Mengatur keuangan keluarga bukanlah perkara yang mudah bagi soerang ibu rumah tangga. Dihadapkan pada pengeluaran rutin setiap harinya, terkada membuat para ibu rumah tangga mungkin kesulitan untuk menyisakan dari uang jatah bulanan yang diberikan oleh suami untuk menabung.

Nah kali ini penulis Vondanote ingin membantu keluhan para ibu rumah tangga yang sulit untuk bisa menabung dari uang belanja suami. Berikut ini tujuh tips yang bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga supaya kegiatan menabung lebih mudah dilakukan. Tips-tips berikut ini juga sudah terbukti efektif apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Membuat daftar pengeluaran tetap bulanan

Buatlah daftar pengeluaran tetap bulanan dari jatah uang bulanan yang diberikan oleh suami. Dari list tersebut Anda bisa melakukan review kembali mana yang perlu dikurangi, seperti uang jajan kosmetik yang bisa dikurangi dan list belanja bulanan cemilan keluarga juga bisa dikurangi. Pengurangan item pada list sebaiknya yang dirasa tidak terlalu dibutuhkan dan tidak banyak memberi manfaat. Intinya daripada dibuat beli barang atau sesuatu lebih baik ditabung sehingga ada hasil untuk kebutuhan masa depan.

Menabung dengan cara ikutan arisan

Mengikuti arisan membuat Anda terpaksa menyisihkan beberapa rupiah yang nantinya hasilnya akan didapatkan ketika waktunya dapat atau biasanya dengan system kocokan. Ini bisa menjadi strategi cukup efektif untuk kegiata menabung para ibu rumah tangga. Anda bisa mulai mencari informasi arisan di lingkungan Anda dan mulai mengikutinya. Anda bisa mengikutinya di lingkungan sekitar rumah, di lingkungan sekolah anak, atau mungkin di sekumpulan teman-teman Anda.

Menyisakan uang untuk menabung di awal bulan

Kadang kala para ibu merasa sulit untuk menabung dengan sisa uang belanja, yang ada malah tidak ada sisa dari uang jatah bulanan saat akhir bulan. Jadi strategi menabungnya bisa diubah dengan merencanakan menabung diawal bulan saat suami memberikan jatah uang bulanan. Para ibu bisa langsung memposkan jumlah uang yang ditabung dan langsung ditabungkan uangnya dari jatah uang bulalan setiap awal bulan. Tidak harus selalu besar nilainya, yang paling penting Anda memiliki tabungan setiap bulannya.

Menabung dengan mengumpulkan uang receh kembalian belanja

Menerima uang receh dari setiap kembalian belanja dipasar atau diwarung, rupanya bisa menjadi ide untuk menabung. Jangan anggap remeh dengan uang receh, justru dengan menabung uang receh ini akan membuat uang Anda terkumpul walaupun dalam bentuk uang receh. Tak mengapa bahwa setiap menabung Anda hanya mengumpulkan lima ratus perak atau seribu rupiah saja. Jika dilakukan terus menerus, uang receh tersebut akan terkumpul menjadi banyak dan jadilah sebuah tabungan. Sayapun sebagai penulis rajin mengumpulkan uang receh dari kembalian belanja dipasar, di warung atau mini supermarket. Setelah terkumpul biasanya saya menukarkan uang receh tersebut ke kasir mini supermarket dekat rumah, menjadi uang lembaran. Nah uang lembarannya bisa Anda tabungkan ke bank.

Menghemat uang belanja kebutuhan bulanan dengan mencari diskon atau promosi

Sulit menabung karena uang jatah bulanan tidak bisa dikurangi, Anda bisa berinisiatif dengan membandingkan produk-produk yang akan dibelanjakan dengan melihat promo. Menabung dengan hasil menghemat belanja dari barang promo tidak ada salahnya, karena Anda bisa mengambil manfaatnya yaitu bisa menabung.

Dengan zaman yang sudah semakin berteknologi, Anda dimudahkan untuk mencari barang-barang kebutuhan pokok dengan berbagai promo di setiap supermarket dengan melakukan browsing internet.

Bekerja sampingan yang bisa dikerjakan oleh jamnya ibu rumah tangga

Ibu rumah tangga yang benar-benar tidak memiliki pekerjaan tetap bisa saja mendapatkan uang selain dari suami. Ya, di zaman dewasa ini rasanya hampir semuanya bisa dijadikan uang. Entah itu secara pasif maupun aktif.

Anda yang merasa pemasukan Anda kurang bisa mencari pekerjaan remote. Pekerjaan remote adalah pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah. Dengan hal ini Anda bisa dengan kapan saja mengerjakan pekerjaan Anda. Bahkan proses rekrutmennya pun tidak dilakukan secara bertemu langsung. Biasanya perekrut akan meminta contoh pekerjaan Anda dan wawancara berupa video call.

Pekerjaan yang bisa Anda pilih berupa content writer, admin sosmed, data entry, dan lain sebagainya. Pekerjaan freelance content writer atau penulis lepas menjadi pekerjaan yang paling bisa diandalkan. Hampir semua web membutuhkan seorang penulis konten untuk mengisi konten-konten di web mereka.

Itulah tujuh tips startegi untuk bisa menabung, yang bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga yang merasa kesulitan menabung dari jatah uang bulanan yang diberikan suami setiap awal bulan. Tidak perlu langsung merealisasikan ke semuanya, Anda bisa memulainya satu per satu dan akhirnya menentukan mana yang sesuai dengan Anda.