Rutinitas dan pekerjaan sehari-hari seringkali membuat kita lupa menikmati hidup. Kita menjadi lebih mudah mengeluh dan lupa mensyukuri keindahan hidup. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk lebih menikmati hidup ini.

  1. Hidup saat ini

Hidup di saat sekarang adalah hidup dengan tidak berlebihan memikirkan masa yang akan datang dan juga memikirkan apa yang telah berlalu. Karena esok hari belum tentu datang dan hari kemarin sudah pergi. Hiduplah untuk hari ini. Bekerja sebaik mungkin, berbuat baik setulus mungkin, dan belajar apapun yang bisa dipelajari hari ini dengan penuh perhatian. Perhatikan dan dengarkan sekitar kita. Orang-orang yang kita temui, peristiwa-peristiwa yang kita alami, buku-buku/artikel yang kita baca semuanya tidaklah kebetulan. Ada banyak sekali pelajaran dan hikmah berharga yang tidak boleh kita abaikan begitu saja. Ambil semua kesempatan yang bisa membuat kita terus berkembang menjadi lebih baik.

  1. Berpetualang

Berpetualang tidak perlu harus keluar kota atau keluar negeri. Berpetualang berkeliling dunia bisa dimulai dari langkah kecil dengan berjalan-jalan di sekitar lingkungan kita. Pergi ke taman kota, ke kebun bunga dekat rumah, atau ke tempat umum lainnya. Jika memiliki dana lebih, kamu bisa menginvestasikannya untuk berwisata ke tempat yang lebih jauh. Ada banyak kebijaksanaan yang dapat kamu ambil dari berpergian ke tempat lain. Berpetualang akan membuka wawasan dan pikiran lebih luas dan menjadikan kita lebih mencintai keberagaman dan meningkatkan kekaguman kita pada Sang Pencipta.

  1. Memaksimalkan Panca Indera

Kita dianugrahkan oleh Tuhan berupa panca indera yang dengannya kita dapat mengenali dunia luar kita. Dengan memaksimalkan panca indera kita, kita akan lebih menikmati hidup ini. Mulai dari hal-hal kecil seperti mendengarkan kicauan burung di pagi hari, melihat pemandangan-pemandangan disekitar kita, meraba sofa yang kita duduki, mengecap makanan yang kita santap dengan seksama, serta mencium aroma air hujan yang membasahi tanah. Apapun yang kita rasakan, cobalah untuk menikmatinya sambil menyadari bahwa kita sedang menjalani hidup yang sudah Tuhan anugrahi.

  1. Sadar Akan Nafas

Menyadari nafas kita adalah sesuatu yang jarang kita lakukan. Padahal menyadari nafas adalah hal yang paling dekat dengan kita. Nikmat terbesar dari Tuhan yang sudah diberikannya kepada kita. Luangkanlah waktu 5 – 10 menit untuk mengambil nafas secara sadar. Bisa dilakukan di pagi hari atau disaat waktu senggang. Hal ini dapat kamu lakukan sambil duduk dengan tenang atau berbaring. Mengambil nafas dengan perlahan-lahan dan menghembuskannya membuat badan menjadi lebih rileks dan tenang. Hal ini akan berpengaruh dengan kesehatan jiwa dan raga kita.

  1. Menyalurkan Hobi

Luangkanlah waktu untuk menyalurkan hobimu. Kamu bisa memperdalam atau mempelajari lagi hal-hal yang kamu sukai. Misalkan kamu memiliki hobi fotografi, ambillah gambar mulai dari objek-objek terdekat, bisa lingkungan sekitar atau apapun dengan menggunakan kamera ponselmu. Kamu bisa melihat-lihat rekomendasi dan tips-tips di internet mengenai cara mengambil gambar yang baik. Atau kamu bisa mencoba resep baru dari internet buat kamu yang hobi memasak. Dengan begitu, jiwamu akan lebih merasa bahagia dan terlepas dari rutinitas harian yang kadang membuat jenuh pikiran.

  1. Merenungi Tujuan Hidup

Terlalu banyak rutinitas membuat kita terlena mengikuti arus dan melupakan tujuan hidup kita. Merenungi tujuan hidup kita bisa kita lakukan saat pagi hari ataupun pada malam hari setelah beraktivitas. Dengan memiliki tujuan hidup, hidup kita lebih terarah. Ambillah secarik kertas dan tulislah apa-apa yang ingin kamu capai dalam hidup ini. Renungkanlah, untuk apa sebenarnya selama ini kerja keras yang sudah dilakukan. Renungkanlah, mengapa kita berada di dunia ini. Renungkanlah, apa saja yang bisa kita lakukan agar tujuan hidup kita tercapai. Karena sejatinya hidup ini hanya sebentar dan akan ada kehidupan lagi setelah ini, sudah seharusnya kita menata hidup agar lebih terarah dan tidak menyesal di kemudian hari.

  1. Bersyukur

Sudah menjadi sifat dasar manusia bahwa manusia adalah makhluk yang mudah mengeluh. Oleh karena itu, kita harus belajar bersyukur setiap waktu. Mulai dari membuka mata di pagi hari hingga ingin tidur di malam hari. Semua hal yang kita lalui, makanan dan rezeki yang kita terima, orang-orang yang kita temui, dan berbagai peristiwa yang kita alami semuanya harus kita syukuri. Minimal bersyukur masih diberikan kesempatan hidup agar dapat berbuat baik lebih banyak lagi. Bersyukur dapat dilakukan dengan ucapan dan perbuatan. Berterimakasihlah pada orang-orang yang telah berbuat baik kepada Anda hari ini. Berterimakasih kepada manusia adalah salah satu wujud syukur kita kepada Tuhan. Membantu sesama dan memudahkan urusan orang lain juga menjadi wujud syukur kita kepada Tuhan untuk kesempatan hidup dan berbuat baik sebanyak-banyaknya semampu kita. Bersedekah, tersenyum, memasang wajah berseri-seri, menjaga ucapan kita adalah cara sederhana untuk mewujudkan rasa syukur kita. Tuhan sudah menganugerahkan kehidupan dan mencukupi segala kebutuhan kita, maka sudah sepatutnya kita berterimaksih kepada-Nya di setiap kesempatan dan di setiap waktu.

Mulai saat ini, nikmati hidupmu tanpa harus menunggu nanti. Setiap hari setiap saat kamu selalu dapat menikmati hidup ini. Semangat.

 

Created by: Isna Hanifah