Menjadi jobless bisa saja bukan berarti tidak mendapatkan pekerjaan dan panggilan kerja. Bisa jadi seseorang jobless karena belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapannya. Atau bagaiaman jika jobless memang karena tidak ada panggilan kerja setelah hampir tiga bulan berburu pekerjaan dan melakukan apply sana sini belum juga mendapatkan hasil.

Baiknya perhatikan hal berikut saat melakukan apply CV ke sebuah perusahaan agar jobless bisa mendapatkan panggilan kerja, pekerjaan yang diinginkan, dan tentunya sesuai harapan.

Lakukan Registrasi di situs Lowongan Keja

Lakukan registrasi disemua situs online yang menyediakan dan menawarkan lowongan. Isilah data pribadi seakurat mungkin dan pastikan email dan nomor mobile yang dicantumkan sudah benar, karena perusahaan akan memanggil jobless melalui media email dan mobile phone. Pastikan email dan nomor mobile yang dicantukan masih aktif.

Saat ini situs yang menawarkan pekerjaan yang bisa jobless ikuti :

Kerjabilitas.com, jobstreet.co.id, karir.com, id.jobsdb.com, loker.web.id, jobindo.com

Membuat CV Yang Menarik

Buatlah CV semenarik mungkin agar para recruiter pada perusahaan yang jobless apply tertarik untuk membaca CV yang dikirimkan, ini sudah menjadi point yang bagus tentunya. Kebanyakan para recruiter sudah malas membaca CV apalagi yang tampilannya kurang menarik. Saat ini sudah banyak contoh-contoh CV yang menarik yang bisa jobless browsing di internet.

Salah satu web yang menyediakan contoh resume dan CV menarik yang bisa dicontoh oleh jobless di situs http://www.dumetschool.com .

Cantumkan Detail Pengalaman Kerja Pada CV

Sangat penting mencantumkan detail pengalaman yang kalian bekerja pada CV. Buatlah detail job dan tanggungjawab dari setiap pengalaman kerja yang jobless miliki. Ini akan membuat recruiter tertarik memanggil untuk test dan interview untuk melihat kemampuan jobless yang sebenarnya.

Pencantuman Standard Gaji Yang Sesuai

Maksudnya disini cantumkan standard kenaikan 50% hingga 70% dari gaji atau offering yang diminta dari gaji sebelumnya, so jangan banyak berharap dengan harga yang tinggi. Jika para jobless sudah mematok harga tinggi yang sudah tidak sesuai bisa jadi CV jobless sudah terlewat. Hal ini jika jobless hanya ingin melamar sebagai staff biasa sesuaikan maka kenaikannya seperti itu. Tetapi jika level jobless dalam mencari lowongan kerja adalah mengupgrade posisi seperti dari staff biasa melamar ke posisi supervisor dan manager maka kenaikan bisa mencapai 3 kali lipat dari gaji sebelumnya sebagai pegwai biasa. Maka sesuaikan offering yang diminta dengan kampuan perusahaan yang kalian apply.

Follow up CV ke Perusahaan yang Dilamar

Sebagian orang mungkin belum mencoba kegiatan follow up langsung CV yang jobless apply pada perusahaan. Ternyata bagi sebagian jobless yang melakukan kegiatan follow up ini menjadi sarana efektif untuk menawarkan serta melakukan reminder ke perusahaan tersebut atas CV yang jobless kirimkan. Banyak dari sebagian jobless mendapatkan pekerjaan dari seringnya melakukan follow up CV yang dikirim ke perusahaan yang di apply.

Lakukan Update Status Experience di Media Sosial

Update experience jobless di semua media sosial yang dimiliki, silahkan info jika jobless sedang mencari pekerjaan. Ngga usah takut atau malu ini bisa jadi kreatif yang belum diikuti banyak orang, karena media sosial adalah sarana bertemu dan berkenalan dengan banyak orang jadi bukan tidak mungkin jobless juga bisa mendapatkan tawaran dari media sosial yang tertarik dengan CV jobless.

Lakukan update status experience jobless di semua media sosial sperti : Twitter, Path, Facebook, Linkedin, Google Plus, Instagram.

Manfaatkan kolega dan Teman untuk mendaptkan Info Lowongan pekerjaan

Sering-sering melakukan komunikasi dengan teman baru atau lama akan membangun pengalaman yang jobless miliki. Bukan tidak mungkin kolega atau teman akan menawarkan pekerjaan yang sesuai harapan jobless, jadi ketika jobless dekati kolega dan teman sebanyak mungkin tanyakan lowongan kerja di perusahaan mereka.

Lakukan cara tersebutan katakana say goodbye dengan jobless.