Menjadi seorang wanita karir bukan tidak mungkin tidak bisa menyiapkan sarapan atau bekal makan siang untuk suami dan anak-anak tercinta. Walaupun bekerja seorang ibu masih bisa menyiapkan menu makanan untuk keluarga tercintanya dengan mengatur berbagai strategi. Pastinya seorang wanita karir tidak sempat melakukan belanja untuk membeli kebutuhan memasak seperti sayuran, ikan dan lauk lainnya.

Memasak akan menjadi lebih mudah jika Anda memikirkan ketepatan waktu dan strategi dalam pemilihan menu ditengah kesibukan Anda sebagai wanita karir. Dengan memasak tentu Anda memperhatikan makanan yang dimakan oleh keluarga. Tentunya Anda akan memprioritaskan kesehatan dan kebersihan makanan yang akan dikonsumsi keluarga. Hal ini tentunya berbeda jika Anda memilih untuk membeli makan diluar untuk keluarga Anda.

Memang banya kelebihan membeli makan diluar, yaitu makanan di luar rumah memang banyak macam dan jenisnya. Anda juga tidak perlu repot memasak karena anak-anak bisa dengan mudah makan di kedai atau restoran di luar rumah. Namun Anda tidak tahu bagaimana makanan tersebut diproses. Apakah bahan-bahannya bersih dan aman dikonsumsi oleh anak Anda atau apakah anak Anda tidak alergi dengan makanan tersebut? Semua itu perlu diperhatikan dan di cermati.

Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan sebagai ibu sekaligus wanita karir, untuk tetap bisa menyiapkan menu makanan untuk keluarga tercinta.

Menentukan & membuat daftar menu makanan untuk satu minggu kedepan

Sebagai wanita karir dan seorang ibu yang dituntut menyiapkan menu makanan sehari-hari untuk keluarga, tentu harus mampu mengatur strategi. Pertama kumpulkan menu makanan yang mudah dibuat dan mudah ditemukan bahannya di pasar atau supermarket lokal. Lalu tentukan menu yang akan Anda buat untuk seminggu kedepan. Menu yang harus Anda sajikan adalah 2 menu untuk tiap harinya yaitu sarapan dan makan siang, untuk makan malam bisa di samakan dengan makan siang untuk mempermudah Anda.

Membuat list belaja dari daftar masakan

Setelah Anda selesai membuat daftar menu masakan, tentu Anda harus membuat list bahan-bahan yang akan dibeli di pasar. Usahakan untuk membeli bahan tersebut di satu tempat agar mempersingkat waktu Anda.

Belanja kebutuhan masakan untuk seminggu

Setiap hari sabtu dan minggu adalah waktu libur yang Anda bisa manfaatkan untuk menyiapakan menu makanan seminggu kedepan. Sabtu pagi adalah waktu Anda untuk belanja bahan-bahan masakan yang sudah dilist ke supermarket atau pasar. Untuk mempersingkat waktu belanja Anda, Anda bisa minta didampingi oleh mba atau peembatu rumah atau mungkin suami sendiri. Saya tidak menyarankan Anda untuk berbelanja dengan anak-anak karena tentu akan banyak gangguan yang datang dengan request anak-anak Anda, yang pada akhirnya Anda tidak jadi berbelanja.

Membersihkan & menyiangi bahan-bahan masakan

Setelah selesai belanja tentunya Anda harus segera menyiapkan bahan makanan tersebut dengan menyiangi dan membersihkannya. Mislanya jika Anda punya menu Sayur Sop, Anda bisa membersihkannya dan menyianginya. Anda bisa mengiris wortel dan kentang serta sayuran lainnya, setelahnya Anda masukkan kedalam plastik dan taruh di freezer atau wadah anti udara untuk kemudian menyimpannya di kulkas. Semua bahan dan lauk pastikan dijadikan pada satu tempat dan disimpan di kulkas.

Memasak jenis menu yang awet jika dihangatkan

Untuk menghemat waktu dalam keseharian memasak jika Anda memilih menu seperti ayam goreng, tempe orek, rendang, semur, sambal kentang. Menu-menu ini pada dasarnya bisa Anda buat terlebih dahulu. Contoh ayam goreng, Anda bisa mengungkepnya terlebih dahulu dan menyimpannya di kulkas. Contoh lain lagi tempe orek juga bisa Anda buat dulu dan setelah jadi, Anda bisa menyimpannya di wadah dan ditempatkan pada freezer kulkas. Anda bisa menghangatkannya saat akan disajikan.

Pastikan semua bahan dan olahan menu sudah tertata rapih, sehingga memudahkan Anda untuk membuat masakan saat akan di buat. Selain itu temple daftar menu harian yang akan dibuat di kulkas, sehingga Anda bisa melihat menu yang akan dibuat untuk hari ini.

Strategi dalam menyiapkan masakan pada setiap harinya tentu ada berbagai macam cara, berikut adalah startegi yang sudah saya lakukan.

Pertama yang biasanya saya lakukan seteleah pulang kerja adalah memasak nasi dan menyiapkan bahan-bahan untk dimasak besok pagi.

Kedua mengatur waktu untuk memasak di pagi hari, yaitu dengan setting alarm untuk waktu bangun Anda. Jika Anda berangkat ke kantor pukul 6 pagi maka sebaiknya Anda bangun jam 4 pagi untuk mengatur waktu memasak dengan durasi 1 jam.

Ketiga masaklah menu pertama yang Anda rasa sulit dan membutuhkan waktu memasak yang lama. Contohnya memasak bakwan jagung, sebenarnya mudah jika Anda sudah menyiapkan adonannya hanya saja, menggoreng bakwan membutuhkan waktu yang lama.

Keempat saat memasak Anda juga harus inisiatif menyiapkan wadah bekal suami dan anak-anak untuk makan siang.

Tentunya dengan strategi tersebut Anda bisa menyesuaikan dengan pola yang dirasa pas dan sesuai. Yang paling penting adalah komitmen Anda untuk menyiapkan menu masakan untuk keluarga tercinta, karena tanpa komitmen tentu akan sangat sulit memulainya. Apalagi Anda dituntut untuk pintar mengatur waktu dan pintar memilih menu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga.