Taukah Anda jika pengenalan langsung pada anak dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak anak mampu menjelaskan objek secara langsung. Tapi Anda tentu harus sabar dalam proses mengenalkan objek tersebut pada anak. Contohnya mengajak anak ikut berbelanja ke area pasar bersih, dan biarkan anak berjalan diarea pasar dengan bebas namun tetap diawasi. Dengan membiarkannya maka akan banyak pertannyaan yang akan di ungkapkan oleh anak saat berkeliling area pasar, tentu karena banyaknya objek yang ia temui. Nah Anda sebagai orangtua tentunya harus bersikap proaktif dengan bertanya atau memancing sebuah pertanyaan kepada anak, misalnya dengan menanyakan tadi melihat apa, atau adakah yang menarik?

Sebaiknya selesai Anda berkeliling mulailah kenalkan padanya objek-objek yang ada di pasar secara pelan-pelan dan tanggapilah pertanyaan anak dengan jawaban yang mendidik seolah-oleh para ibu seperti guru dalam menjelasannya. Terakhir setelah mengenalkan objek tersebut lanjutkanlah dengan menceritakan tujuan Anda melakukan kegiatan berbelanja di pasar pada anak. Contohnya menceritakan bahwa kegiatan yang ibu lakukan dipasar adalah untuk memenuhi kebutuhan keluarga yaitu makan. Jika para Anda pintar lakukan feedback kepada anak dengan memberikan pertanyaan “Mengapa kita harus makan setiap hari supaya kuat”, tentunya anak akan berfikir dan bertanya mengapa bu? Nah disinilah Anda harus menggali pengetahuan anak dari hasil kegiatan berbelanja di pasar.

Sebelum melakukan kegiatan ini sebaiknya Anda mempersiapkan kegiatan apa saja yang harus dilakukan, dan ingat saat kegiatan ini berlangsung Anda harus seperti guru yang mendidik muridnya namun penuh kasih sayang tentunya sehingga anak akan mendengarkan penjelasan para ibu. Selain itu Anda harus sabar dalam memberikan penjelasan dan jangan lelah jika anak belum mau mendengar, lakukanlah dengan pelan-pelan dan penuh kasih sayang.

Dari kegiatan ini Anda akan mulai mengetahui sampai dimana kemampuan anak. Dari kegiatan ini selain melatih kemampuan anak juga akan semakin mendekatkan orangtua dengan anak. Yang paling penting dari kegiatan ini Anda sebagai orangtua akan semakin pintar dan kreatif dalam memberikan pendidikan yang baik untuk anak terutama pentingnya pengenalan lingkungan. Pendidikan tidak harus mahal satu dari artikel yang saya ingin sampaikan ini, Anda harus menyadari bahwa disekitar lingkungan banyak media yang bisa di manfaatkan untuk mengenalkan anak tentang pengenalan objek secara langsung. Paling penting adalah Anda akan semakin pintar dan kreatif dalam memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sarana pemberian pendidikan langsung pada anak, dari kegiatan ini. Kegiatan ini akan menjadikan anak cepat dalam merespon sesuatu terutama sesuatu yang sudah di lihat langsung dan dirasakan, sehingga anak mampu melakukan problem solving yang benar dan tepat.