Serial Number adalah sekumpulan karakter unik yang terdiri dari kombinasi alfabet dan numerik (alfanumerik) yang biasanya menjadi penanda suatu barang yang diproduksi tentuny berbeda-beda meskipun jenis barangnya sama. Serial number juga umumnya digunakan sebagai kunci software berbayar dan bisa didapatkan pengguna setelah membeli software yang biasanya kita sebut nomor license dan contohnya pada software Microsoft dan Linux.

Pada setiap notebook pasti memiliki sebuah serial number dan berbeda kode walupun jenis barangnya sama. Serial number ini penting karena bisa anda bisa pergunakan untuk mengecek apakah produk notebook yang kamu beli merupakan produk unit dengan garansi Indonesia dan sesuai dengan spek yang di informasikan. Kode serial number pada notebook bisanya secara kasat mata bisa ditemuka pada bagian bawah unit berupa setiker berisi kode SN dan barcode seperti pada contoh dibawah ini:

Bagaimana jika stiker laptop hilang dan tiba-tiba notebook anda rusak.

Diantara anda pasti pernah mengalami notebook rusak dan tiba-tiba stiker serial number notebook tersebut hilang atau sudah tidak jelas, sedangkan anda membutuhkan data SN unit notebook anda untuk melakukan service ke service center resmi karena unit masih dalam masa garansi. Sebagai informasi jika kalian melakukan kontak ke callcenter dari brand notebook anda untuk melaporkan kerusakan dan menanyakan sesuatu pasti kode serial number yang akan ditanyakan pertama kali oleh callcenter. Karena dengan kode serial number callcenter akan mengetahui warranty, spek, dan melakukan open tiket pada system.

Jangan khawatir jika serial number unit sudah tidak ada atau tidak nyata lagi, karena anda bisa mengecek kode serial number pada System Operasi. Berikut ini caranya:

Pertama : Buka Command Prompt

  • Windows 8: klik logo Window + F >> pada kolom search ketikan cmd >> pilih Apps pada pilihan di bawahnya. lalu pilih cmd lagi pada tampilan di sebelah kiri.
  • Windows 7 dan XP hampir sama dari Start >> search >> ketik

Kedua : Ketik wmic bios get serialnumber

Ketiga : Tekan Enter

Dan ini untuk tambahan, jika mencari tahu seri model komputer anda

> ketikkan wmic csproduct get name