Usia balita pada anak yang biasanya di sebut “Golden Age” adalah usia dimana tumbuh kembang anak untuk belajar dan ingin tahu tentang banyak hal di sekitarnya. Dimulai dari apa yang dia lihat dan bisa dipraktekkan. Tentunya ini menjadi kesempatan bagi Anda sebagai orangtua untuk mulai melihat dan memahami bakat yang mulai terlihat dari tingkah lakunya.

Setiap anak tentu memiliki kecerdasan dan bakat yang berbeda-beda. Jadi jangan pernah merasa khawatir merasa bakat anak Anda tidak terlihat. Tentu triknya sebagai orangtua harus aktif memacu kecerdasan pada anak, dan jangan terlalu sering melarang anak bermain pada hal-hal yang agak mengkhawatirkan. Jika anak terlalu banyak dilarang ketika ingin aktif beraktifitas lama-kelamaan otak sadarnya akan membuatnya semakin tidak berkembang dan anak menjadi takut untuk mencoba.

Anda tentu pernah melihat misalnya ketika anak Anda memegang sebuah benda di supermarket dan membawanya. Pasti Anda tampak kesal saat anak Anda mulai menarik barang-barang yang ada di supermarket. Jika sudah demikian sebaiknya Anda tidak mengajak anak ke Supermarket, karena tentu kasian si anak dan Anda pun menjadi tidak nyaman saat berbelanja.

Tentu ada beberapa permainan yang bisa Anda praktekkan kepada Anak ketika dirumah untuk memacu kecerdasan anak. Meluangkan waktu dirumah bermain bersama anak adalah quality time family yang paling baik, banyak hasil yang akan Anda dapatkan.

  • Kenyamanan saat bermain bersama anak saat di rumah sendiri.
  • Anak mampu menyerap dengan sempurna dari permainan yang Anda praktekkan.
  • Anak tidak bertingkah aneh karena semua makanan untuknya tentu sudah Anda persiapkan dan dalam waktu singkat bisa disajikan.
  • Anda dan anak tentunya sangat riang saat bermain, jika lelahpun tempat istirahat tersedia dengan mudah dijangkau.

Jadi rumah bisa menjadi tempat yang tepat Anda pilih sebagai orangtua untuk mengembangkan kecerdasan Anak dengan beberapa permainan Anak yang bisa Anda praktekkan.

Permainan Puzzel

Bermain dan menata kertas yang biasanya bergambar sesuatu yang di sukai sang anak sehingga akan memotivasi untuk menyusun dan mengurutkan kertas sesusi urutan gambar pada puzzle. Permainan ini dapat memperkuat daya ingat anak ketika mengurutkan gambar sesuai dengan urutan ketika gambar belum di lepas dari bingkainya.

Permainan Menyusun Balok

Balok dengan warna warna yang cerah dan indah bisa membuat kebanyakan anak merasa senang karena mudah untuk di mainkan, hanya saja untuk membuat sesuatu yang bagus membutuhkan kreativitas yang dimiliki dari masing masing anak.

Permainan Membuat Miniatur Bangunan Dari Lego

Permainan yang lagi booming adalah lego, permaianan menyusun balok yang terbuat dari plastic ini sangat mudah ditemukan dan bisa memacu kreatifitas anak untuk menyusun membuat miniature yang sesuai kemauannya. Misalnya saat ini Anda bisa membeli Lego dengan miniature balok-balok menyerupai pahlawan avengers dengan banyak karakter, Anak tentu akan sangat bersemangat untuk menyusunnya sesuai jagoan imajinasinya.

Permainan Membuat Miniatur Dari Lilin Malam

Kreatifitas dalam bermain lilin malam merupakan permainan imaginatif yang dapat memperkaya kreativitas anak dalam mencipkatan sesuatu sesuai dengan imaginasi masing masing anak dalam menciptakan sesuatu. Lilin malam mini memang sangat tidak mudah ditemukan, tetapi Anda bisa menemukannya di online shop jika ingin mudah tanpa harus berkunjung ketempat-tempat alat permainan anak.

Permainan Alat Musik

Alat musik bisa membuat anak mengenal suara not not dalam bermusik sehingga anak dapat menciptakan sebuah irama yang indah. Dengan bermain alat musik anak dapat belajar menyambungkan irama suara suara not sesuai dengan keinginan mereka. Pentingnya mengenalkan alat-alat musik pada anak, manfaatnya dapat merangsang otak anak untuk lebih kreatif dan produktif.

Penutup

Lima permainan ini bisa Anda terapkan secara perlahan-lahan tentunya disesuaikan dengan keinginan anak. Anda bisa memberikan gambar pilihan permainan yang anak inginkan, setelahnya Anda bisa mulai mempraktekkannya sebelum tidur setiap hari atau seminggu seklai di waktu weekend Anda. Lama-kelamaan Anda akan sangat mudah melihat dan memperhatikan bakat Anak.