Cara Mudah Membersihkan Kloset Dari Noda Berkerak

Sudah sebulan kamar mandi belum dibersihkan sudah pasti banyak noda kerak yang menempel pada dinding, kloset dan lantai kamar mandi. Umumnya noda berkerak pada dinding dan kloset dikamar mandi akibat pengumpulan sabun yang terkena air dan tetesan air ini yang mengalir mengering dan menjadikan noda berkerak di area porselen. Sebenarnya kapan ya waktu yang tepat membersihkan kamar mandi ?

Kamar mandi dirumah sebaiknya rutin dibersihkan setiap seminggu sekali jika perlu setiap hari disempatkan sebelum mandi. Kita tahu kamar mandi adalah tempatnya kuman tumbuh. Jika seminggu lebih tidak dibersihkan bahkan hingga sebulan yang ada kuman akan tumbuh dan noda kerak atau jamur akan sulit dibersihkan. Jika sudah begini maka effort membersihkan akan sulit sekali dan tenaga yang dikeluarkan banyak untuk menggosok membersihkan noda kerak pada dinding, koslet dan lantai di kamar mandi.

Berikut cara membersihkan kamar mandi dari noda yang berkerak.

Keluarkan semua barang dari kamar mandi

Sebelum membersihkan dan agar mudah saat membersihkan bagian-bagian ruang dikamar mandi, sebaiknya semua barang yang ada dikamar mandi dikeluarkan. Seperti ember, gayung, dan perlengkapan mandi (sabun, sampo, pasta gigi dan sikat gigi).

membersihkan closet

Semprotkan sabun cair khusus pmebersih porselen

Caranya semprot sabun ke area dinding kamar mandi yang berkerak, pada porselen yang berkerak dan lantai kamar mandi yang sudah berkerak atau licin karena sabun. Kemudian diamkan sekitar 10 menit hingga agak mengering pada area yang sudah disemprot.

 

Sikat kamar mandi

Setelah sabun cair agak mengering sikat dinding kamar mandi, koslet dan lantai. Usahakan saat menyikat kamar mandi menggunakan masker penutup hidung dan mulut karena biasanya cairan pembersih porselen mengeluarkan bau yang agak menyesakkan napas. Selain itu saat menyikat usahakan pintu kamar mandi dalam keadaan terbuka agar udara masuk dan anda bisa mudah bernapas. Pada bagian lubang pembuangan di kloset usahakan menggunakan sikat khusus pembersih koslet yang bisanya diujungnya bulat dengan gagang panjang.

Siram menggunakan selang

Setelah selesai disikat siram semua area kamar mandi dengan menggunakan selang air dengan tehnik menyemprot. Saat menyemprotkan air usahkan sambil menyikat area yang sedang disemprot. Ini akan mempermudah noda kerak hilang dan terbawa air.

Bersihkan alat-alat kamar mandi

Sebaiknya bersihkan terlebih dahulu alat-alat kamar mandi sebelum digunakan kembali dengan menggunakan sabun cair pembersih porselen dan sikat. Cuci bersih dengan air hingga botoel pembersih porselen tidak menempel pada alat-alat mandi dan sesudah selesai dibersihkan alat mandi bisa digunakan kembali.

Gunakan pewangi kamar mandi

Setelah bersih jangan lupa biar kamar mandi wangi dan segar siramkan pewangi kamar mandi seperti karbol.

Jadi tidak perlu khawatir dengan noda berkerak pada kamar mandi akan menempel dan menjadikan kamar mandi terlihat kotor walaupun sudah dibersihkan. Semuanya bisa ditangani oleh sabun cair pembersih porselen, kamar mandi kita bersih wangi dan seperti baru.