Family time adalah waktu yang sangat krusial untuk orangtua mendapatkan kedekatan dengan anak karena seharian orangtua disibukkan dengan pekerjaannya. Waktu ini harus dilakukan dengan benar-benar berkualitas yaitu kondisi di mana orangtua harus benar-benar melibatkan diri dengan kegiatan anak.

Setiap keluarga tentunya memiliki cara yang berbeda dalam melakukan kegiatan family time di saat weekend tiba. Family time adalah waktu bersama keluarga yang biasa dihabiskan bersama untuk menambah keakraban atau keharmonisan berumahtangga dan biasanya dilakukan saat weekend tiba atau moment akhir tahun yaitu liburan perayaan tahun baru. Family time tidak selalu di lakukan dengan kegiatan mengajak jalan keluarga keluar rumah seperti mengunjungi lokasi wisata, mall pusat perbelanjaan, makan bersama di sebuah restaurant, atau mengajak ke area permainan anak. Ini adalah beberapa contoh family time yang yang biasa dilakukan oleh setiap keluarga karena merasa jenuh berada dirumah dan beraktifitas selama sepekan.

Bagaimana jika family time dilakukan di rumah dan apakah bisa? Tentu saja family time sangat bisa dilakukan di rumah dengan banyak kegiatan, selain menghemat keuangan keluarga juga menghemat tenaga.

Sebagai orangtua tentunya dituntut untuk pintar dan kreatif dalam menyiasati dan membangun suasana keakraban keluarga di rumah. Lalu seperti apa family time yang bisa dilakukan di rumah.

Nonton Film Berasama Di rumah

Melakukan acara menonton film bersama keluarga di rumah. Anda bisa bertanya pada anak-anak dan suami tema atau judul film yang ingin ditonton mungkin satu minggu sebelumnya, sehingga ada waktu wanitaku untuk mencari dan mempersiapkan film yang akan ditonton.

Memasak Bersama Keluarga di Dapur

Melakuka kegiatan memasak bersama keluarga. Anda bisa melakukanya dengan mengajak anak dan keluarga untuk membantu memasak dan atur jadwal ini 3 hari atau seminggu sebelumnya. Ceritakan pula pada anak bagaimana keseruan memasak.

Makan Bersama di Rumah

Melakukan makan bersama di rumah dengan menu favorit keluarga, yang ini tentunya Anda terutama bagi para ibu sudah tahu menu favorit keluarga. Ajaklah suami dan anak untuk melakukan aktifitas makan bersama dengan menu favorit seperti saran sebelumnya informasi dilakukan 3 hari atau seminggu sebelumnya. Jadikan suasana makan ini sebagai bagian diskusi keluarga misalnya dengan mengajaknya membuka pengalaman masa kecil anda para orangtua ketika kecil kepada si anak.

Kerja Bakti Membersihkan Rumah Bersama Keluarga

Melakukan bersih-bersih rumah bersama keluarga, selain mengajarkan suami dan anak untuk tahu kegiatan wanitaku dirumah. Hal ini mengajarkan anak dan suami untuk peduli pada peran wanitaku dirumah sebagai seorang istri dan ibu.

Membuat Games di Rumah

Banyak permainan yang bisa dilakukan bersama anggota misalnya bermain monopoli, catur atau permainan lainnya yang bisa dilakukan oleh sebuah keluarga. Kegiatan ini tentunya sangat jarang dilakukan oleh setiap anggota keluarga, apalagi terbesit dipikiran Anda sebagai orangtua. Family time tidak selalu mahal dan dilakukan diluar rumah. Dengan explore kegiatan didalam rumah bukan tidak mungkin sang anak akan menjadi betah dirumah dan merasa sudah cukup rumah sebagai tempatnya bermain dan belajar.

Berdiskusi Bersama

Anda dan anak-anak tentunya memiliki aktifitas sehari-hari yang penuh dengan pengalaman yang tentu saja ingin sekali diceritakan atau disampaikan kepada anggota keluarga. Jadi tidak ada salahnya membuka sesi diskusi dalam family time dirumah, misalnya mulai bertanya tentang kesehatan anak Anda selama seminggu kemarin dan kesulitan atau kemudahan yang anak-anak Anda dapatkan. Jangan lupa untuk memberikan response atau feedback dari cerita atau diskusi anak ke Anda, selain itu menyiapkan cemilan dan minuman special untuk diskusi kali ini sepertinya sangatlah pas.

Kegiatan tersebut juga bisa digabungkan dalam satu hari jika Anda pintar dan tentunya kreatif mengatur waktu.

Semoga bermanfaat artikel ini untuk Anda para orangtua sebagai penambah pengetahuan untuk pintar dan kreatif.