Sudah pernah dengar tentang buah bit atau beetroot dalam bahasa inggris ini sejenis ubi yang masukd dalam kelas Beta vulgaris dan subspecies group Vulgaris Conditiva. Buah bit ternyata berasal dari Negara Amerika dan Inggris. Kini buah tersebut masuk di Indonesia dan bisa di temukan di supermarket.

 

Bentuk dan Tekstur Bagian dalam Buah Bit

 

Bentuk dari buah bit ini menyerupai ubi jalar merah yang biasa kita temui di pasar, namun bedanya pada buah bit biasanya lapisan kulit luar tidak terlalu tebal dan kulit serta isinya berwarna merah pekat seperti darah. Biasnya di supermarket kalian bisa menenuai buah bit yang dikemas disertakan dengan sedikit batang daunnya. Bagian dalam buah bit unik karena terdapat jaringan yang melingkar seperti arus air yang berwarna agak pink putih dan bisa jadi ini adalah serat dari buah bit.

 

Kandungan buah bit

Pada buah bit memiliki banyak kandungan yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia jika dikonsumsi secara rutin. Ada 10 macam kandungan pada buah bit yang penting untuk tubuh manusia.

  1. Mengandung asam folat sebesar 34% yang berfungsi menumbuhkan sel-sel baru pada darah dan mengganti sel-sel lama yang telah rusak dalam tubuh manusia.
  2. Mengandung kalium sebesar 14% yang memiliki fungsi memperlancar keseimbangan cairan di dalam tubuh manusia.
  3. Mengandung serat sebesar 13.6% yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan tubuh manusia
  4. Mengandung Vitamin C sebesar 10,2% yang memiliki fungsi menumbuhkan jaringan pada tubuh dan menormalkan saluran darah.
  5. Mengandung magnesium sebesar 9.8% yang memiliki fungsi menjaga otot dan syaraf pada tubuh manusia.
  6. Mengandung Triftofan 1.4%
  7. Mengandung Zat Besi sebesar 7.4% yang memiliki fungsi untuk penambah energy pada tubuh.
  8. Mengandung Tembaga sebesar 6.5% yang memiliki fungsi membentuk sel darah merah baru yang dibutuhkan tubuh manusia.
  9. Mengandung Fosfor sebesra 6.5% yang berfungsi untuk penguatan pada tulang atau zat yang dibutuhkan pada tulang manusia.
  10. Mengandung caumarin dan betasjanin, memiliki fungsi untuk pencegahan sel kanker dan tumor pada tubuh manusia.

Dengan kandungan buah bit yang begitu banyak tentunya membuat kalian tertarik untuk mengkonsumsinya dan ini adalah kandungan pada satu buah konsumsi jika kalian mengkonsumsinya.

 

Manfaat buah bit bagi ibu hamil

 

Setelah kandungan sekarang saatnya menjelaskan manfaat yang kalian dapatkan dari mengkonsumsi buah bit setiap hari khususnya bagi kalian yang sedang hamil. Buah bit dipercaya memiliki khasiat menaikkan kadar HB dalam darah pada tubuh manusia terutama kalian yang sedang hamil. Tentunya HB normal yang harus dimiliki oleh wanita hamil adalah 10 – 11, namun beberapa dari kalian pasti pernah mengalami HB rendah atau dibawah normal saat mengandung setelah melihat hasil cek darah. Banyak cara sebenarnya untuk menaikkan HB pada tubuh manusia seperti banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan protein contoh yang disarankan oleh pakar gizi yaitu makan daging, sayuran, ati, dan susu. Beberapa dari kalian pasti ketika HB dinyatakan rendah akan disarankan untuk melakukan infus venover yang merupakan salah satu cara meningkatkan HB pada tubuh, tetapi bagaimana jika HB belum juga naik. Tentu tidak ada salahnya mengkonsumsi buah bit secara rutin setiap hari dan penulis sudah membuktikannya. Dengan mengkonsumsi rutin saat hamil jus buah bit dipercaya menaikkan HB yang dengan HB awal adalah 7,3 dan menjadi 9 saat proses kelahiran.

Dijelaskan sedikit mengapa HB wanita hamil harus 10 – 11 disaat melahirkan karena ini menghindari pendarahan pada proses melahirkan nantinya. Namun tidak perlu khawatir karena biasanya dokter akan menyarankan untuk transfusi darah sesudah melahirkan bagi kalian yang memiliki HB rendah saat melahirkan. Jika HB kalian tetap rendah saat proses melahirkan hal tersebut dikarenakan gagal terbentuknya sel darah merah pada tubuh, tapi usahakan tetap rileks dan biarkan dokter kandungan kalian yang memberikan solusi.

 

Cara Mengkonsumsi buah Bit

 

Sekarang saatnya bagaimana cara yang baik untuk mengkonsumsi buah bit.

Pertama cara yang sehat adalah dengan mengkonsumsi langsung buah bit, yang terasa kriuk-krik seperti mengkonsumsi buah bengkoang atau dondong. Namun untuk rasanya tidak terlalu manis dan membuat tangan serta bibir kalian menjadi merah karena mengkonsumsinya.

Kedua mengkonsumsi buah dengan membuat jus blah bit dari satu buah bit dengan 200 ml air tanpa es batu dan gula. Rasanya tentu berbeda dengan buah bit dinikmati langsung, rasa pada jus buah bit akan terasa langu dan hambar seperti meminum air yang bercampur tanah, tetapi kalian akan mendapatkan tubuh yang sehat.

Sekian dulu seputar manfaat buat bit buat kalian yang sedang mengandung dan bisa langsung dicoba untuk kesehatan tubuh kalian serta si bayi didalam perut.