Pertanyaan ini banyak ditanyakan langsung ke saya oleh teman dikantor, yaitu mengapa saya bisa dengan mudah mengatur waktu sebagai wanita pekerja kantor sekaligus seorang istri. Ditambah kesibukan untuk mulai aktif kembali sebagai blogger. Karena jika saya mau memikirkan tugas sebagai seorang istri dan sebagai wanita karir sama-sama super sibuknya, kerjaan rumah kalau dikerjakan tidak akan ada habisnya begitu pula dengan pekerjaan kantor dikerjakan terus menerus tidak akan ada habisnya. “edisi curcol nih” jadi mau pilih yang mana, keduanya juga sebenarnya masih bisa imbang kok dilakukan.

Yakin nggak ??

Sebenarnya aku selalu berbagi tips pada teman-teman dikantor untuk melakukan manajemen waktu dan aktifitas, dari mulai dikantor hingga nanti dirumah. Tapi ini tips khusus buat kamu yang masih cuma berdua saja (sumai dan istri) dan belum ada si baby. Kalau sudah ada baby tentu beda tips-nya ya. Yuk kita cek dulu tips-tipsnya yang mungkin bisa bermanfaat untuk kalian.

Lakukan dengan Ikhlas

Saya selalu mencoba mengerti dan MEMPRAKTEKAN yang dimaksud dengan kata “IKHLAS’ ini. Seperti apa contohnya ikhlas versi saya, yaitu ikhlas bangun pagi dari mulai beres-beres rumah, masak pagi, dan menyiapkan baju suami.

Lakukan untuk kesehatan tubuh

Karena saya tahu bangun pagi itu sehat, maka beres-beres dan memasak saya anggap sebagai bagian dari olahraga.

Lakukan mencatat untuk mengingat

Saya selalu punya kebiasaan mencatat pekerjaan saya di kantor dan di rumah, jadi sebelum saya pulang ke kantor saya selalu menyempatkan diri untuk mecatat list pekerjaan saya untuk esok hari dan pekerjaan rumah. Jadi saya punya strategi menchecklis semua pekerjaan yang sudah selesai dan jika ada beberapa pekerjaan yang tertinggal belum sempat saya kerjakan maka waktunya untuk lembur dikantor. Secara tidak langsung pekerjaan akan lebih mudah kita selesaikan tana ada yang terlupa atau pending.

Lakukan stock bahan makan yang mudah diolah

Saya dan suami selalu menyetok bahan makanan setiap dua minggu sekali, usahakan bahan makanan tersebut mudah di olah. Contoh stok telur, nugget, aneka baso seafood, spaghetti, kornet dan masih banyak lagi. Alhamdulillah di sini suami saya tidak menuntut untuk saya selalu memasak menu yang lengkap, jujur jika saya sedang malas memasak biasanya saya akan menggoreng nugget atau membuat telor dadar.

Hemat menggunakan baju

Kalau kita sebagai pekerja kantoran tentunya baju full yang digunakan selama seharian adalah baju kerja, ketika di rumah baju sehari-hari di rumah biasanya hanya digunakan untuk istirahat seperti tidur. Jadi lakukan startegi dengan mengganti baju kantor setiap hari tetapi untuk baju sehari hari dirumah hanya diganti setiap 2 hari sekali saja, kecuali pakaian dalam wajib diganti sebanyak 2 kali dalam sehari. Pastinya cucian rumah kalian tidak akan banyak menumpuk dan cukup seminggu sekali mencuci baju kalian.

Hemat menyetrika baju

Biasanya setiap hari sabtu saya menyempatakan mencuci di pagi hari, dan setelah baju tersebut kering saya tidak lantas menyetrikanya tetapi hanya baju-baju untuk kerja saja dan untuk baju sehar-hari dirumah biasanya hanya saya lipat. Karena saya orang yang tidak terlalu suka dengan pekerjaan menyetrika. Tuh..kan edisi curcol tapi artinya kamu bisa menghemat waktu dan energy dengan tidak menyetrika semua baju.

Ini baru sebagian dari tips manajemen waktu sebagai seorang istri yang juga sibuk bekerja dikantoran, next-nya aku akan coba berbagi banyak tips yang mungkin bermanfaat untuk para pembaca. Patut dicoba tips ini supaya kamu bisa mengatur pola atau bentuk aktifitas yang kamu rasa mulai bisa kamu kerjakan sendiri sebenarnya tanpa harus menggunakan jasa pembatu. Inget lhoo hemat 1 juta jika kita tidak mengguanakan jasa pembatu.