Sebagai seorang wanita tentunya sehari-hari mengenal yang namanya deterjen digunakan untuk mencuci pakaian. Deterjen saat ini dikenal dalam 2 bentuk yaitu bubuk dan liquid (cair). Pertanyaannya kalian menggunakan deterjen bentuk bubuk atau liquid ? Namun sebenarnya kalian tahu tidak perbedaan serta manfaat dari menggunakan deterjen bubuk dan detergen liquid.

Disini sisiwanita.com akan coba membahasa penggunaan dari masing-masing bentuk deterjen bubuk dan liquid. Sehingga kalian para wanita akan lebih paham mana yang sebaiknya digunakan untuk bubuk dan mana yang harus digunakan untuk liquid.

Mengenal deterjen bubuk

Untuk jenis detergen bubuk merupakan jenis deterjen yang sudah lama dan banyak dikenal di kalangan masyarakat. Jenis deterjen ini adalah bubuk dan digunakan untuk mencuci dengan cara melarutkannya di dalam air hingga mmengeluarkan busa. Setelahnya baru dilakukan perendaman pada pakaian yang kotor. Untuk kalian harus berhati-hati dengan penggunaan deterjen bubuk ini karena sifatnya keras dan panas pada tangan biasanya.

Kelebihan menggunakan deterjen bubuk

Lebih hemat penggunaannya karena sifatnya yang bubuk dan larut didalam air sebenarnya tidak terlalu banyak digunakan saat proses merendam pakaian. Selain itu kelebihan detergen bubuk bisa menggantikan fungsi sabun cuci misalnya deterjen bubuk bisa digunakan untuk mencuci kamar mandi serta piring.

Kelemahan menggunakan deterjen bubuk

Kelemahan dari penggunaan deterjen bubuk yang berkepanjangan adalah akan membuat pudar warna pada pakaian. Selain itu penggunaan deterjen bubuk akan mengakibatkan mengendap pada pakaian yang di cuci dengan menggunakan mesin cuci, mungkin sebagai contoh saat kalian mencuci bahan jeans berwarna dengan menggunakan deterjen bubuk setelah dicuci akan timbul putih-putih seperti debu yang menempel padahal itu adalah deterjen. Kelemahan lainnya bahan pada pakaian akan terasa kasar dan menjadi panas. Buat kalian yang merasakan panas dan gatal saat menggunakan deterjen bubuk bisa dipastikan kalian alregi dengan deterjen jenis bubuk ini..

Mengenal detergen liquid (cair)

Detergen jenis liquid mulai dikenal oleh masyarakat belakangan ini dengan berbagai varian dan keunggulannya. Pastinya banyak dari kalian yang mulai beralih mencuci dengan menggunakan detrjen liquid ini, karena banyak kemudahan yang didapatkan.

Kelebihan menggunakan deterjen liquid

Cairan konsentrat dalam bentuk liquid akan memudahkan larut di dalam air dan noda pada pakaian akan lebih mudah terangkat. Selain itu detergen jenis liquid saat ini sudah disertakan dengan pewangi dan pelembut pakaian jadi kalian tidak perlu membeli pewangi dan pelembut pakaian secara terpisah dari detejgennya. Tentunya lebih menghemat uang belanja bulanan untuk biaya sabun cuci. Kelebihan lainnya tidak perlu khawatir cairan menempel pada pakaian seperti debu-debu putih yang terjadi pada deterjen bubuk, dan deterjen lliquid tidak membuat panas dan gatal pada tangan.

Kelemahan mengguanakn deterjen liquid

Kelemahannya tentu boros karena sifatnya yang cair tentu penggunaannya tidak bisa dilakukan untuk sebulan bentuk refill ataupun botol. Kalian sebagai wanita tentunya akan semakin pintar dalam menentukan deterjen yang aman digunakan untuk mencuci pakaian keluarga tercinta. Sebagai saran sebaiknya penggunaan detergen bisa digunakan untuk pakaian sehari-hari dirumah, lap dapur, taplak meja, dan gorden.

Kemudian untuk penggunaan deterjen liquid bisa digunakan untuk mencuci pakaian kerja atau pakaian untuk pergi, pakaian bayi, dan sprei.

Sekian dulu tentang deterjen bubuk versus deterjen liquid untuk wanitaku.