Beberapa ibu yang baru melahirkan mengeluhkan jika ASI-nya susah keluar atau belum keluar sama sekali. Jadi biasanya para ibu harus extra kerjakeras mengeluarkan ASI dari payudaranya, karena si bayi pasti sudah merengek kehausan mau minum ASI. Beberapa wanita Indonesia mengalami masalah saat ASI baru bisa dikeluarkan setelah 3 hari melahirkan. Sebenarnya masalah ini bisa diatasi sejak dini oleh para ibu saat menjalani masa kehamilan Ada beberapa cara agar ASI bisa keluar ketika bayi terlahir di hari pertama atau bahkan sebelum bayi lahir ketika masa kehamilan.

Berikut beberapa cara yang harus dilakukan para ibu pada masa kehamilan agar ASI mudah keluar.

Rajin Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Rajin mengkonsumsi sayuran hijau seperti katuk, dipercaya memperlancar ASI keluar dari payudara ibu, tetapi tidak selalu harus katuk. Perbanyak mengkonsumsi sayuran hijau dipercaya dapat memperlancar ASI.

Rajin Memijat Area Payudara

Rajinlah memijat area payudara agar mempermudah aliran ASI, dan lakukanlah sebelum tidur pada usia 7 bulan kehamilan.

Membersihkan Area Putting

Lakukan membersihkan putting pada payudara sesering mungkin dengan menggunakan tisu basah non perfumed atau waslap yang sudah di rendam air. Usahakan membersihkan hingga pori-pori pada putting membuka, dengan terbukanya pori-pori pada putting akan mempermudah air ASI keluar.

Menekan Area Putting (Memeras Putting)

Terakhir di usia 8 menuju 9 bulan usia kehamilan lakukan menekan putting seperti memras susu dan usahakan agar terlihat cairan bening keluar dari putting wanitaku. Jika sudah keluar cairan bening dari putting wanitaku maka itu tandanya ASI sudah bisa keluar ketika si bayi lahir dan menghisapnya untuk pertama kali setelah melahirkan.

Kegiatan ini sebaiknya dilakukan para ibu ketika memasuki usia kehamilan 7 bulan. ASI begitu pentingnya bagi si bayi karena saat pertama kali lahir si bayi akan menghisap colostrum yang merupakan cairan ASI pekat pertama kali yang sangat dibutuhkan oleh tubuh bayi. Namun tidak usah khawatir bagi para ibu yang ASI-nya belum keluar saat bayinya lahir di hari pertama, karena setelah lahir bayi memilki cadangan makanan pada perutnya selama 3 hari. Jadi si bayi bisa bertahan tanpa minum susu ASI selama 3 hari, dan setelahnya para ibu harus menyusui si bayi karena bayi sudah mulai haus. Nah para ibu yang ASI nya belum keluar setelah melahirkan memiliki waktu selama 3 hari untuk memaksa ASI-nya keluar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba para ibu hamil di Indonesia.