Berprofesi sebagai seorang kasir sering kita jumpai di setiap perusahaan yang berhubungan dengan dunia keungan seperti  bank, supermarkert, dan finance. Mayoritas kita temui adalah wanita yang memang memilih profesi kasir sebagai pekerjaannya. Mengapa harus wanita atau kebanyakan dilakukan oleh wanita profesi sebagai kasir?

  • Wanita memiliki ketelitian yang baik dalam melakukan kegiatan dan cenderung memiliki rasa hati-hati dalam pekerjaan yang berhubungan dengan menghitung dan uang.
  • Wanita mampu bekerja multitask yang tentunya tidak dimiliki oleh seorang laki-laki. Contohnya sebagai seorang kasir supermarket selain dituntut menghitung jumlah barang yang keluar, mereka juga memasukan barang belanjaan customer ke kantong perbelanjaan saat menghitung. Selain itu di beberapa tempat kita temui seorang kasir juga sebagai seorang sales yaitu menawarkan promosi barang yang ada di tokonya setelah selesai menghitung.
  • Wanita memiliki ketepatan dalam berhitung jadi biasanya tingkat keakuratan perhitungan akan mencapai 99%.

Ketiga hal tersebut menunjukkan bahwa profesi sebagai kasir menjadi alasan yan mendominasi mengapa memilih atau dicari oleh para pekerja wanita. Contohnya saja di sebuah lowongan pekerjaan, kalian akan banyak menemukan kebutuhan posisi sebagai kasir selalu pihak perusahan mencantumkan khusus wanita pada informasi lowongan kerjanya. Inilah gambaran jika wanita Indonesia sangat dibutuhkan dalam bidang pekerjaan yang berhubungan dengan sektor keuangan. Contohnya saat ini mentri keuangan pada masa pemerintahan Jokowi dipercayakan oleh seorang wanita yaitu ibu Sri Mulyani, tentu ini menjadi bukti bahwa wanita memang memiliki kemampuan dalam bidang accounting.

Pegawai kasir pembayaran parkir

Kemudian kondisi lainnya yang menuntut kekuatan fisik wanita sebagi sorang kasir yaitu kalian jumpai pada pos pembayaran parkir, pada saat pembayaran banyak dilayani oleh wanita, Mengapa? Padahal kalian tahu jika tempat pembayaran parkir terletak di area udara yang panas, terutama jika tempat pembayaran tepat berada di dalam area tempat parkir yang berada di basement gedung. Wanitaku bisa membayangkan udara pengap dan panas suasana ruang parkir basement sebuah gedung. Namun nampaknya ini tidak menjadi keluhan bagi mereka yang bekerja, karena inilah lowongan yang tersedia untuk mereka saat ini. Inilah yang bisa kalian lihat bahwa wanita cenderung bisa bekerja lebih cepat atau sesuai target agar tidak terlalu banyak antrian saat proses pembayaran.

Teller pembayaran bank

Bekerja sebagai teller sebuah bank sudah umum dilakukan oleh wanita. Selain dibutuhkan ketelitian dalam menghitung, juga dibutuhkan kecepatan menyelesaikan administrasi customer agar antrian tidak terlalu lama.

Kasir pembayaran supermarket

Kasir supermarket selain teliti memasukkan angka pada barang yang dibeli customer ke mesin penghitung. Dibutuhkan kecepatan memasukan barang belanjaan customer ke kantong belanja yang disediakan pihak supermarket, serta harus cepat melakukan finishing. Hal ini tentu sama pada kasir pembayaran parkir, selain harus cepat menghitung total biaya parkir yang harus dibayar oleh customer juga harus cepat mengeluarkan struk parkir.

Hal ini menunjukkan bahwa wanita Indonesia memiliki kemampuan bidang accounting yang baik dan apapun suasana yang diberikan oleh pihak perusahaan dalam melaksanakan tugasnya mereka bisa melaksanakannya. Disisi lain bekerja dalam kaitannya sebagai pribadi seorang wanita menunjukkan bahwa wanita Indonesia memiliki kemandirian.