Masa kehamilan yang sudah menginjak usia 9 bulan tentunya membuat khawatir dan harap-harap bagia anda para istri dan suami akan semakin dekatnya hari kelahiran sang bayi. Belum lagi ditambah dengan kondisi tubuh yang sudah mulai cepat lelah dan hawa panas atau gerah, karena tubuh semakin berat dengan kehamilan tua. Namun apakah anda telah mempersiapkan barang-barang yang wajib ada ketika proses melahirkan untuk anda dan si calon bayi?

Bagi anda para calon ibu yang saat baru merasakan kehamilan anak pertama tentunya masih bingung atau bahkan belum tahu barang-barang yang wajib dibawa dan ada saat melahirkan.

Nah untuk barang-barang tersebut sebaiknya dibagi kedalam 2 katergori yaitu barang untuk si bayi dan ibu yang baru melahirkan. Hal ini untuk memudahkan anda para calon ibu dalam menata dan mempersiapakan perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan nanti. Kemudian siapkanlah 2 buah tas dimana yang satu berisi perlengkapan si bayi dan yang satunya berisi perlengkapan untuk anda para ibu.

Untuk perlengkapan bayi yang wajib dibawa:

  • Pakaian bayi baru lahir sebanyak 6 pcs
  • Popok bayi sebanyak 1 lusin
  • Bedong atau kain selimut sebanyak 6 pcs
  • Sarung tangan dan kaus kaki sebanyak 3 pcs
  • Waslap atau sapu tangan handuk sebanyak 3 pcs
  • Siapkan topi khusus bayi.
  • Pampers untuk si bayi

Selanjutnya untuk perlengkapan ibu setelah melahirkan yang wajib disiapkan dan dibawa:

  • Pakaian dalam celana dalam dan bra sebanyak 6 pcs
  • Gurita atau stagen sebanyak 3 pcs sebagai pengikat perut setelah melahirkan
  • Kain batik sebanyak 3 pcs untuk digunakan setelah proses melahirkan
  • Siapkan pembalut wanita khusus setelah melahirkan sebanyak 1 ball
  • Siapkan baju berkancing atau daster berkancing sebanyak 3 pcs untuk digunakan saat menyusui si bayi.

Kedua perlengkapan ini sebaiknya dimasukan kedalam tas  terpisah yang sudah disiapkan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya agar mudah mencarinya saat dibutuhkan. Namun saat ini rumah sakit telah menyiapkan paket perlengkapan dan pengurusan untuk bayi yang baru lahir saat berada di rumah sakit setelah proses melahirkan.

Anda tentunya bisa mencari informasi ke rumah sakit tempat anda akan melahirkan untuk menanyakan paketnya.  Biasanya anda bisa ke bagian informasi biaya penginapan kamar rumah sakit dan biasanya terdapat kelas-kelasnya dalam paket tersebut. Tanyakan dengan detail apa saja fasilitas yang didapatkan dalam setiap paket kelas-kelas untuk pengurusan bayi, khususnya perlengakapn si bayi. Jika sudah lengkap dan sesuai dengan yang telah disebutkan sebelumnya mengenai perlengkapan bayi baru lahir, maka anda tidak perlu menyiapkan perlengkapan bayi. Cukup yang harus dibawa adalah beberapa bedong atau selimut dan sarung tangan serta kaus kaki, karena biasannya rumah sakit tidak menyiapkan perlengkapan tersebut.

Siapkan perlengkapan tersebut setelah memasuki usia 9 bulan masa kehamilan, setelah itu infokan kepada suami tas tersebut merupakan tas yang wajib dibawa ketika proses kelahiran datang. Selain memudahkan dan suami tidak perlu repot bertanya kembali ataupun panik mengenai barang yang wajib dibawa saat waktu melahirkan tiba. Nah saatnya meluangkan waktu untuk membuat list dan menyiapkan perlengkapan tersebut sebelum waktu melahirkan datang.