Perkembangan teknologi pada gadget yang semakin pesat saat ini membuat para pengguna gadget colic berusaha untuk mengupdate gadget dan aplikasi terbaru. Namun berbanding terbalik bagi para orangtua yang menjadikan perkembangan teknologi pada gadget sebuah keresahan dalam mendidik anak-anaknya. Bisa kita lihat dan dengar banyak kasus-kasus yang terjadi pada anak dan masyarakat karena perkembangan teknologi pada gadget.

Gadget saat ini merupakan sarana yang bisa menggali semua informasi terutama bagi seorang anak. Pada masa anak-anak tentu rasa ingin tahu akan sesuatu lebih tinggi dibandingkan para orangtua, apalagi melihat barang seunik gadget. Dimana selain informasi tulisan, pada gadet bisa memfasilitasi video, bebagai aplikasi berupa game dan aplikasi yang berhubungan dengan pelajaran disekolah seperti kamus online.

Lalu bagaimana jika orangtua memfasilitasi anaknya dengan sebuah gadget?

Orangtua sah saja jika ingin memfasilitasi anaknya dengan sebuah gadget, namun ada baiknya penting untuk mempertimbangkan dan membatasi penggunaan gadget pada anak. Selain itu penggunaan gadget pada anak sebaiknya dimulai ketika anak sudah mulai sekolah dan mengerti tentang gadget. Baiknya gadget yang diberikan sesuai dengan kebutuhan serta umur anak.

Tentunya para orangtua yang memfasilitasi anaknya dengan gadget pasti memiliki sebuah alasan. Alasan mengapa orantua memberikan gadget pada anaknya:

  • Sebagai alat yang memudahkan untuk memonitor posisi anak.
  • Sebagai alat komunikasi antara orangtua dan anak secara verbal, yang memungkinkan semakin terbangunnya kedekatan keluarga.
  • Sebagai alat komunikasi yang memudah anak jika dalam kondisi darurat.
  • Sebagai alat untuk membantu anak mencari informasi yang dibutuhkan dalam hal positif jika para orangtua sedang sibuk dikantor.
  • Sebagai alat komunikasi pertemanan antar sekolah atau di luar sekolah bagi anak.

Membatasi Penggunaan Gadget Sejak Dini Pada Anak

Menerangkan maanfaat gadget pada anak

Pada saat orangtua memberikan gadget pada anak, maka haruslah menerangkan manfaat dari penggunaan gadget pada anak. Kemudian terangkan hal-hal yang bisa dilakukan melalui gadget. Terakhir beri ketegasan anak tentang batasan waktu penggunaan gadget.

Pilihlah gadget yang sesuai untuk usia dan kategori anak

Teknologi digital yang semakin upgrade pada sebuah gadget, maka sebagai orangtua harus pintar memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan dan usia anak. Misalnya untuk anak yang masih bersekolah di Sekolah Dasar cukup dengan gadget yang standar, seperti: sederhana bentuknya, ringan, dan terjangkau. Karena anak biasanya kurang memperhatikan atau menjaga barang miliknya terutama gadget yang riskan dengan pecah atau kerusakan ketika salah menekan tombol pada aplikasi.

Tunjukkan contoh menggunakan gadget yang baik & bijak

Pada kegiatan sehari-hari sebagai orangtua yang kegiatannya tidak lepas dari penggunaan gadget, sebaiknya tunjukkanlah bijak dalam menggunakan gadget didepan anak. Dengan demikian anak akan mencotoh bijak dalam penggunaan gadget. Misalnya ketika waktunya makan malam bersama keluarga sebaiknya anda sebagai orangtua mencontohkan pada anak untuk tidak memainkan gadget, dan mengajak anak mengobrol tentang kegiatan di sekolah.

Rutin mengecek gadget anak

Dalam hal ini para orangtua harus rajin mengecek aplikasi-aplikasi yang terdapat pada gadget anak. Lakukan pengecekan ini setiap hari saat sebelum berangkat sekolah dan pulang sekolah. Berikan contoh penggunaan aplikasi apa saja yang boleh dan tidak boleh di mainkan atau digunakan oleh anak. Berikan informasi pada anak mengapa aplikasi tersebut tidak boleh di mainkan.

Batasi dengan waktu penggunaan gadget pada anak

Untuk kegiatan ini para orangtua harus tegas menerapkan pembatasan waktu penggunaan gadget, misalnya waktunya pada pukul 4 sore sampai 6 sore. Setelahnya para ibu bisa menonaktifkan wifi atau mencabut kartu internet pada gadget, namun untuk kegiatan ini sebaiknya para ibu juga mencontohnya dengan tidak bermain gadget atau berinternet pada jam tersebut.

Perbanyak kegiatan bersama tanpa gadget

Untuk hal ini sebaiknya para ibu lebih sering berinteraktif dan berkomunikasi bersama anak disaat waktu luang. Akan lebih baik para ibu membuat suatu kegiatan yang khusus dilakukan bersama untuk sejenak melupakan penggunaan gadget. Lakukanlah explore diri dalam melatih perkembangan anak dengan mengikuti seminar, melakukan browsing internet, dan sharing bersama teman-teman atau masuk grup diskusi.

Lakukan kontrol saat anak menggunakan gadget

Saat anak menggunakan gadget sebaiknya para ibu memperhatikan kontent yang dibaca oleh anak. Sebisa mungkin lakukan kontrol saat anak membuka situs-situs saat melakukan browsing di internet. Dan para ibu bisa meenggunakan feature filter pada aplikasi Yotube dan mesin pencari informasi seperti Google dan Yahoo.

Bagi para orangtua sebenarnya masih banyak cara yang bisa membatasi saat anak menggunakan gadget, yang paling penting adalah bagaimana anda sebagai orangtua menjadikan gadget sebagai sarana perkembangan bagi anak kearah positif. Ada baiknya anda juga melakukan update informasi dalam penggunaan gadget, agar saat anak bertanya atau melakukan sesuatu pada gadgetnya. Maka anda sebagai orangtua dapat mengerti kegiatan yang sedang dilakukan oleh anak, apakah anak melakukan kegiatan positif atau negatif. Belajarlah untuk bijaksana dalam bertutur kata ketika anak melakukan kesalahan dalam pembatasan gadget yang telah anda informasikan dan terapkan. Hal ini agar anak mampu menyerap apa yang anda maksud sehingga anak akan mulai belajar memfilter setiap informasi yang ditemukan atau di carinya.