Menurut Wikipedia.org Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer.

Yogurt telah menjadi makanan yang popular untuk jenis masakan Mediterania dan Timur Tengah. Salah satunya adalah jenis Yoghurt Yunani yang rendah lemak dan tinggi protein ini disebut-sebut sebagi kategori superfood.

Superfood adalah kelompok makanan yang memiliki sumber nabati yang dianggap memilki kekayaan protein begitu padat sehingga baik untuk kesehatan tubuh Anda. Makanan lainnya yang termasuk kategori Superfood contohnya ada pada buah Blueberry, ikan Salmon dan Acai Berry.

Namun menurut seorang ahli diet Despina Hyde “Superfood tidak memiliki kelompok makanan mereka sendiri, sebagai ahli gizi saya pikir ‘superfood’ lebih kepada istilah pemasaran untuk makanan yang memiliki manfaat kesehatan.”

Namun tidak ada salahnya mencoba membiasakan diri mengkonsumsi Yoghurt yang memang banyak memiliki manfaat untuk tubuh Anda. Yoghurt sendiri memang sudah dipastikan kaya protein untuk tubuh Anda. Berikut ini manfaat yang akan Anda dapatkan selama mengkonsumsi rutin Yoghurt.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang merasa perlu mengurangi berat badan mungkin bisa mencoba mengkonsumi Yoghurt. Bakteri baik pada yoghurt dapat membantu memperlancar pencernaan dan dapat membantu metabolisme menjadi lebih cepat yang berarti bahwa hal tersebut dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Yoghurt yang dihasilkan dari frementasi susu tentu kalsium yang terkandung di dalam sangat penting untuk kebutuhan tulang Anda. Oleh karena itu, mengkonsumsi yoghurt dapat membantu dalam menjaga kekuatan tulang. Yogurt juga baik dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita osteoporosis dan rematik.

Selain itu saat hamil konsumsi Yoghurt diyakini mampu memperkuat tulang janin dalam kandungan, karena kalsium yang cukup sangat dibutuhkan dikonsumsi oleh ibu hamil.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi yoghurt yang mengandung probiotik, secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan anda tertular penyakit. Kandungan probiotik terbukti mengurangi peradangan, yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mulai dari infeksi virus sampai gangguan usus.

Melancarkan Sistem Pencernaan tubuh

Selain kekebalan tubuh yang baik jenis probiotik yang terkandung dalam yoghurt, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus, terbukti mampu mengurangi gejala akibat sindrom iritasi usus. Sindrom iritasi usus merupakan gangguan umum yang mempengaruhi usus besar seperti sakit perut melilit.

Menurunkan Darah Tinggi

Memiliki penyakit darah tinggi mungkin sangat mengkhawatirkan bagi sebagian orang, karena darah tinggi sendiri mampu memicu penyakit jantung dan struk. Cobalah untuk rutin mengkonsumsi Yoghurt, karena konsumsi yoghurt telah terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor utama terhadap risiko penyakit jantung. Terlepas dari kandungan lemaknya, yoghurt juga memiliki manfaat bagi kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan tekanan darah.

Memperbaiki Mood atau Suasana Hati

Pada sebuah studi yang dilakukan oleh UCLA’s Gail and Gerald Oppenheimer Family Center for Neurobiology of Stress dengan melakukan perbandingan kondisi otak sebelum dan sesudah penelitian dilakukan, dengan orang-orang yang mengkonsumsi Yoghurt pada kaum wanita. Peneliti menemukan bahwa wanita sehat yang mengkonsumsi yoghurt secara teratur memiliki kontrol yang lebih baik akan kondisi suasana hatinya.

Bermanfaat Menghilangkan Bau Mulut

Jika Anda memiliki masalah dengan bau mulut yang tidak pernah hilang walaupun Anda sudah menggosok gigi atau berkumur, cobalah untuk mengkonsumsi Yoghurt. Yoghurt terbukti mengobati secara alami dalam mengatasi bau mbau pada mulut dan dapat mengurangi halitosis (bau nafas yang tidak sedap) hingga 80% pada subjek penelitian. Bagi mereka yang mengkonsumsi yoghurt secara rutin juga memiliki tingkat plak dan gingivitis (suatu kelainan berupa peradangan pada gusi) yang lebih rendah.

Kesehatan Kulit dan Rambut

Selain bermanfaat untuk menyehatkan bagian dalam tubuh ternayata Yoghurt juga bermanfaat merawat kesehatan pada kulit tubuh dan rambut. Yoghurt bisa dijadikan lulur pada kulit dan masker pada wajah yang memiliki manfaat menghilangkan jerawat dan ruam kulit, serta dapat membuat kulit lebih sehat bercahaya dengan mengurangi lingkaran hitam dan menutup pori-pori. Pada rambut yoghurt bisa dijadikan masker rambut yang membantu menyembuhkan kulit kepala yang gatal dan berketombe.

Menurunkan Risiko Kanker Usus

Kanker usus (kolorektal) merupakan jenis kanker yang tumbuh pada usus besar. Dalam sebuah studi yang dilakukan dalam International Journal of Cancer yang melibatkan 45.000 individu, menunjukkan bahwa yoghurt dapat memberikan perlindungan terhadap kanker kolorektal. Hal ini dikarenakan saluran pencernaan yang sehat, yang disebabkan karena probiotik dan bakteri sehat yang terdapat dalam yoghurt.

Tentu dengan melihat banyaknya manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi yoghurt, Anda bisa memulai untuk mengkonsumsinya secara teratur. Penerapannya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi yoghurt secara langsung atau dengan menambah campuran buah atau madu. Sebaiknya konsumsi yoghurt yang baik sehari 2 kali agar khasiat yang didapat maksimal dan cepat terlihat. Dengan mengkonsumsi yoghurt secara rutin artinya Anda sudah mulai bertanggungjawab melakukan pola hidup sehat pada tubuh Anda.