Bagi para wanita hamil yang saat ini menginjak usia 7 bulan dan masih menyibukan diri dengan pekerjaannya di kantor tentunya sudah memikirkan barang-barang yang harus dibeli untuk kebutuhan setelah melahirkan. Lalu bagaimana persiapan menjadi seorang busui dengan program ASIP pada bayi anda, apakah alat untuk menunjang saat pemberian asi pada si bayi sudah dipersiapkan. Penting sekali untuk anda para ibu pasca melahirkan dan tetap memilih untuk bekerja setelahnya, namun tetap dan memberikan asi pada si bayi dengan mempersiapkan alat-alat sebagai penunjang ASIP. Berikut ini beberapa list barang yang wajib anda milik dalam menyesukseskan program ASI bagi si bayi dengan cara ASIP.

Botol Kaca ASI

Yang pertama kali harus dipersiapkan adalah botol penyimpan ASI yang saat ini sudah banyak di jual di toko online. Persiapan awal siapkan sebanyak 30 botol penyimpan asi para ibu. Jika mau hemat botol bekas sebagai wadah menyimpan asi bisa digunakan, pastikan tutup pada botol bagus dan tidak mengandung bahan berbahaya. Rekomendasi botol bekas yang baik di gunakan adalah botol bekas dari minuman You C1000 dan botol bekas selai Nutela. Karena setelahnya akan banyak botol yang harus para ibu persiapakan untuk si calon bayi dalam menyukseskan program ASI dengan cara ASIP, dan yang paling penting adalah botol sebagai tempat menyimpan asi harus selalu steril saat akan digunakan untuk menyimpan asi serta BPA free.

Alat pompa ASI atau dikenal Breastpump

Kedua dalam menyukseskan program pemberian asi dengan proses ASIP maka alat pompa tentu menjadi benda penting agar asi para ibu bisa keluar dan ditampung pada wadah botol asi yang disediakan. Jenis alat pompa asi saat ini sudah beragam modelnya dari mulai yang manual atau yang automatik, namun yang paling penting sesuaikan dengan kemampuan para ibu dalam membeli.

Alat pemanas ASI atau Milk Bottel Warmer

Persiapkan alat pemanas asi memiliki fungsi mempermudah para ibu mengahangatkan asi ketika akan diberikan pada bayi. Pemanasan asi sebenarnya bisa juga dilakukan dengan cara merendam botol yang berisi asi kedalam air yang panas yang sudah matang.

Kantong Plastik untuk ASI

Persiapkan kantong ASI sebagai wadah tempat asi setelah anda selesai memompa asi. Siapkan kantong asi di laci meja kerja anda agar setiap anda akan memompa anda tidak perlu report mencari wadah untuk menampung asi. Namun jika anda ingin berhemat bisa menggunakan botol asi dengan selalu membawanya setiap hari di dalam cololer bag, tapi ini terlihat tidak efektif dan akan terasa berat saat dibawa pulang ke rumah.

Cooler Bag dan Ice gel

Untuk cooler bag dan ice gel-nya tentu para ibu sudah memepersiapkannya, karena ini adalah hal yang wajib di miliki para ibu dalam menyukseskan program pemberian asi secara Peras. Cooler bag saat ini tersedia dengan berbagai model dan motifnya yang menarik, silahkan sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan para ibu untuk cooler bag. Harga cooler bag juga saat ini ditawarkan dengan berbagai harga mulai dari harga 200 ribu hingga 1 juta. Cooler bag memiliki fungsi sebagai cara menyimpan asi selama perjalanan pulang dari kantor menuju rumah, sehingga asi tetap bertahan dalam keadaan dingin.

Freezer ASI

Freezer asi atau mesin pembeku asi ini dibutuhkan dalam proses pembekuan asi agar asi yang disimpan awet dan tahan lama hingga 6 bulan.

Berikut keterangan penyimpanan asi didalam mesin pendingin :

  • ASI perah dapat bertahan selama 8 jam pada suhu ruangan
  • ASI perah pada suhu lemari es asi dapat bertahan selama 2 x 24 jam dengan suhu minus 4 derajat
  • Asi perah di dalam freezer dengan suhu minus lima belas derajat dan terpisah dari kulkas bertahan selama 6 bulan.
  • ASI di dalam freezer atau freezer khusus ASI dengan suhu minus 15 derajat dan bergabung pada kulkas serta sering dibuka bertahan selama 3 – 4 bulan.

Alat Sterilisasi Botol ASI

Alat sterilisasi botol memiliki fungsi untuk mensterilkan botol asi dan botol susu bayi. Seperti kita ketahui bayi rentan terhadap penyakit dan peralatan yang akan digunakannya pun harus selalu dalam keadaan steril. Dengan alat sterilisasi ini akan mempermudah aktifitas anda dalam menyukseskan program ASIP. Namun cara lain mensterilkan botol asi dan botol susu bayi bisa dilakukan dengan merendam botol pada air yang sedang mendidih selama 3 menit untuk membunuh kuman pada alat – alat bayi.

Alat Pembersih Botol

Untuk mebersihkan botol bayi tentunya penggunaan alat pembersih botol dibutuhkan agar bisa menjangkau daerah paling dalam pada botol. Sehingga permukaan botol bersih dari sisa asi yang menempel pada permukaan atau dinding botol.

Botol Susu Bayi

Untuk menyukseskan program ASIP tentunya anda membutuhkan botol susu sebagai sarana si bayi meminum asi, beberapa dari para ibu lebih memilih menggunakan sendok dan meminumkannya ke si bayi secara perlahan-lahan agar bayi tidak kaget putting. Namun sebenarnya kaget putting bisa dihindari jika di malam hari para ibu tetap memberikan asi kepada bayi secara langsung melalui putting.

Selamat mencoba bagi para ibu yang ingi menyukseskan program pemberian ASI pada bayi ketika lahir.