Hardisk adalah alat penyimpanan pada perangkat komputer, semua data, system, dan aplikasi tersimpan di dalamnya. Keamaan dan juga kelancaran berputarnya system dan data di dalam Hard disk dipengaruhi oleh kondisi hard disk di komputer. Sebuah hard disk di komputer dinyatakan bagus jika perputaran data masuk dan keluar terbaca dengan cepat. Sebaliknya sebuah Hard disk dinyatakan rusak juga system di komputer sulit  untuk membaca system dan data yang ada di komputer.

Keruskan Hard disk pada komputer tergantung tingkat kerusakannya, semakin tingkat kerusakanya parah komputer tidak akan bisa bekerja dengan maksimal dan akan menggalami banyak gangguan seperti salahsatunya bluescreen ataupun yang paling parah hard disk stuck tidak bisa berjalan atau berputar sama sekali akibatnya semua data dalam hardisk tidak bisa di ambil dan di pergunakan lagi alias corupt.

Namun Anda sebagai pengguna baru sebenarnya bisa mengenali tanda-tanda kerusakan pada Hard disk komputer sendiri secara mudah. Berikut beberapa tanda-tanda kerusakan hard disk yang bisa Anda kenali.

Terdengar Hardisk Bersuara Kencang

Ada suara keras dan biasanya di barengin ada suara seperti gesekan besi di dalam hardisk dan biasanya suaranya sangat berisik. Ini menandakan Hard disk sudah rusak dan corrupt secara data di komputer tidak akan bisa terbaca lagi.

Hard disk Mengeluarkan Suara Tik Tik

Pernah dengar suara tik-tik saat komputer sedang booting. Jika Anda mendengar suara seperti ini dari dalam mesin komputer, ini menandakan perangkat atau komponen di dalam hard disk yang lepas sehingga memunculkan suara yang aneh.Tentunya berakibat pada kerusakan hard disk di komputer.

Hardisk Mengeluarkan Hawa Panas

Tanda lainnya bahwa rusaknya hard disk komputer yaitu munculnya hawa panas yang sangat, biasanya panasnya hingga ke body komputer bagian bawah. Anda bisa mengetesnya dengan memegang bagian bawah komputer jika panas sekali ada baiknya segera lakukan pengecekan pada hard disk komputer Anda.

Data Tidak Terbaca Saat Komputer Booting

Setelah Anda menyalakan komputer akan muncul tampilan logo brand komputer, system akan langsung masuk ke dalam system windows yang kadang tidak bisa karena komputer akan melakukan loading yang cukup lama. Ini salah satu tanda hard disk mengalami kerusakan dan akibatnya tidak bisa membaca system dalam hardisk ataupun masuk ke operating system pada komputer.