Wifi adalah media komunikasi berbasis wireless atau biasa Anda kenal tanpa kabel (nirkabel).

Wifi menjadi kebutuhan sesorang dalam mengakses dunia internet, penggunanyapun hampir disemua perangkat komunikasi seperti smartphone, komputer, notebook bahkan perangkat elektronik lainnya yang memanfaatkan perangkat ini. Alat bernama WIFI ini memiliki hubungan jaringan yang simple tanpa harus ada kabel sebagai penghubunganya, bermodalkan sinyal suatu wifi akan terhubungan pada sebuah jaringan.

Dengan banyaknya perangkat penunjang dan juga paket harga yang terjangkau perangkat ini banyak di kagumi oleh para pengguna media online. Dengan kemudahan akses membeli kuota dan memasang sebuah WIFI bisa dimanfaatkan dalam mengakses internet, data, print dan bahkan bisa menghubungkan perangkat yang satu dengan yang lainya.

Namun sebagai pengguna WIFI tidak ada salahnya jika Anda perlu mengenal type Frekuensi wifi yang ada di pasaran.

Perbedaan Wifi Dengan Frekuensi 2,4 Ghz dan 5 Ghz

Apakah Anda tahu perbedaan antara keduanya?

  1. Frekuensi 2,4 Ghz hanya memiliki data rate 600 Mhz di ( 802.11 n). Sinyal frekuensi 2,4 Ghz lebih jauh di banding frekuensi 5 Ghz karena semakin kuat frekuensi semakin pendek jangkuanya. Karena banyaknya perangkat yang memakai frekuensi 2,4 Ghz. Menjadikan frekuensi ini sering mengalami interfensi karena sering tabrakan antar frekuensi seperti telepon wireless, Bluetooth dan microwave.
  2. Frekuensi 5 Ghz memiliki data rate 1300 Mhz di ( 802.11 ac). Sedangkan untuk frekuensi 5 ghz masih sangat jarang ter infersensi karena masih sekali jarang perangkat perangkat yang menggunakan frekuensi ini. Maka sangat disarankan untuk menggunakanwifi dengan frekuensi ini, karena terbilang aman dan lancar jaya.

Nah dari artikel tersebut Anda tentu sudah memiliki pengetahuan donk untuk membeli langganan kuota internet berbasis wifi di rumah untuk support aktifitas keluarga atau di kantor tempat Anda berbisnis. Tentu Anda sudah bisa menentukan tipe wifi dengan frekuensi yang akan digunakan sebagai penunjang aktifitas dan sesuai kebutuhan Anda saat akan membelinya ke provider internet.