kulwap

Beberapa hari ini saya sebagai penulis memiliki aktifitas baru yang menambah ilmu dan pengalaman dalam forum sharing yaitu Kulwap. Sebagian dari Anda mungkin sudah mengetahui Kulwap free dan berbayar yang di ikuti.

Pengertian KULWAP

KULWAP adalah Kuliah Watssap yang di buat oleh suatu grup untuk melakukan sharing materi yang bermanfaat. Jadi narasumber akan memberikan sharing materi di grup Watsapp yang sudah dibuat kepada member yang bergabung dalam grup tersebut. Terus terang saya merasa aneh awalnya dengan cara pemberian materi melalui Watsapp tetapi pertama kali saya ikuti banyak memiliki manfaat apalagi yang saya ambil adalah Kulwap berkaitan parenting.

Siapa Saja Yang Ada di Dalam KULWAP?

Ternyata setelah saya mengikuti Kulwap pertama sama dengan Workhsop atau Seminar yang kita hadiri, tetapi ini bedanya di dalam grup Watsaap dan secara online modelnya. Didalmnya ada Narasumber sebagai pemberi materi, kemudian ada Moderator sebagai pengarah materi yang di share, dan tentu ada pendengar atau pembacanya.Kulwap

Manfaat Mengikuti KULWAP

  • Mendapatkan ilmu pengetahuan tambahan terkait bidang yang ingin saya atau Anda ikuti. Contoh Kulwap Parenting pertama yang saya ikuti bertema “Mengelola Emosi Anak dan Orangtua”. Jadi saya mulai tahu bahwa mengapa anak marah dan cara mengatasi emosi anak tanpa menyumbat emosinya.
  • Mendapatkan teman baru di dunia baru dengan misi dan keinginan belajar bersama. Selain teman kantor, teman di rumah dan keluarga, kita bisa memiliki teman yang mengerti dengan bidang yang kita butuhkan. Misalnya saat Kulwap aka nada sesi Tanya jawab dari para member yang mendengarkan materi maka interaksi akan terbentuk dan hidup dalam Kulwap tersbeut.
  • Tidak perlu menghabiskan waktu datang ke acara seminar dan workshop, jadi sangat membantu buat saya yang sibuk di dunia kantor dan tidak punya waktu di weekday. Kita bisa mencari waktu Kulwap yang sesuai dengan jam free kita, misalnya saya memilih Kulwap yang diadakan malam hari saja.

Cara Mengikuti Kulwap

Beberapa dari kalian yang masih asing mungkin masih bertanya dan belum tau bagaimana cara mengikuti sebuah Kulwap dan dari mana saya bisa mendapatkan informasi sebuah Event Kulwap yang diadakan sesuai dengan minat saya.

Search di Instagram Hastag #Kulwap

Anda bisa melihat event-event Kulwap melalui media sosial Instagram dengan hastag #Kulwap. Disana Anda bisa cek Kulwap yang sesuai materi dan tanggalnya.

Mendaftar Kulwap

Setelah Anda mendapatkan judul materi Kulwap yang sesuai dengan minta dan tanggalnyapun sesuai, maka Anda bisa langsung mendaftar dengan ketentuan yang dibuat oleh grup tersebut.

Biasanya bebrapa grup yang memiliki event Kulwap memiliki syarat pendaftaran, jika Anda memenuhi syarat mereka maka biasanya admin grup akan membalas melalui DM di Instagram. Namun jika Anda tidak mendapat DM balasan berarti kuota Kulwap tersebut sudah penuh dan terbatas.

Join Kulwap Melalui Link Watssap

Saat admin membalas DM Anda biasnya akan diberikan link untuk masuk ke Watssap grup materi tersebut. Di dalamnya hanya ada Narasumber, Moderator dan member yang sudah mendaftar.

Tata Cara di Kulwap

  • Moderator akan memberikan tata cara mengikuti Kulwap sebuah materi dalam grup watssap kepada member.
  • Moderator akan memberikan sharing materi yang akan dibahas pada Kulwap.
  • Sebelum Kulwap dimulai biasanya para member dipersilahkan untuk membuat pertanyaan dari materi yang diberikan oleh Moderator.
  • Moderator akan mengumpulkan pertanyaan member tersebut yang nantinya akan dijawab oleh Narasumber.
  • Bisanya waktu penyampaian materi dan Tanya jawab adalah 1,5 jam dan jika ada sanggahan atau pertanyaan tambahan dari member maka durasinya akan bisa bertambah dengan tambahan waktu 30 menit.

Contoh Kuliah Watssap 

Namun biasanya setiap Kulwap memiliki cara pendaftaran dan tata cara mengikuti Kulwap yang berbeda-beda. Saya lebih sering mengikuti Kulwap seputar parenting di @bcoktober17. Materi parentingnya bagus dan mudah dipahami, sayapun berterima kasih dengan teman kuliah saya yang juga join menjadi penulis di Vondanote mengenalkan seputar Kulwap.

Sebagai informasi tambahan beberapa Kulwap ada yang berbayar dan free, yang bisa Anda ikuti. Biasanya untuk Kulwap yang berbayar aka nada lebih dari satu narasumber dalam satu materi atau memiliki beberapa judul materi dengan waktu yang berbeda. Namun kualitas narasumber sebgaia pakarnya tentu tetap sama anatara yang berbayar dan free. Jadi tidak perlu khawatir memilih free atau berbayar, sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda jika harus mengikuti Kulwap berbayar.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan tambahan ilmu pengetahuan.