Sebagai pemula yang ingin terjun di dunia blogger modal utama adalah memiliki sebuah blog. Memiliki sebuah blog tidaklah harus berbayar, saat ini banyak situs yang menyediakan layanan blog gratis yang bisa anda manfaatkan untuk mendukung aktifitas anda ngeblog.

Dunia blogging semakin semarak, dengan banyaknya situs penyedia blog gratis. Artinya dunia blogging masih banyak peminat dan pasar untuk para pemula yang ingin memulai. Keuntungan anda sebagai pemula tidak perlu belajar bahasa pemograman untuk memiliki sebuah blog atau web dengan memanfaatkan blog gratisan. Selain itu tampilan pada blog gratisan juga tidak kalah dengan blog atau web berbayar, jadi anda bisa memiliki sebuah blog dengan tampilan bagus secara gratis tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Berikut ini 7 situs yang bisa anda gunakan untuk aktifitas blogging dengan menyediakan layanan blog gratis tanpa ada biaya apapun dan sudah terpercaya.

WordPress

Platform yang satu ini tentunya sangat familiar bagi para blogger yang terkenal lebih SEO friendly. Beberapa blogger juga sudah menghasilkan uang dari aktifitas bloggingnya dengan hanya memanfaatkan platform gratisan di WordPress. Saat ini WordPress sendiri memiliki 4 model situs yang bisa anda manfaatkan secara gratis yaitu blog ide, promosi produk, portofolio dan toko online.

Selain itu platform WordPress cocok bagi anda yang ingin berbisnis online karena keunggulannya ada banyak plugin gratis yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan blog toko online. Keunggulan lainnya yaitu anda bisa membuat fitur label dan tag pada setiap artikel yang dibuat, hal ini tentu berbeda dengan blog gratisan yang hanya menyediakan fitur label saja.

Baca artikel ini juga: Cara Membuat Blog Gratis Dengan Flatform WordPress, Cocok Bagi Pemula

Alamat Platform WordPress: https://id.wordpress.com

 

Blogger

Platform yang satu ini juga sangat popular dengan layanan blog gratisnya yang terpercaya. Blogger atau yang anda kenal Blogspot merupakan sebuah situs yang bekerjasama dan dikembangkan oleh Google. Menggunakan platform blog ini memiliki kemungkinan dihapus oleh pihak Google jika tidak mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh pihak Google. Tetapi jangan khawatir jika anda mengguankan blog di platform Blogger sesuai aturan blog anda tidak akan di hapus, malah nilai uang iklan anda akan terus bertambah.

Sebagai informasi aktifitas blogging di sebuah situs gratisan di Blogger seorang Lindaikeji berhasil meraup penghasilan miliaran. Keuntungan mengguankan platform blogger yaitu memiliki dashboard sangat yang user friendly. Anda tinggal daftar email di Google, maka secara otomatis anda bisa membuat blog gratis dari Blogger dengan menggunakan email anda.

Alamat Platform Blogger: https://www.blogger.com

 

Tumblr

Tumblr juga menjadi salah satu platform penyedia layanan blog gratis. Tampilan pada blog gratisan Tumblr sangat sederhana dan mudah, mungkin anda hanya memerlukan waktu 1 menit untuk membuat blog dan memulai untuk blogging.

Tumblr merupakan platform blog yang memiliki keunikan dibandingakn Blogger dan WordPress dengan mempunyai halaman timeline mirip sosial media seperti Twitter. Anda bisa memfollow akun blog lain agar postingannya bisa tampil di timeline blog anda. Selain itu anda bisa memposting artikel, quote, gambar, video, chat, dan musik dengan mudah.

Alamat Platform Tumblr: https://www.tumblr.com/

 

Webbly

Platform lainya yang menyediakan blog gratisan yaitu Webbly, situs ini memang belum terlalu dikenal banyak oleh para blogger. Kepopuleran situs ini di Indoensia sebagai penyedia layanan blog gratisan memang belum sekelas Blogger dan WordPress. Bahkan di Indonesia banyak beberapa blogger yang menggunakan Weebly sebagai situs penipuan. Kenyataan ini sangat berbeda ditempat lain, karena Weebly menempati urutan ketiga didunia sebagai penyedia hosting pembuatan blog gratis terbaik setelah Blogger dan WordPress.

Sama dengan platform lainnya, Webbly memiliki tampilan blog yang Seo Friendly bagi para pemula untuk melakukan blogging. Selain itu kelebihan platform Webbly yaitu mudah terindex biasanya sebuah situs dengan akhiran Weebly berada di halaman pertama Google, setelah dikunjungi situs tersebut ternyata isinya biasa saja.

Alamat Platform Webbly: https://www.weebly.com/

 

LiveJournal

Platform Livejournal adalah salah satu penyedia blog yang terpercaya dengan memiliki 25 juta pengguna di dunia dan termasuk ke dalam 15 besar situs yang paling popular di dunia. LiveJournal memiliki fungsi yang lebih identik dengan dibandingkan Blogger dan WordPress.

Kelebihan menggunakan platform blog gratisan dari Livejournal yaitu:

  • LiveJournal selain sebagai blog website dapat melakukan interaksi seperti sosial media lainnya seperti memberikan komentar, mebuat grup dan entri dari website ini dapat diterjemahkan kedalam bahasa lain. Sehingga semua orang yang ada didunia ini dapat membaca entri yang ada di dalam LiveJournal.
  • Pengguna LiveJournal dapat mengatur privasi menjadi “friends only” hanya orang-orang yang ada dalam list teman yang bias melihat semua entri pengguna. 
  • LiveJournal mengeluarkan Persyaratan Layanan yang berguna untuk melindungi pengguna dengan kejadian-kejadian yang merugikan seperti spamming, pelanggaran hak cipta, pelecehan, dll.
  • Tulisan yang dibuat dalam LiveJournal juga dapat dilihat dengan berbagai bahasa lain yang tersedia dalam 32 bahasa di dunia.

Alamat Platform LiveJournal: https://www.livejournal.com/

 

Blogdetik

Platform local milik Indnesia yaitu blogdetik juga menjadi salah satu penyumbang penyedia layanan blog gratis yang terpercaya yang bisa anda pilih atau referensikan. Cukup mudah mendaftar dan melakukan aktifitas blogging bagi para pemula di blogdetik, karena disediakan panduan bagi para pemula. Panduan ini berisi tahapan teknis untuk ngeblog dan terus mengupdate segala macam hal yang berkaitan dengan dunia blogging melalui kolom tips dan trick.

Blogdetik sendiri merupakan pengembangan dari Detik.com yang saat ini sudah memiliki ribuan bahkan mungkin jutaan penggunannya di Indoensia. Keunggulan blogging di Blogdetik yaitu blog cepat naik dan mudah ditemukan pada Search Engine. Karena Detik.com merupakan media online terbesar di Indonesia, maka sangatlah mudah sekali blog anda ditemukan pada mesin pencari Google, Yahoo, dan Bing. Bahkan untuk anda sebagai pemula yang tidak mengerti SEO sekalipun blognya akan mudah ditemukan karena menggunakan flatform gratis dari blogdetik.

Alamat Platform Blogdetik: http://blog.detik.com/

 

Kompasiana

Platform lokal lainnya yang menyediakan layanan blog gratis dan terpercaya yaitu Kompasiana. Kompasiana merupakan anak perusahaan dari Kompas Gramedia. Kompasiana sering mengadakan acara dan kopdar menarik bersama blogger Kompasiana yang disebut Kompasianer. Selain itu Kompasiana juga sering mengadakan event-event lomba menulis di blog Kompasiana bagi para penggunanya yang berhubungan dengan tema event.

Jika anda ingin membuat blog gratisan di platform Kompasiana maka bisa melakukan pendaftaran di Kompasianer yang terdapat di situs blog Kompasiana.com. Proses registrasi sangatlah mudah karena hanya membutuhkan waktu 5 menit.

Kelebihan dari Kompasiana adalah banyaknya penulis dengan kualitas yang mumpuni sehingga terkesan tulisan lebih berbobot. Keuntungan menulis di platform local seperti Kompasiana ini yaitu situs blog anda mudah ditemukan karena sama seperti Blogdetik, Kompasiana yang dimilki oleh media online dan offline seperti Kompas.com sudah pasti banyak dikunjungi.Kekurangannya blog kompasiana tidak bisa dimonetise.

Alamat Platform Kompasiana: https://www.kompasiana.com/

 

Penutup

Artikel tadi menjelaskan 7 situs yang menyediakan layanan blog gratis bagi para pemula untuk memulai blogging. Situs ini memberikan anda referensi dari mulai kelebihan dan kekurangannya, seperti untuk situs local yang memberikan layanan blog gratis tidak bisa di monetisasi seperti Google Adsense ataupun feature advertising online yang memberikan keuntungan. Tentu saja ini balik ke tujuan awal anda membangun sebuah blog, apakah hanya sekedar hobby dan ingin terkenal melalui tulisan maka tidak diperlukan monetisasi dengan platform lokal gratisan seperti Blogdetik dan Kompasiana juga sudah cukup. Tetapi jika anda bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari sebuah advertising online silahkan menggunakan platform gratisan dari WordPress dan Blogger.