Mempersiapkan pendidikan seorang anak banyak yang beranggapan saat anak sudah mulai usia sekolah yaitu usia 6 tahun. Padahal pendidikan anak bisa dimulai sedini mungkin sejak si bayi berada didalam kandungan ibunya. Artinya kecerdasan anak bisa dibangun oleh ibu saat bayi di dalam kandungan melalui beberapa stimulasi, yang membangun pribadi cerdas dan sehat di tubuh bayi.

Stimulus yang bisa diberikan kepada bayi di dalam kandungan yaitu menurut Fitri Febri seperti yang dituangkan di situs www.dosenpsikologi.com;
Memberi sentuhan
Usapan dan sentuhan lembut yang diberikan oleh Moms dan Dads di perut akan menstimulasi kasih sayang dan rasa damai pada janin.
Apabila hal ini dilakukan secara berulang-ulang akan meningkatkan efek ketenangan dan kenyamanan pada janin walaupun saat berada dalam kandungan sehingga janin akan tumbuh lebih sehat dan aman di dalam kandungan.

Setelah lahir, fisik dan mentalnya akan kuat, juga akan terhindari dari ciri-ciri depresi terselubung, gangguan disosiatif, dan gangguan psikologis lain karena merasa disayang sejak kecil.
Anak yang menerima stimulasi sejak dalam kandungan kelak memi

liki kemampuan visual, pendengaran dan ketrampilan berbahasa serta motorik yang lebih baik. Demikian riset psikiater dan pakar perkembangan anak, Thomas R. Verny, Ph.D dan Rene van de Carr, MD, yang juga dikenal dengan bukunya “Cara Baru Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan”.

Melalui pemantauan USG 4 Dimensi, janin nampak muai mengeksplorasi sensasi sentuhan ini. Anda bisa melihat pada layar monitor saat janin memegang pipi atau menghisap jempol. Juga aksi gerak tangan dan kaki. Untuk latihan, Anda dapat memberi rangsang sentuhan pada bagian perut Anda yang tampak menonjol akibat desakan tubuh janin. Tunggu beberapa saat. Tak lama kemudian, janin biasanya akan “membalas” dengan menendang, meninju atau sekadar mengubah posisi. Menurut Anthony J. Descaper, peneliti asal Amerika Serikat, permainan ini dapat dilakukan sesering mungkin untuk memicu perkembangan respon dan kepekaan janin.

Memberikan Asupan Gizi Yang Baik & Cukup Untuk Bayi

menjaga makanan saat kehamilan dan memberikan asupan gizi yang baik untuk si bayi yang berada diperut sangat dibutuhkan memasuki usia 3-4 bulan. Sel-sel otak janin mulai terbentuk ketika di masa kehamilan 3 – 4 bulan. Mulai usia janin 6 bulan ke atas, jalinan hubungan antarsel otak pun terbentuk. Ini kemudian membentuk suatu rangkaian fungsi-fungsi. Di usia janin selanjutnya, kualitas dan kompleksitas rangkaian hubungan di antara sel-sel otak pun ditentukan oleh rangsang yang diberikan plus tentu saja, asupan gizi yang cukup.

Bagaimana Anda yang saat ini sedang mengalami proses hamil, tips tersebut bisa mulai Anda praktekkan untuk memacu kerja otak pada bayi didalam kandungan. Memilki anak pintar tentunya menjadi dambaan keluarga, maka sebaiknya perhatian akan pendidikan anak menjadi prioritas yang harus para orangtua perhatikan selagi di dalam kandungan. Kegiatan stimulus tersebut tentunya hampir tidak ada reskio dan tidak memerluka biaya. Sebaiknya bisa menjadi pertimbangan para ibu yang sedang hamil untuk memulai program stimulus kepada si bayi.