Judul artikel yang unik namun mungkin membuat Anda sebagai orangtua berfikir tentang kehidupan yang kini dijalankan bahwa sebenarnya untuk memenuhi kebutuhan hidup anak Anda. Sama saat kita kecil orangtua berusaha kerja mencari uang dan hidup sehat agar bisa membesarkan Anda sebagai anak. Maka orangtua memiliki kewajiban untuk selalu menjaga kesehatan badannya dengan berbagai alasan untuk kelangsungan kehidupan keluarganya.

Mengapa Sebagai Orangtua Kita Perlu Sehat

Melihat Tumbuh Kembang Anak

Setiap orangtua tentu memiliki keinginan untuk tumbuh kembang anaknya. Bahkan Anda akan merasa bangga jika anak Anda menjadi sukses dalam pendapatannya dalam berkarir. Maka pastikan tubuh Anda sehat untuk memiliki kesempatan melihat masa depan Anak Anda.

Menjaga & Melindungi Anak

Sehatnya Anda sebagai orangtua memiliki ketenangan bagi Anak sebagai pelindung dan penjaga keamanannya. Tentu sebagai orangtua ingin selalu bisa menjaga dan melindungi anaknya dimanapun berada dan dalam keadaan apapun.

Memenuhi Kebutuhan Anak

Peran penting lainnya yang menuntut sebgai orangtua untuk selalu sehat adalah peran yang vital dalam memenuhi kebutuhan keluarga yaitu anak utamanya. Sebagai kepala keluarga atau orangtua bagi anak-anaknya, tentu Anda memiliki kewajiban memnuhi hak anak untuk hidup dan mendapatkan pendidikan yang layak. Dengan cara bekerja mencari uang dan uang hasil kerja akan memenuhi kebutuhan anak.

Melihat Anak Menikah

Mengapa tidak melihat anak kita menikah menjadi motivasi Anda untuk terus sehat sebagai orangtua. Beberapa dari Anda pasti memiliki kelak hayalan untuk melihat anak-anaknya menikah dan memiliki anak atau cucu untuk Anda. Maka tidak ada salahnya ini juga menjadi motivasi Anda untuk selalu sehat.

Lalu bagaimana caranya agar Anda sebagai orangtua tetap sehat, dan bisa mendampingi kehidupan Anak hingga dewasa.

 

Memulai Pola Makan Sehat

Menjadi orangtua yang semakin tuanya usia maka fisik akan semakin menurun, maka sebaiknya memulai untuk melakukan pola hidup sehat. Contohnya pada pola makan yang merupakan kewajiban bagi setiap orang untuk membuat tubuhnya tetap sehat. Menjaga pola makan ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan serta minuman yang memiliki gizi yang cukup. Makanlah dengan gizi seimbang seperti mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna karena dapat ditemukan dimana saja. Selain harganya yang terbilang ekonomis, makanan ini kaya akan gizi yang mampu menjaga kesehatan tubuh setiap orang.

Perbanyak Minum Air

Tubuh memerlukan asupan cairan yang banyak maka dari itu perbanyaklah konsumsi air mineral setiap harinya. Biasakan untuk mengkonsumsi air mineral 2 liter dalam sehari. Air mineral memiliki segudang manfaat untuk tubuh dan dapat membuat tubuh tetap sehat saat Anda harus bekerja menafkahi keluarga. Sayapun sebagai penulis setiap pagi membiasakan untuk minum 2 gelas air putih setelah bangun tidur pagi.

Membiasakan Mengistirahatkan Tubuh

Saat waktu siang yang sudah disibukkan dengan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, Anda tetap harus memiliki waktu istirahat. Seperti merehatkan waktu 1 jam setelah pulang kerja sebelum berkumpul dengan anak-anak. Selain itu waktu malam usahakan untuk disiplin menjalankan waktu tidur, agar bandan fit kembali untuk beraktifitas. Tubuh harus mempunyai waktu istirahat yang cukup agar tetap fit seperti sedia kala. Jangan pernah memforsir tubuh Anda untuk terus menerus bekerja tanpa mengenal lelah karena akan fatal akibatnya. Gunakanlah waktu yang baik untuk beristirahat dengan cukup untuk mengembalikan kebugaran pada tubuh. Hal yang penting adalah dengan tidak tidur pada larut malam karena hal tersebut nyatanya terbukti tidak baik untuk tubuh. Namun jangan pula tidur secara berlebihan, Anda dapat tidur selama 8 jam setiap hari.

Melakukan Olahraga Ringan

Sebagai pekerja kantoran, penulis blog dan ibu bagi keluarga, saya selalu menyempatkan untuk melakukan olahraga ringan dipagi hari sebelum berangkat kerja. Tubuh memerlukan adanya olahraga yang teratur untuk membakar lemak didalam tubuh dan membuat tubuh terlihat lebih segar dan bugar. Olahraga ringan yang dapat Anda lakukan adalah dengan berlari, berenang ataupun bersepeda dan Anda pun dapat melakukan olahraga berat lainnya jika kondisi tubuh Anda mengijinkan dan waktu yang cukup.

Mengkonsumsi Vitamin

Mengkonsumsi vitamin pun merupakan hal yang perlu dilakukan agar tubuh tidak mudah rentan terserang berbagai macam penyakit. Vitamin dapat menghasilkan sistem imun dalam tubuh guna melawan serangan penyakit pada tubuh, dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh di usia Anda yang tidak muda lagi.

Menghindari Stres

Hidup harus selalu dijalankan dengan perasaan hati yang gembira. Hindarilah memikirkan hal-hal yang dapat membuat Anda menjadi stress sebagai orangtua karena hal itu akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda nantinya. Namun tentu tidak mudah karena sebagai orangtua Anda memiliki segudang tanggungjawab dan ketakutan dalam menghadapi kehidupan bersama keluarga. Maka mulalilah untuk berpasrah dan menerima setiap ujian kehidupan yang akan meringankan pikiran Anda. Karena dasarnya Anda harus yakin bahwa semua masalah bisa diselesaikan.

Berpikir Positif

Pastikan untuk selalu berpikir positif pada segala hal karena akan berdampak baik bagi kehidupan semua orang. Berpikir hal yang positif juga akan membuat tubuh selalu fit saat bekerja karena pikiran negatif mempunyai peranan besar untuk menggugurkan segalanya termasuk tubuh fit Anda.

Dari ketujuh cara tersebut mulailah untuk Anda terapkan secara teratur, sehingga akan menjadi aktifitas rutin dan disiplin yang akan selelu dilakukan. Manfaatnya akan Anda dapatkan tubuh yang sehat dan bugar di usia senja. Anda bisa menikmati usia senja dengan melihat hasil dari perjuangan menghidupi anak-anak Anda. Sebenarnya ketujuh cara hidup sehat tersebut bisa dilakukan oleh mereka yang masih single atau belum menikah, karena konsepnya yang general dan untuk semua usia.