Blog yang semakin bersaing dengan kelahiran vlog membuat persaingan di dunia online semakin besar. Tetapi jangan khawatir tetapkan komitmen dan fokus jika sudah memilih untuk menjadi seorang blogger yang sukses. Mendapatkan penghasilan di dunia blog masih berpeluang tinggi jika Anda yakin mampu menghasilkan konten yang bermanfaat untuk pembaca blog Anda nantinya

Lalu siapa saja yang dapat menjadi seorang blogger yang sukses, dan bagaimana untuk Anda yang belum pernah mengenal tentang dunia blogger ini atau masih benar-benar pemula, tentu ada banyak pelajaran yang perlu Anda baca, pelajari, pahami dan merealisasikannya.

Internet bisa menjadi cara Anda menemukan banyak informasi bahkan tutorial mengenai dunia blogger, namun saya yakin di awal sebelum memulai akan ada kecenderungan bingun bagi pemula untuk mengaplikasikannya. Dan ditengah kebingungan akan berakhir dengan keputusasaan deng tanpa hasil. Seperti mengira penghasilan akan datang dengan rajin menulis dan menunggu.

Dalam artikel ini akan dijelaskan, langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebagai blogger pemula ketika memasuki dunia blogger. Bagaimana cara memulai, apa yang harus dipelajari, dan hal lainnya. Sehingga Anda sebagai blogger pemula memiliki pengetahuan untuk menjadi blogger yang sukses.

Apakah benar menjadi penulis di sebuah blog bisa mengahsilkan uang? Tentu saja hal ini benar. Sudah banyak bloger sukses merasakan hasil dari tulisannya, salah satunya Marikson Manurung dengan web-nya Maxmanroe dan Linda Ikeji dengan blog-nya Lindaikeji.blogspot. Penghasilan mereka boleh di bilang sudah bisa menutupi kebutuhan sehari-hari. Karena tidak mungkin banyak orang yang rela menulis berbagai macam artikel, tanpa tujuan yang jelas. Berikut ini adalah pelajaran yang perlu Anda pahami jika ingin menjadi blogger pemula yang sukses.

Menentukan Tujuan Membuat Blog

Sebelum Anda terjun ke dunia blogger ini, sebaiknya tentukan maksud dan tujuan Anda.  Apakah Anda hanya terjun ke dunia blogger ini hanya sekedar hobby, ingin menghasilkan uang, atau hal lainnya.

Dengan adanya tujuan yang jelas, Anda memiliki motivasi untuk mengembangkan blog Anda tersebut. Untuk menjadi blog yang terkenal dan sukses, maka Anda harus konsisten dan tekun, membuat artikel untuk blog tersebut. Kemudian tetapkan topik yang akan Anda bahas pada blog yang akan Anda buat, sehingga Anda akan mengetahui target pembaca dari blog yang dibuat nantinya.

Pilihlah Topik Blog Yang Anda Sukai & Kuasai

Menentukan topik sangatlah penting karena menjadi bagian dari segmen target pembaca blog Anda. Namun ada baiknya topik yang dipilih adalah yang benar-benar Anda sukai dan kuasai. Menulis artikel akan lebih menyenangkan jika Anda menyukai dan menguasai temanya, jangan karena di salah satu blog ramai karena membahas tentang otomotif Anda memilih tema tersebut. Fokuslah pada topik yang sedang Anda buat tersebut, dengan demikian orang akan mudah mencari apa yang mereka butuhkan.

Membuat Blog Dengan Tampilan Nice & Friendly

Tampilan blog menjadi salahsatu pertimbangan seorang pengunjung untuk kembali berkunjung. Sebaiknya Anda memilih tampilan blog yang nice dan friendly, maksudnya nice dari segi tampilan menarik utnuk di lihat dan dibaca setiap artikelnya. Kemudian tampilan friendly di sini adalah memudahkan bagi pengunjung untuk melihat semua artikel di blog Anda. Karena dibeberapa blog tampilan judul artikel terihat kurang strategis seperti semua judul terkumpul di sebelah kana menu bar. Ada beberapa penyedia blog gratis yang dapat Anda gunakan, seperti blogger.com, wordpress.com, mywapblog.com dan beberapa blog lainnya. Untuk Anda yang masih merasa bingung memilih bloh yang pas, ada baiknya jika Anda memilih blogspot. Perhatikan juga apakah template tersebut memiliki berbagai unsur yang ramah untuk mesin pencari. Anda tidak perlu merasa bingung, karena saat ini ada banyak sekali template gratisan yang dapat Anda pilih.

Membuat Nama Blog

Setelah memilih template saatnya Anda membuat Nama untuk blog Anda. Sebaiknya membuat nama blog yang unik dan belum ada di search engine Google. Nama blog jangan terlalu panjang agar mudah di ingat kembali oleh pengunjung saat ingin berkunjung lagi ke blog Anda. Contoh blog menggunakan nama pribadi Anda atau nama guyonan yang unik. Jika Anda memilih tema atau topik mengenai daily kehidupan Anda, maka nama blog sebaiknya nama pribadi.

Mulai Belajar Menulis Artikel di Blog

Saatnya Anda menulis artikel sesuai dengan topik dan tema yang sudah di tentukan. Buatlah artikel sebanyak-banyaknya dan rajinlah menupload artikel di blog setiap hari. Agar pengunjung tertarik untuk berkunjung kembali ke blog Anda jika banyak update artikel di blog Anda.

Baca juga Artikel terkait: Mengapa Dunia Blog Yang Sudah Redup, Saya Masih Setia Menulis di Blog?

Mendaftarkan Blog Anda ke Google Adsense

Jika selama ini Anda berfikir darimana penghasilan seorang blogger, inidia Google Adsense adalah salah satu penyedia layanan jaringan periklanan. Tetapi tidak hanya Adsenses, banyak sekali jaringan periklanan seperti ini dengan berbagai program yang diberikan seperti PPC (Pay Per Click), CPA (Cost Per Action), dan lain-lain. Google Adsense sendiri merupakan salah satu jaringan periklanan dengan program PPC dari sekian banyak program PPC dari luar negeri maupun program PPC Lokal. Namun Google Adsense menjadi primadona jaringan iklan bagi para Blogger dan pemilik website karena penghasilan yang dapat dicapai disebut-sebut jauh lebih tinggi dari pada jaringan iklan yang lain. Maka tidak heran jika banyak Blogger yang rela berjuang untuk dapat menjadi publisher di Google Adsense.

Jika Anda ingin menjadi Publisher Google Adsense dan merasa telah memenuhi syarat dan kebijakan yang diberikan, silakan tidak ada salahnya untuk mencoba mengajukan permohonan. Jangan takut ditolak, meski pun ditolak, pihak adsense masih memberi kesempatan pada kita untuk membenahi blog yang kita miliki. Yang fatal itu jika kita sudah diterima kemudian membuat banyak pelanggaran pada kebijakan yang diberikan.

Mempromosikan Konten Pada Blog

Ada 2 cara promosi konten yang dapat Anda lakukan, agar artikel Anda dikenal orang yaitu dengan cara online atau offline. Cara offline adalah dengan mencantumkan alamat blog Anda di berbagai brosur atau hal lainnya. Sedangkan cara online adalah dengan menggunakan berbagai macam social media yang Anda miliki. Tujuan dari promosi ini adalah agar blog yang Anda miliki ini banyak dikunjungi pembaca.

Mempelajari SEO dan Desain Blog

SEO adalah sebuah cara yang harus Anda lakukan agar artikel Anda mudah dicari. Dengan menggunakan SEO yang baik, maka pengunjung akan mudah masuk ke blog Anda, ketika menggunakan mesin pencari.

Membangun Komitmen & Fokus Untuk Aktif Menjadi Blogger

Pelajaran terakhir tentu membangun komitmen dan fokus pada diri Anda untuk menjalankan blog. Rajinlah untuk belajar tentang SEO atupun mengupdate artikel yang original. Jangan lakukan copy paste artikel dari blog lain, saya sarankan jika Anda dalam kondisi tidak memiliki ide lakukan pembaharuan untuk tema-tema artikel di blog Anda. Ini akan lebih baik karena Anda mengupadte tulisan lama menjadi lebih lengkap informaisnya. Selain itu dalam membangun blog dipelrukan kesabaran karena hasil yang di dapat adalah untuk jangka panjang bukan dalam hitungan 1 atau 2 tahun bahkan bisa 5 tahun lebih. Seorang Lindaikeji merasakan kesuksessannya dari blog pribadinya setelah 8 tahun menulis tanpa hasil.