Pernah terbesitkah dipikiran Anda untuk memilih membuat usaha dan memutuskan resign dari kantor? Saya rasa semua pekerja kantor memiliki rasa ingin resign dan memulai untuk membangun usaha. Lalu mengapa Anda takut untuk memilih usaha dibandingkan harus menetap di kantor?

Tentu banyak kegalauan yang hadir saat akan memutuskan resign.

  • Hasil usaha belum tentu akan sama atau bahkan kurang dari gaji setiap bulan yang di terima dari kantor.
  • Keluarga belum tentu setuju dengan keputusan Anda, bahkan bisa jadi keluarga akan menghindar dari Anda.
  • Takut usaha tidak mulus hasilnya dan malah merugikan keluarga.
  • Kurang banyak pengetahuan tentang usaha yang diinginkan.
  • Takut modal abis di tengah jalan dan usaha belum lancar.

Saya rasa itu hanya beberapa kegalauan yang Anda rasakan saat memutuskan resigne dan memilih membuka usaha. Alasan akan muncul saat Anda mulai membuka usaha dari rasa malas, mengeluh dan kurang percaya diri dalam mengekspresikan usaha Anda.

Lalu sebaiknya apa yang perlu Kita lakukan saat ingin memulai membuka usaha dan akhirnya memutuskan resigne dengan waktu yang tepat. Resign di waktu yang tepat itu berarti Anda telah konsisten untuk memituskan resigne tanpa embel-embel alasan.

Mulai segera usaha yang akan di jalankan

Sebaiknya Anda segera memulai usaha yang akan di buat sebelum memutuskan untuk resign dan memilih usaha. Jangan menunda usaha dan segera mempersiapkan alat-alat atau perlengkapan untuk usaha. Karena jika Anda menunda peluang usaha dari ide Anda siapa tahu sudah ada yang memulai di tempat lain.

Displin mengatur waktu usaha & waktu bekerja

Mulailah untuk disiplin dalam mengatur waktu dalam bekerja dan memulai usaha. Misalnya jika Anda bekerja fullday dari senin sampai jumat dengan waktu 8 jam, Anda bisa memulai usaha dengan berjualan online atau membuka lapak warung tenda makanan dari jam 7 – 12 malam. Tentu akan banyak waktu dan tenaga yang dikorbankan sebelum usaha Anda benar-benar stabil secara finansial.

Mengatur tenaga saat bekerja & usaha

Tentu tenaga akan lebih terkuras ketika Anda memilih berjalan bersama antara vekerja kantor dan usaha. Maka Anda harus pintar-pintar dalam mengatur tenaga, seperti:

  • Makan teratur pagi, siang dan sore hari.
  • Memanfaatkan waktu istirahat siang dikantor 30 menit untuk merebahkan badan setelah makan seperti di mushollah.
  • Memanfaatkan waktu tidur malam setelah pulang usaha.

Konsisten dalam bekerja & membangun usaha selama 2 tahun

Dalam menjalankan bekerja dan membangun usaha tentu dibutuhkan konsisten dalam perjalanannya, minimal 2 tahun sebuah usaha baru terlihat hasilnya. Hasil usaha yang dibangun sambil bekerja memang agak lambat, namun pelan-pelan aka nada hasilnya walaupun cenderung terlambat. Karena fokus Anda adalah 2 dan pastinya lebih persentase lebih besar di bagian bekerja, contoh bekerja 60% dan usaha 40%.

Putuskan resign setelah income usaha stabil & bisa mengcover kebutuhan operational keluarga

Saat yang tepat Anda memutuskan untuk resign saat hasil usaha Anda sudah stabil setiap bulannya dan sudah bisa mengcover kebutuhan oepartional keluarga, bahkan Anda sudah bisa menabung dari hasil usaha. Jika sudah demikian pasti Anda-pun akan yakin untuk resign dan tidak akan membuat khawatir keluarga. Malah saya yakin keluarga akan bangga pada hasil usaha Anda. Dengan pemasukan usaha yang sudah stabil dan memenuhi kebutuhan operational keluarga tentu Anda akan fokus dalam mengembangkan usaha, dan tidak ada beban keluarga dalam menjalankan usaha.

Penutup

Kelima tips tersebut semoga bermanfaat dan memberikan motivasi kepada pembaca blog Vondanote yang saat ini ingin memilih usaha dibandingkan menjadi pekerja kantor. Saya sebagai penulis salah satu yang berfikiran sama, salah satunya usaha saha saya yaitu menulis blog. Kali aja ada yang baca blog saya dan berminat memasukkannya di salah satu majalah wanita di Indonesia. Saat ini menulis di blog Vondanote penghasilan saya belum besar tapi saya tetap bersyukur bisa menyalurkan hobby menulis, yang saya miliki. Karena ketika usaha Anda harus yakin bahwa pelan-pelan waktu akan memberikan hasilnya.