Melahirkan secara normal adalah dambaan setiap wanita, karena bisa merasakan sakitnya sama seperti meregang nyawa. Secara fakta masih banyak ibu yang memilih proses persalinan normal di jaman serba mudah dengan teknologi. Ini dianggap lebih alami dan tanpa melibatkan pisau bedah, selama itu memungkinkan. Persalinan ini pun bisa dilakukan jika ibu dan janin dalam kondisi sehat.

Pengertian Persalinan Normal

Dikutip dari situs www.motherandbaby.co.id, persalinan normal adalah proses persalinan secara alami melalui vagina. Dalam persalinan normal, secara alami ibu akan mengalami kontraksi pada rahim yang diikuti dengan pembukaan jalan lahir untuk mengeluarkan bayi. Dengan kata lain, persalinan adalah proses alamiah di mana terjadi dilatasi serviks, lahirnya bayi, dan keluarnya plasenta dari rahim ibu.

Namun perlu diketahui jika tidak semua wanita bisa merasakan melahirkan secara normal, ini disebabkan oleh adanya resiko yang dialami sang ibu dan janin ketika memilih melahirkan secara normal. Nah jika dari Anda yang sedang hamil dan sudah memutuskan untuk memilih persalinan secara normal, tentu harus mulai rajin beraktifitas dan melakukan beberapa kegiatan serta persiapannya.

  • Mulai meyakinkan diri untuk proses melahirkan akan berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Ini dibutuhkan agar kondisi mental ibu tidak drop ketika proses melahirkan berlangsung. Jangan berlarutlarut berada dalam ketakutan dan kecemasan ketika akan terjadi proses melahirkan. Aktifitasnya cobalah untuk rajin beribadah dan berdoa memohon untuk proses kehamilan dan melahirkan dipermudah.
  • Lakukan pijatanpijatan yang dikhususkan bagi ibu hamil selama proses kehamilan atau pada trisemester terakhir untuk memperbesar kemungkinan melahirkan secara normal dan mempelancar proses melahirkan.
  • Melakukan latihan senam kehamilan yakni otototot pada area vagina sebelum melahirkan. Latihan ini berguna membantu melatih otot agar siap menjalani proses melahirkan, sekaligus mencegah wasir dan pembekuan darah serta terjadinya robekan.
  • Mengikuti kelas persiapan melahirkan dan merawat bayi setelah melahirkan. Agar lebih siap dan matang untuk menghadapi proses melahirkan nantinya, Anda tidak perlu malu untuk mengikuti kelas persiapan melahirkan agar Anda semakin mengerti apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang proses melahirkan. Lakukanlah kelas persiapan melahirkan bersama orang yang benarbenar paham atau memang ahlinya. Jangan malu untuk bertanya atau melontarkan pertanyaan yang ada di benak Anda.
  • Berlatih pernapasan sangat penting dalam mempersiapkan proses melahirkan normal. Anda bisa berlatih pernapasan yang baik dan benar untuk proses kelahiran dengan berkonsultasi pada pakar. Diperlukan proses bernapas yang benar untuk mendorong bayi keluar dari rongga vagina saat prose melahirkan. Bernapas yang benar dalam proses melahirkan normal akan memudahkan bayi keluar dan cepat keluar dari rongga vagina.
  • Menjaga pola tidur selama prose kehamilan adalah mempersiapkan stamina tubuh yang bugar saat akan menghadapi proses melahirkan. Seperti mulai cukupi kebutuhan tidur dan beristirahat menjelang proses melahirkan. Anda tidak akan pernah tahu berapa lama proses kontraksi berlangsung, oleh karena itu banyak dan seringlah tidur menjelang proses melahirkan untuk mengumpulkan stamina dan menghindari kelelahan selama proses melahirkan. Dan juga jangan terlalu banyak beraktivitas. Jika Anda ibu yang bekerja, ambillahi menjelang proses melahirkan. Makan makanan bergizi untuk menambah stamina. Selain tidur, ibu juga perlu untuk makan makanan bergizi agar stamina penuh dan siap menjalani proses melahirkan.
  • Melakukan aktifitas ringan jalan kaki untuk melancarkan peredaran darah dan otot-otot yang dibutuhkan dalam membantu persalinan Anda akan lebih kuat. Hal ini diyakini dengan hasil beberapa penelitian yang mengemukakan bahwa gerakan ringan yang dilakukan oleh ibu hamil akan membantu menguatkan otot panggul yang dapat mempermudah persalinan.

Penutup

Aktifitas-aktifitas dalam proses mempersiapkan proses kelahiran normal bagi para ibu akan mempermudah dan sangat membantu. Sebaiknya kegiatan ini dilakukan rutin minimal 1 kali dalam satu minggu sehingga tubuh pun akan menjadi sehat dan bayi dalam kandungan akan semakin kuat dan siap untuk dilahirkan dengan proses normal. Dengan aktifitas ini akan membuat percaya diri para ibu bertambah saat menjalani proses melahirkan normal. Jadi saatnya untuk di praktekan aktifitas-aktifitas dari artikel diatas. Semoga artikel ini memberikan maanfaat terutama bagi Anda yang saat ini benar-benar hamil dan memilih persalinan normal.