Anak tidak selalu menurut seperti apa yang Anda inginkan sebagai orangtua tentunya. Pasti para orangtua pernah mendapati anaknya malas belajar ketika ada PR atau malah malas belajar ketika aka nada ujian kenaikan kelas. Beberapa orangtua tentunya akan merasa panic atau bahkan kesal memarahi anak.

Jika sudah demikan anak bukannya akan menurut pada Anda lantas belajar, kenyataannya anak-anak akan malah tambah tidak mau belajar bahkan terkesan membangkang dengan ciri khas ngambek mengunci pintu. Lalu bagaimana dengan ujian besok atau PR sekolah yang tidak terselesaikan atau tidak dikerjakan sama sekali.

Maka sebagai orangtua harus pandai membaca karakter anak dan membuat anak unutk merasa bahwa belajar adalah kebutuhannya. Tidak serta merta menasehati anak dan menginformasikan bahwa anak harus belajar dan pintar, tanpa tahu mengapa seorang anak harus belajar bahkan menjadi pintar karena di sekolahkan.

Sebaiknya sebelum masuk sekolah orangtua menjelaskan manfaat belajar di sekolah, dan berikut ini ada tujuh aspek tentang kehidupan sekolah yang harus Anda jelaskan secara berulang-ulang kepada anak. Sehingga anak mengerti dengan baik dan merasa bahwa dia membuthkan untuk bersekolah.

  • Menjelaskan tentang sekolah.
  • Menjelaskan apa yang didapatkan di sekolah.
  • Siapa saja yang harus bersekolah.
  • Ada siapa saja disekolah nantinya.
  • Apa yang harus dilakukannya di sekolah.
  • Selesai sekolah anak harus melakukan apa.
  • Sekolah apa yang baik untuk anak.

Namun jika anak Anda sudah terlanjur malas atau setengah-setengah mengikuti pelajaran disekolah jangan putus asa. Sebagai orangtua harus tetap optimis dan mencari cara untuk menstimulasi anak semangay belajar tanpa adanya paksaan dan tekanan, dimana kondisi belajar bukan lagi sebagai paksaan tetapi belajar menjadi sebuah tuntutan dan kewajiban bagi sang anak. Apalagi anak menjadi mulai enjoy dan menyukai setiap pelajaran sebagai sebuah tantangan berupa sebuah masalah yang harus segera diselesaikannya secara mandiri atau dengan bantuan Anda orangtuannya.

Cara Membuat Anak Giat & Semangat Belajar

Mendukung Setiap Kreatifitas Anak

Setiap anak yang di lahirkan pasti mempunyai bakat dan kreatifitas yang terpendam, untuk bisa menggali dan mengembangkan bakat yanga ada di dalam diri anak, orang tua harus selalu mendukung dan juga memberi semangat pada sang anak. Dengan adanya dukungan dari orangtua berharap agar kreatifitas yang ada dalam diri anak bisa tersalurkan dengan baik dan bisa bermanfaat kelak ketika anak menjadi dewasa.

Menjadi Pendengar Atas Keluh Kesah Anak & Memberikan Masukkan

Sebagai orangtua hendaknya anda sering melakukan komunikasi dengan anak, dengan cara tersebut orangtua bisa mengetahui permasalahan yang sedang di hadapi anak. Setiap kali anak menceritakan permasalahannya misalnya disekolah, sebaiknya sebagai orangtua menjadi menjadi seorang pendengar setia serta selalu berusaha memberikan solusi anak merasa bahwa dia pasti bisa menyelesaikanya dan bisa lebih percaya diri.

Memberikan Pujian Yang Baik Pada Anak

Usahakan selalu memberi pujian kepada anak, karena anak-anak akan sangat percaya diri jika menerima pujian dari setiap usaha dan perjuanganya. Tentu ini akan memperkuat rasa percaya diri dan juga dapat memberikan anak semangat untuk mengembangkan kreatifitasnya secara mandiri. Dengan mereka selalu mendapatkan pujian, keberanian mereka untuk mencoba hal baru akan lebih aktif dan selalu ingin berusaha mencoba baru lagi. Selain itu mereka akan secara otomatis belajar pelajaran yang ada di sekolah secara serius dan mengerjakan tugas-tugas sekolahnya tanpa Anda suruh atau ingatkan terlebih dahulu.

Investasikan Dengan Tempat Belajar Nyaman & Rilex

Suasana dan tempat belajar akan sangat berpengaruh bagi mood dan juga kreatifitas dalam belajar, karena tempat yang nyaman akan membuat anak menjadi betah dan merasa rilex serta bisa membuat mereka mudah berpikir. Jika mereka sudah merasa nyaman maka mereka akan lebih betah untuk berlama lama belajar dan berkreatifitas.

Wujudkan Fasilitas Yang Anak Inginkan

Untuk menunjang kegiatan belajar anak tentunya dibutuhkan alat-alat pendukung belajar. Contohnya sperti computer atau notebook, dan buku-buku pelajaran yang sesuai dengan tingakt pendidikan. Jika mereka belajar pelajaran kesenian dan membutuhkan pianika atau seruling Anda sebagai orangtua harus memfasilitasinya dengan alat-alat tersebut agar mereka bisa dengan mudah belajar tentang not not di irama. Fasilitas lain seperti baju berenang jika ada kegiatan berenag diskeolah, maka dengan memiliki baju renang yang bagus anak akan semangat mengikuti pelajaran olahraga renang atau bahkan menyukainya.

Penutup

Kelima tips tersbut sangatlah mudah dan bisa dipraktekkan Anda sebagai orangtua, apalagi jika Anda adalah seorang orangtua baru yang memiliki satu anak bersekolah di Sekolah Dasar. Tentunya tips ini bisa membantu Anda membuat plan-plan untuk mendidik dan mengarahkan anak dalam membangun giat dan semangat anak belajar di sekolah. Jika anak Anda baru akan masuk sekolah tentu tips ini berguna untuk Anda, namun berguna juga bagi Anda yang anaknya misalnya sudah bersekolah sekolah dasar. Luangkanlah waktu untuk mendidik dan mengarahkan Anak Anda setiap harinya, karena Anda-lah sebagai orangtua yang mampu mengajarkan anak Anda menuju dunia baik atau buruk