Salah satu kanker yang mulai banyak mnyerang para wanita adalah Kanker Serviks. Menurut www.alodokter.com pengertian kanker serviks merupakan salah satu penyakit berbahaya yang menyerang kaum wanita. Agar terhindar dari bahaya kanker serviks, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri kanker serviks sejak dini.

Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah penyakit kanker yang menyerang leher rahim pada organ reproduksi wanita, dan disebabkan oleh Human Papilloma Virus atau HPV. Kondisi ini umumnya disadari ketika telah memasuki stadium lanjut. Karena itu, selain melakukan pemeriksaan rutin, Anda perlu mengamati berbagai ciri-ciri kanker serviks, agar bisa dikenali sejak dini dan dilakukan pengobatan secepatnya.

Menjaga dan merawat daerah kesehatan wanita, penting dilakukan karena mencegah tumbuhnya bakteri, kuman dan HPV (Human Papillomavirus) atau lebih dikenal dengan kanker serviks. Awalnya kanker serviks tidak memperlihatkan gejala.

Kenali Gejala Kanker Serviks

Jangan anggap remeh jika mengalami masalah keputihan. Walaupun ada kondisi dimana keputihan muncul, seperti menjelang haid, kelelahan, hormone dsb. Namun jika cairan putih keluar berlebihan dan tidak normal bisa jadi merupakan gejala kanker serviks. Gejala lainnya adalah mengalami pendarahan saat berhubungan intim, berat badan turun drastis.

Cara Mencegah Kanker Serviks

Kanker serviks menjadi salah satu penyebab kematian wanita di dunia urutan kedua setelah penyakit jantung. Oleh sebab itu, penting bagi setiap wanita menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dengan menjaga kebersihan di area kewanitaan, di antaranya:

  1. Tidak berganti-ganti pasangan dalam berhubungan intim.
  2. Rajin membersihkan daerah intim dan area sekitarnya.
  3. Bagi yang belum pernah berhubungan intim bisa melakukan vaksin Human Papillomavirus (HPV).
  4. Makan makanan dan minum minuman yang sehat.
  5. Mengganti pembalut minimal 2-3 kali sehari pada waktu haid.
  6. Mengganti celana dalam setiap hari.
  7. Menggunakan celana dalam yang bahannya mampu menyerap keringat dan nyaman.
  8. Menghindari stres.

Demikian gejala dan cara mencegah penyakit serviks. Selain menjaga diri sendiri penting juga memnjaga kebersihan lingkungan rumah dan menyempatkan olahraga di sela-sela kesibukan. Semoga bermanfaat.