Picture by : https://www.24baby.nl/zwanger/gezondheid/zwanger-en-zonnebank/

Merokok merupakan kegiatan yang secara sadar dan sudah diketahui akan merusak organ tubuh manusia terutama jantung dan paru-paru. Faktor utama penyebab sakit jantung adalah karena bahaya merokok, maka wajar saja jika banyak peringatan tentang bahaya merokok dengan tanda “dilarang merokok.  Perlu diketahui bahwa 20% kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung didasari timbul karena bahaya merokok tersebut.

Masih ingin lebih jauh mengetahui bahaya merokok bagi tubuh manusia, mengacu pada kandungan rokok yang lebih dari 4000 bahan kimia terkandung didalamnnya. Sehingga bisa dikatakan rokok adalah racun yang mampu menimbulkan berbagai macam penyakit dalam tubuh dimana berisi 70 zat beracun dapat menimbulkan penyakit kanker. Berikut bahaya merokok yang akan menimbulkan kerusakan pada organ tubuh manusia :

Otak dari merokok akan meningkatkan resiko terkena stroke, yang sewaktu-waktu datang dan memecahkan pembuluh darah pada otak sehingga menyebabkan kematian.

Mulut dan tenggorokkan yang berbau asam dan gigi yang menguning pekat bagi mereka yang merokok. Masalah lain pada area tenggorokan ini adalah timbulnya kanker pada lidah, tenggorokkan, bibir, dan pita suara.

Paru-paru memungkinkan terjadi penyakit serius pada organ ini. Bahan-bahan kimia yang masuk saat menghisap rokok akan menyumbat proses udara yang masuk ke paru-paru dan akan merusak sel-sel pada paru-paru yang akan menimbulkan penyakit paru-paru seperti kanker paru-paru

Lambung akibat racun yang masuk dalam tubuh bisa melemahkan kerja otot yang mengontrol pada bagian bawah kerongkongan, sehinggal asam bergerak pada jalur yang salah dan menimbulkan penyakit asam lambung yang berpotensi menjadi kanker lambung

Organ Reproduksi pasti pernah mendengar untuk yang satu ini disetiap iklan pasti pernah disebutkan jika bahaya merokok salah satunya adalah menyebabkan impotensi dan ganguan pencernaan.

Bagaimana bagi kalian yang sedang hamil tentang bahaya merokok bagi wanita hamil. Kehamilan tentunya hal yang sangat ditunggu oleh para wanita dan bagi wanita merokok akan lebih baik mengesampingkan egonya untuk merokok saat hamil, karena akan berdampak pada kesehatan janin. Berikut bahaya merokok bagi kesehatan wanita hamil dan janin.

Bahaya merokok bagi kesehatan janin di perut:

  1. Kemungkinan terlahir dengan prematur.
  2. Lahir dengan berat bayi yang kurang dari berat normal bayi pada saat lahir.
  3. Infeksi saluran prnapasan pada si bayi.
  4. Kemungkinan besar mengidap asma.
  5. Terdapat cacat bawaan akibat zat yang berbahaya yang dibawa dari rokok dan masuk ke janin akan merusak proses pembuatan organ pada janin.

Bahaya merokok bagi kesehatan ibu yang mengandung

  1. Kemungkinan besar mengalami pendarahan.
  2. Kemungkinan terjadi placenta previa yaitu tali ari-ari yang menutupi jalan lahir.
  3. Terjadinya pecah ketuban sebelum waktu kelahiran.
  4. Kemungkinan besar beresiko keguguran.

Untuk lebih jelasnya para ibu bisa mengunjungi www.alodokter.com seputar bagaimana bahaya dari merokok bagi wanita hamil dan tips menghindari rokok saat hamil. Memang tidak mudah tetapi paling tidak kita sebagai calon ibu wajib menjaga kesehatan janin yang berada didalam perut, dan selalu berusaha memberikannya yang terbaik. Ingatlah pada bahaya merokok bagi kesehatan ibu dan janin yang telah diuraikan sebelumnya, jangan sampai hanya karena rokok akan menimbulkan penyesalan dimasa depan jika terjadi hal buruk pada janin saat lahir ke dunia.

Sebagai perhatian bahaya merokok tidak hanya bagi mereka yang memang merokok tetapi bagi penghisap asap rokok yang dikenal perokok pasif juga berbahaya. Maka bagi wanita hamil yang tidak merokok juga harus menjauhkan diri dari asap rokok karena sebagai perokok pasif bukan tidak mungkin akan membahayakan kesehatan para calon ibu dan janin.