Kegiatan menulis bagi seorang blogger atau content publisher adalah bagian dari sebuah komitmen untuk mendapatkan penghasilan. Penghasilan yang didapat dari seorang blogger atau publisher konten tentu dengan menulis sebuah artikel atau aktivitas sang penulisnya. Pastinya seorang blogger pun akan merasakan jenuh atau bosan dengan aktivitas menulisnya, apalagi jika aktivitas tersebut rutin dilakukan di dalam ruangan misalnya rumah sendiri atau kamar pribadinya.

Jika sudah jenuh maka ide akan sulit keluar walupun terkadang terlintas dipikiran. Ini menyebabkan anda untuk  berhenti menulis karena rasa mengeluh bosan dan jenuh. Jika sudah berhenti menulis maka ide baru akan semakin sulit didapat walaupun anda memaksakan menulis, karena hasil tulisan tidak akan maksimal. Maka anda perlu mencoba suasana baru ketika menulis. Bagaiaman jika anda mencoba suasana menulis di luar ruangan.

Untuk memulai menulis di ruangan terbuka saat ini banyak sekali tersedia tempat-tempat bersantai seperti taman, suasana coffee shop, dan rest area di mall yang sudah dilengkapi oleh wifi. Jadi tidak perlu khawatir anda tidak bisa berinspirasi untuk menulis jika tidak ada akses internet. Nah anda perlu melakukan survey tempat tentunya untuk mendapatkan suasana menulis di luar ruangan yang sesuai dengan keinginan anda.

Saya sebagai seorang blogger merekomendasikan menulis dihalaman rest area Summarecon Mall Serpong yang berlokasi di Tangerang. Mengapa demikian karena sejujuranya beberapa artikel yang muncul di blog saya ini hasil menulis di loaksi tersebut, mungkin anda bisa mencobanya. Suasana yang akan anda dapatkan disana tentunya nyaman untuk menulis walaupun banyak lalu lalang orang, tempat makan yang dekat, akses free wifi yang cepat jadi inspirasi atau ide menulis terkadang muncul dengan melihat keadaan sekitar.

Tempat yang cocok untuk menulis di luar ruangan tentunya harus memiliki suasana dan fasilitas sebagai berikut:

  • Suasana ruangan yang sejuk dan nyaman saat menulis walaupun banyak orang berlalu lalang atau berbicara.
  • Mudah mendapatkan makanan yang anda sukai di sekitar tempat menulis.
  • Memilki fasilitas free wifi yang cepat atau bisa diakses.
  • Tempat yang bersih tentu akan membuat anda betah beralama-lama menulis.
  • Memiliki fasilitas toilet.
  • Dilengkapi fasilitas untuk mencahrge battery laptop dan hp.
  • Dilengkapi dengan suara musik, tentu akan menambah inspirasi menulis.

Jika tempat yang anda pilih sudah sesuai maka anda harus langsung mencoba memaksakan menulis ditempat tersebut. Awalnya mungkin akan merasa bingung dan lebih sering memperhatikan daerah sekitar atau bahkan memilih untuk melihat-lihat model baju terbaru jika anda memilih rest area mall. Balik lagi ke niat anda yang awalnya ingin memulai menulis, tentu gangguan ini tidak akan mudah merasuk bagi para blogger yang sudah merasakan hasil dari menulisnya, karena anda membutuhkan ide untuk terus menghasilkan uang dari artikel-artikel yang anda tulis.

Sensasi yang akan anda dapatkan saat menulis diluar ruangan yaitu ide menulis akan muncul begitu saja. Lalu bagaimana ide itu muncul, tentu bukan karena tidak sengaja ini karena aktivitas kebingungan anda di awal.

Ide menulis muncul dari melihat lingkungan sekitar

Saat anda memutuskan menulis diluar ruangan dan anda berdiam ditempat yang sudah dipilih, tentu anda akan melihat keadaan lingkungan di sekitar anda. Anda tanpa sadar akan melihat dan memperhatikan aktifitas setiap orang dilingkungan tersebut. Seperti anda melihat anak-anak muda yang berkumpul sambil bermain gadget atau mendiskusikan sesuatu, ini bisa menjadi ide menulis tentang apa yang dialukan anak muda datang ke tempat tersebut dan apa yang didiskusikan atau di bicarakan biasanya. Bukan akh itu sebuah ide menulis yang bisa anda tuangkan menjadi sebuah artikel menarik.

Ide menulis muncul dari aktifitas browsing

Memilih menulis di luar ruangan dengan dilengkapi fasilitas free wifi yang bagus tentu anda bisa mencoba untuk browsing internet untuk mendapatkan sebuah ide menulis. Lokasi yang fresh untuk memulai menulis dan melakukan browsing di internet tentu akan memudah kan anda mencari ide. Ide menulis bisa muncul dari membaca sebuah artikel lalu anda mengembangkan artikel tersebut menjadi lebih baru, merecycle  artikel lawas di blog anda, melihat gambar-gambar atau melihat news pada sebuah portal.

Ide menulis muncul saat anda menulis ditemani makanan favorit

Menulis ditemani makanan favorit anda tentu akan semakin menyenangkan, bisanya ini dilakukan oleh para blogger yang khusus mengupas tentang dunia kuliner. Tapi cobalah bagi anda para blogger menulis di luar ruangan sambil mencicipi makanan favorit anda. Ide menulis tentu akan muncul, misalnya menulis lokasi tempat makan favorit anda dan pilihan menunya. Namun jika anda buka menulis blog tentang kuliner misalnya tentang dunia otomotif anda bisa menulis mungkin tentang keistimewaan mobil atau motor yang tidak sengaja terpakir di depan tempat anda makan.

Bagaimana apakah anda sudah memilih tempat dan menentukan dimana serta kapan anda akan memulai menulis di luar ruangan? Karena ide menulis itu sebenarnya kita yang menciptakan akapan akan datang dan dimana. Semua tergantung kemauan kita untuk menggali potensi menulis kita sebagai seorang blogger atau konten publisher. Jika anda belum mencoba maka jangan pernah mengatakan tidak mungkin atau pasti rasanya akan sama saja jenuhnya. Cobalah hal-hal menarik yang membangun keratifitas anda dalam menulis artikel sehingga artikel yang tersaji akan selalu fresh dan orisnil dan ini yang ditunggu oeleh para viewers blog anda