Bau kaki yang mengganggu tentunya akan membuat wanitaku minder saat orang sekitar mencium bau kaki. Pasti wanitaku akan cepat-cepat mencuci kaki agar bau kaki tidak tercium dan menghilang. Namun bagaimana jika orang disekitar anda tahu jika bau kaki itu dari kaki anda, betapa malunya dan minder sudah pasti atau yang lebih parah menjadi bahan ejekkan. Sebelum itu terjadi dan anda adalah orang yang memiliki masalah dengan bau pada kaki.

Bau kaki dapat dihilangkan secara alami dengan cara berikut :

Merendam kaki pada air hangat

Kegiatan merendam kaki dipercaya membunuh bakteri atau jamur pada kaki yang disebabkan oleh keringat berlebih pada kaki saat menggunakan sepatu atau sandal. Merendam kaki ini tentunya dengan menyiapkan air hangat sebanyak 2 liter yang sudah di siapkan di sebuah wadah dengan ditaburi 2 sendok garam. Lakukan kegiatan ini 2 kali sehari selama 15 menit setelah selesai beraktifitas seharian. Setelahnya tepuk-tepuk kaki dengan menggunakan handuk dan bungkus kaki dengan menggunakan handuk tersebut selama 10 menit.

Menggunakan kaos kaki berbahan tebal

Biasnya sebagian dari wanita tentunya jarang menggunakan kaos kaki saat beraktifitas, ternyata penggunaan kaos kaki ini bermanfaat. Bau pada kaki bisa hilang jika menggunakan kaos kaki berbahan tebal dan jangan menggunakan kaos kaki berbahan tipis yang tidak menyerap keringat karena ini akan menambah bau pada kaki dan kaos kaki yang digunakan. Gantilah kaos kaki minimal 2 hari sekali tetapi jika sudah aga basah akibat terkena gerimis hujan atau sudah lembab pada hari pertama silahkan diganti kaos kaki baru pada hari berikutnya. Bagi wanita yang belum terbiasa menggunakan kaos kaki gunakanlah karena banyak manfaat kesehatan dan kebersihan pada kaki.

Mencuci kaki sesering mungkin

Lakukan mencuci kaki dengan sabun khusus area kaki sesering mungkin terutama setelah selesai beraktifitas di luar. Misalnya pada saat sampai dikantor anda bisa meluangkan 10 menit untuk mencuci kaki menggunakan sabun dan setelahnya bisa dilap hingga kering, jangan biarkan kaki dalam keadaan basah menggunakan sepatu dan kaos kaki. Hal ini akan menimbulkan jamur pada kaki anda. Bagi anda para muslim saat melakukan wudhu bisa menyempatkan membersihkan kaki dengan menggunakan sabun kaki. Selain dicuci lakukan sikat pada daerah telapak kaki dengan menggunakan sikat khusus kaki, karena area telapak kaki paling banyak menghasilkan keringat saat beraktifitas.

Memotong kuku kaki

Perhatikan kuku pada kaki, selain kuku pada tangan ternyata kuku pada kaki juga harus diperhatikan. Jika sudah pajang dan banyak kumpulan kotoran pada sudut kanan dan kiri jari kaki itu tandanya kuku anda harus segera dipotong agar bersih. Kotoran pada kuku juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya bau pada kaki, karena kaki yang berkeringat dan tertutup oleh sepatu maka akan membuat lembab area kaki yang menyebabkan lembab dan kotoran kaki menjadi bertambah bau.

 

Hindari penggunaan Sepatu Plastik

Saat ini penggunaan sepatu plastic memang menjadi trend bagi kaum wanita, namun salah satu penyebabk bau pada kaki bisa diakibatkan pada penggunaan sepatu plastic. Mengapa ? Karena pengunaan sepatu plastic tidak dapat menyerap keringat yang keluar dari telapak kaki sehingga kaki menjadi lembab dan bau ditambah debu di jalan saat beraktifitas. Jika anda ingin menggunakan sepatu berbahan plasik ada baiknya gunakan kaos kaki juga yang berbahan tebal supaya keringat pada kaki bisa terserap oleh kaos kaki yang digunakan. Sebaiknya disarankan untuk memilih sepatu berbahan kulit atau kanvas yang memungkinkan untuk kaki bernapas dan tidak berkeringat sehingga terhindar dari bau pada kaki.

Penyebab dari bau kaki ini sebenarnya dari tidak terdapatnya sirkulasi udara pada sepatu yang digunakan, sehingga kaki yang beraktifitas dan mengeluarkan keringat tidak bisa bernapas dan menjadi tidak lembab. Kemudian timbulah bau pada kaki yang disebut Bromohidrosis. Sebenarnya bau pada kaki tidak akan datang jika kita rajin menjaga kebersihan pada kaki untuk tetap lembab dan kering.