program ASIP sebelum kembali bekerja dikantor.

Buatlah List Perlengkapan Yang Mendukung ASIP

Untuk para ibu tentunya ketika usia kehamilan memasuki 7 bulan sebaiknya mulai melakukan list barang-barang atau perlengkapan yang akan dibeli dalam program ASIP-nya.

Belilah Perlengkapan ASIP Sesuai Kebutuhan

Saat hamil dan melahirkan tentunya akan banyak kebutuhan tak terduga diluar list kebutuhan belanja pokok. Belilah perlengkapan untuk ASIP sesuai dengan apa yang para ibu hamil butuhkan, jangan jadi latah mata yak arena harga untuk menunjang ASIP lumayan mahal jadi perlu modal untuk program ASI eksklusif anda.

Lakukan Browsing Cara Penyajian ASIP

Ibu hamil yang pintar sebaiknya rajin-rajin melakukan browsing di intenet untuk mencari tahu cara terbaik dalam menyajikan ASIP bagi bayi ketika lahir.

Sering Sharing Bersama Para Ibu ASIP

Bangunlah komunikasi kepada teman-teman atau para ibu yang kalian kenal yang sudah sukses dengan program ASIP-nya dan lakukanlah sharing mengenai pengalaman mereka sebagai ibu ASIP. Dengan begitu akan banyak masukan dan tambahan perlengkapan yang mungkin dirasa perlu, dan akan menjadikan para ibu percaya diri serta siap untuk melakukan program ASIP.

Berikut ini list perlengkapan penunjang program ASIP yang harus dimiliki:

  • Wadah ASI saat setelah selesai memeras biasanya berupa botol kaca.
  • Alat pompa ASI manual atau elektric sesuaikan dengan kebuthan para ibu mana yang kira-kira mudah dan sesuai. Disarankan menggunakan pompa ASI yang terdapat botol dibawahnya agar mempermudah ibu memindahkan ke botol ASI setelah selesai memompa.
  • Cooler bag atau cooler box yang biasanya sudah dilengkapi dengan ice gel dari pihak toko saat kita membeli. Belilah cooler bag sesuai kemampuan para ibu karena semua fungsinya sama baik yang harga mahal dan murah dan ingat cooler bag ini hanya berfungsi 2 tahun setelahnya tidak berfungsi karena anak akan beralih ke susu formula ketika usia 2 tahun.
  • Kulkas dengan freezer terpisah atau 2 pintu, sebaiknya para ibu memiliki kulkas deng freezer terpisah seperti kulkas 2 pintu. Bisa juga para ibu membeli kulkas mini freezer yang memang bisa digunakan untuk membekukan ASIP, tetapi kembali lagi kepada kemampuan para ibu. Jika hanya kulkas dengan freezer yang bergabung dalam satu pintu silahkan digunakan tetapi pastikan freezer hanya berisi ASI dan tidak dicampur oleh makanan beku lainnya agar kondisi ASi tetap steril dan terjaga kebersihannya.
  • Bottle warmer untuk penghangat ASI. Sesuaikan dengan kebutuhan para ibu untuk alat penghangat ASI dan bisa membeli bottle warmer second jika memang kebutuhannya tidak terlalu diperlukan. Karena proses menghangatkan ASIP lebih baik dihangatkan dengan menggunakan air hangat yang telah direbus dan direndam beberapa menit.

 

Semuanya kembali kepada kebutuhan para ibu dan usahakan tetap terjaga kestabilan keuangan keluarga. Berdasarkan pengalaman kebutuhan bertambah ketika bayi lahir, maka dari itu para calon ibu harus lebih bijaksana dalam menentukan kebutuhan yang menjadi prioritas. Sudah siap kebutuhan ASIP maka saatnya belajar mempraktekan ASIP yang terbaik untuk bayi anda ketika kembali beraktifitas di kantor.