Menghemat di musim pemilu dan pembangunan, tentu sulit atau gampang? Beberapa ibu selalu saja berucap jaman dulu barang belanja lebih murah dari jaman sekarang. Ini termasuk yang sering di kluhkesahkan ibuku saat ini, padahal Anda tau barang belanjaan di pasar naik seiring dengan nilai tukar rupiah daya beli masayarakat yang semakin inggi terhadap barang. Namun Anda tetap bias loh untuk menghemat uang belanja dengan cara yang menyenangkan.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba lakukan untuk menghemat uang belanja. Mengemban tugas menjadi seorang ibu rumah tangga tidaklah mudah, harus pandai mengatur waktu, mengatur segala kebutuhan rumah maupun anggota keluarga sampai ke urusan mengelola keuangan belanja agar tetap tersisa di akhir bulannya. Jadi Anda bisa menabungkan uang sisa belanja tersebut untuk keperlun kebutuhan lain yang kemungkinan urgent sifatnya.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang belanja dengan cara menyenangkan. Berikut ini beberapa cara atau tips dari pengalaman pribadi maupun pengalaman beberapa keluarga.

Mulai Menyusun Anggaran Kebutuhan

Poin pertama yang penting dilakukan adalah menyusun anggaran yang di sesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Tandai yang benar-benar akan menjadi pengeluaran rutin setiap bulan dan  yang belum tentu akan menjadi pengeluaran dibulan ini dan sebagai bgian planning. Dengan adanya perencanaan anggaran belanja dapat dijadikan acuan apa saja kebutuhan yang harus dibeli atau dibayar. Dengan anggaran pula Anda mengetahui berapa pengeluaran yang harus dikeluarkan.

Dahulukan membayar tagihan wajib, seperti bayar listrik, air, cicilan rumah, asuransi pendidikan, dan belanja bulanan.

Masak Sendiri

Beli makanan matang di rumah makan bisa membuat pengeluaran membengkak. Jika Anda masak sendiri bisa menghemat sampai 50%. Selain menghemat, makanan lebih higienis dan Anda bisa dengan bebas mengolah makanan.

Belanja di Pasar Tradisional

Untuk menghemat uang belanja, mulailah belanja di pasar tradisional. Bahan-bahan makanan yang dijual di pasar tradisional harganya lebih murah dibandingkan di swalayan. Sebelum belanja catat apa saja yang harus dibeli. Hindari membeli barang yang tidak dibutuhkan dan bawa uang sesuai dengan anggaran untuk menghindari over budget saat belanja.

Belanja Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Ada beberapa kebutuhan bulanan yang lebih murah jika beli kemasan besar, seperti: minyak goreng, bumbu dapur, sabun mandi, detergen. Belilah jenis sayuran dan buah yang sedang musim karena harganya pasti lebih murah. Dengan demikian kebutuhan nutrisi keluarga tetap terpenuhi dan dompet aman terjaga.

Bandingkan Harga

Jika ingin belanja bulanan cobalah untuk membandingkan harga di setiap supermarket untuk memantau harga kebutuhan yang biasa Anda beli. Biasanya di setiap supermarket memiliki harga promo yang berbeda-beda untuk setiap barang yang dipromosikan, dan memberikan harga lebih murah dengan membeli minimal tertentu.