Marketplace adalah sebuah pasar online yang akan mempertemukan penjual dan pembeli melalui sebuah situs dengan cara online di internet. Berjualan di marketplace para pedagang dapat terus memasarkan jualannya tanpa harus menutup toko, begitujuga dengan pembeli dapat membeli barang yang di inginkan kapanpun dia mau.

Setiap marketplace mempunyai strategi dan cara yang berbeda dalam mengembangkan bisnisnya. Dan tentunya mereka juga memiliki karakter dan target yang berbeda. Misalkan OLX untuk barang bekas, Tokopedia dan bukalapak untuk jualan produk baru secara retail, sementara ada marketplace lainnya yang khusus bagi Anda yang menjual produk secara grosir atau kodian.

Sangat penting memilih marketplace yang tepat untuk produk yang akan Anda jual. Selain itu juga sebaiknya Anda sudah memahami sistem dan ketentuan yang diterapkan dalam marketplace yang Anda pilih.

Kesamaan yang dimiliki setiap situs marketplace yaitu mereka tidak menjual produknya sendiri, karena mereka tidak punya stok produk, mereka hanya menyediakan fasilitas dan sistem agar transaksi antara penjual dengan pembeli bisa mudah dan aman dilakukan. Jadi inti berjualan di marketplace berarti berjualan di pasar online dengan wadah internet.

5 Marketplace Terbaik Lokal Indoensia:

  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Elevenia
  • Qoo10 Indonesia
  • Rakuten

Berjualan di marketplace tentunya Anda mengharapkan keuntungan dari produk yang dijual secara online. Keuntungan yang pasti didapatkan oleh pedagang berjualan dengan menggunakan situs marketplace, yaitu tidak harus punya situs toko online pribadi untuk menjual produk/jasa yang mereka miliki. Keuntungan bagi pembeli akan dengan mudah menemukan barang-barang yang mereka butuhkan di marketplace. Di marketplace Anda akan dipertemukan dengan berbagai pedagang dengan produk yang sama, merek yang sama, tetapi harga berbeda-beda. Maka harga akan menjadi persaingan saat berdagang di marketplace.

Berikut ini keuntungan lain yang akan Anda dapatkan saat berjualan di Marketplace:

Tidak Perlu Membuat Website

Memulai berjualan di sebuah marketplace tidak perlu bersusah payah memikirkan cara untuk membuat situs atau membayar programmer untuk membuatkan situs yang menjual produk Anda. Anda hanya tinggal melakukan registrasi ke sebuah situs marketplace untuk bergabung menjual produk di situs tersebut. Setelahnya Anda bisa mengikuti tahapan untuk menjadi buyer di situs marketplace yang sudah dilakukan registrasi. Keuntungan tentu tanpa modal uang untuk membuat website atau membuka lapak

Tidak perlu mengeluarkan biaya

Mendaftar sebagai seller di sebuah situs marketplace biasanya gratis atau tidak dikenakan biaya. Anda sebagai penjual hanya perlu mengupload foto-foto produk yang dijual di situs marketplace, sehingga konsumen akan lebih mudah menjumpai produk yang Anda jual. Selain itu kemudahan berjualan disitus marketplace sistem promosi yang tidak perlu dilakukan sendiri oleh Anda, biasanya sebuah marketplace sudah merancang strategi untuk melakukan promosi barang-barang yang dijualnya. Anda hanya tinggal memanfaatkannya saja untuk berjualan.

Mudah dan Simple

Berjualan di marketplace sangat mudah dilakukan untuk para pemula, hanya dengan modal kuota internet, nomor handphone dan email untuk melakukan registrasi. Lalu Anda bisa langsung upload produk yang akan dijual setelah di approve dan langsung berjualan. Keuntungan lainnya lagi menjadi seller di sebuah marketplace biasanya Anda tidak perlu repot menghitung ongkos kirim karena sistem mereka telah menghitung secara otomatis.

Kemudahan Support Mobile Shopping 

Keuntungan lainnya sebuah situs marketplace sudah support dengan mobile apps. Sehingga semua kegiatan buyer atau seller bisa diakses melalui aplikasi mobile. Bahkan beberapa survey telah menyatakan bahwa transaksi online melalui mobile phone menempati urutan tertinggi yang dilakukan buyer dan reseller dibandingkan dengan menggunakan komputer/desktop.

Kemudahan Dalam Bertransaksi

Dulu berjualan online masih sangat awam dan melakukan transaksi secara onlinepun masih sangat riskan dengan munculnya modus penipuan. Hal ini dikarenakan begitu banyaknya kejadian penipuan di internet. Namun saat ini para pelaku bisnis marketplace telah merubah pandangan itu semua. Dengan menggunakan rekening bersama sangat bermanfaat baik bagi pembeli maupun pedagang karena akan lebih menjamin dari sisi keamanan bahkan dengan hadirnya rekening bersama bisa membuat konsumen lebih nyaman dalam berbelanja.

Bisa Menjual Berbagai Macam Produk

Produk yang dijual di sebuah situs marketplace sangatlah beragam variannya. Semakin banyak produk dan varian yang tersedia di sebuah marketplace akan memudahkan pembeli untuk memilih berbagai macam pilihan produk dan membuat konsumen menjadi semakin betah berbelanja di situs marketplace tersebut. Tentu saja hal ini membuka peluang bagi Anda untuk menjual berbagai macam produk dan varian di lapak marketplace Anda, semakin banyak barang produk yang dijual kemungkinan besar customer akan betah berlama-lama di lapak Anda. Semakin sering customer berkunjung maka peluang untuk produk Anda terjual semakin besar.

Kemudahan Pengguanaan Situs Marketplace Bagi Buyer & Seller Baru

Saat ini situs-situs marketplace dibuat dengan sangat User frendly untuk kemudahan para penggunannya baik dari sisi buyer dan reseller. Jadi jangan khawatir bagi Anda yang benar-benar pemula dan belum pernah menggunakan situs jual beli secara online pasti bisa menggunakannya. Karena diberbagai situs marketplace sudah dilengkapi dengan panduan penggunaan agar user mudah memahami. Selain itu, Marketplace penggunaannya jauh lebih praktis dan tidak memerlukan biaya perawatan.

Potensi Market Yang Luas & Tanpa Batas

Dengan menggunakan situs marketplace kesempatan untuk menjangkau calon pembeli sangatlah luas lebih. Karena Anda bisa menjangkau market di seluruh Indonesia dan luar negeri, seperti Anda ketahui masyarakat Indonesia itu suka belanja dan intrenet. Maka jangan khawatir produk yang Anda jual tidak laku, karena saat ini masyarakat lebih suka belanja online untuk untuk jual/ beli barang.

Setelah Anda tahu keuntungan berjualan di situs marketplace, Anda juga harus tahu bagaimana mengoptimalkan sebuah situs marketplace agar mendapatkan banyak pembeli dari produk yang dijual. Berikut ini beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk mengoptimalkan lapak jualan Anda di situs marketplace, di antaranya :

  • Tampilan toko pada situs marketplace tampak profesional
  • Tampilkan profile Anda atau toko Anda secara lengkap di marketplace
  • Manfaatkan fitur testimoni atau feedback, dengan selalu meminta customer untuk melakukan testimoni dari produk yang Anda jual.
  • Manfaatkan fitur bintang atau rangking, di beberapa marketplace biasanya menyiapkan nilai yang bisa diberikan oleh buyer sebagai bentuk ranking dari sebuah toko atau lapak. Rangkin ini akan mempengaruhi keberadaan toko tersebut.
  • Lakukan pejualana dengan harga promo untuk beberapa item setiap minggunya.
  • Selalu cepat dalam meresponse pertanyaan customer.

Penutup

Artikel tersebut menerangkan delapan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan membuka online shop di sebuah marketplace. Saat ini marketplace menjadi alat kemudahan bagi para buyer untuk mencari barang yang dibutuhkan dan membelinya. Orang lebih suka dengan kemudahan maka pasar online seperti marketplace ini memberi keuntungan bagi mereka yang sibuk tidak bisa berkunjung ke toko, pasar atau mall untuk membeli barang yang diharapkan atau diinginkan. Selain itu Negara Indonesia yang berkepulauan ini pasar online memberikan kemudahan dalam melihat perkembangan trend fashion baju yang tidak hanya bisa dilihat di Jakarta saja atau bahkan hanya bisa dirasakan dikota Jakarta saja dahulunya. Kini orang diluar kota Jakartapun bisa merasakan trend fashion yang sama berkat marketplace.