Kegiatan family camp saat ini banyak dilakukan oleh keluarga sebagai ajang family time. Family camp memiliki banyak manfaat terutama dalam mengajarkan pengenalan tentang alam kepada anak sejak dini. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan oleh keluarga saat libur sekolah anak, hal ini memudahkan anda para orangtua untuk mengatur waktu kegiatan serta melakukan cuti kantor.

Bagaimana Mengenalkan Liburan Keluarga Familiy Camp Pada Anak?

Anda bisa mengenalkan terlebih dulu pada pasangan dan anak tentang family camp. Ceritakan kegiatan-kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat family camp, buatlah semenarik mungkin sehingga si anak tertarik untuk mengikuti kegiatan tersebut. Setelah si anak tertarik maka saatnya anda mengatur jadwal family camp.

Untuk pertama kali sebagai pengenalan awal kegaiatan family camp sebaiknya dilakukan 2 hari 1 malam saja, jangan memaksakan untuk mengadakan 3 hari 2 malam. Mengapa? Biarkan si anak mengenal terlebih dahulu kegiatan family camp dan jika si anak terkesan dengan kegiatan tersebut wanitaku bisa melakukannya kembali di waktu yang akan datang.

Melibatkan Anak Dalam Mempersiapkan Liburan Keluarga.

Anda bisa melakukan browsing internet untuk daerah yang biasa mengadakan family camp dan fasilitas yang disediakan berikut rincian biayanya. Setelah itu berikan pilihan pada anak ditempat mana family camp yang mereka inginkan. Setelah melakukan pemilihan wanitaku bisa membooking ke tempat family camp tersebut untuk tanggal dan fasilitasnya. Setelah selesai masalah tempat dan fasilitas, anda bisa membuat rundown kegiatan yang akan dilakukan di family camp tersebut dan untuk permainan usahakan semenarik atau seunik mungkin untuk membuat anak tertarik. Usahakan untuk permainan adalah permainan yang belum pernah si anak kenal dan baru dikenalnya di kegiatan family camp ini dan hanya akan di kegiatan family camp saja. 

Setelah siap dengan roundown acara terakhir list barang yang harus dibawa pastikan tidak ada yang terlupa. Untuk list barang kebutuhan anak sebaiknya anda menanyakan langsung barang apa yang ingin dibawa oleh mereka. Setelah di list koreksi kembali dan lakukan kroscek kembali pada list barang yang akan dibawa. Jika terlalu banyak anda bisa mengurangi list barang yang kira-kira barang tersebut tidak terlalu diperlukan atau malah tidak dibutuhkan selama kegiatan berlangsung, sehingga bisa meringankan barang yang harus di bawa. Barang bawaan yang ringan akan memudahkan anda dan keluarga ketika harus membawa barang bawaan ke area family camp yang jauh dari tempat parkir.

Kegiatan family camp sebenarnya bisa dibuat sendiri oleh anda dengan menyajikan kegiatan-kegiatan yang menarik sebagai acara family time seperti yang telah dijelaskan pada awal tulisan. Namun saat ini family camp sangat mudah di ikuti oleh sebuah keluarga, karena beberapa area wisata pegunungan atau hutan membuka kegiatan family camp yang diadakan oleh pihak pengelola area wisata sendiri. Fasilitasnyapun telah disediakan seperti tenda, alat masak, api unggu dan permainan oleh pihak pengelola wisata. Jadi wanitaku hanya tinggal menyiapkan makanan dan baju untuk ikut kegiatan family camp tersebut. Family camp yang diadakan oleh pihak pengelola wisata biasanya kegiatannya bergabung bersama keluarga-keluarga lain yang mengikuti kegiatan tersebut. Selain menambah pengetahuan baru bagi si anak, kegiatan ini akan menambah pertemanan si anak dan orangtua.

Jadi semua terserah anda mana yang kira-kira akan di pilih, melakukan family camp dengan menyiapkan semuanya sendiri atau ingin yang simple dan mudah dengan mengikuti family camp langsung yang diadakan oleh pihak pengelola wisata. Terakhir selamat mencoba dan menikmati kegiatan family camp pertama keluarga anda. Semoga semakin menambah keakraban dan keharmonisan keluarga.