Pasar biasanya tempat untuk melakukan pembelian barang kenutuhan rumah tangga seperti sayuran dan buah-buahan. Kita mengenal 2 klasifikasi pasar yaitu pasar tradisional dan pasar modern. Pasar tradisional sendiri biasanya para penjual dan pembeli langsung bertemu untuk membeli barangay dan ada proses tawar menawar untuk melakukan nego atas harga yang disepakati oleh penjual dan pembeli. kebanyakan pasar tradisional menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur-sayuran, telur, daging, kain, pakaian barang elektronik, jasa dan lain-lain. Selain itu, ada pula yang menjual kue-kue dan barang-barang lainnya. Pasar seperti ini masih banyak ditemukan di Indonesia, dan umumnya terletak dekat kawasan perumahan agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar.

Pasar modern memiliki teknologi dan tempat yang cukup bagus. Biasanya pasar modern kita jumpai pada supermarket yang sudah melengkapi barcode harga pada barang yang dijualnya, sehingga memudahkan customer untuk memilih langsung kebutuhan yang dicarinya dengan harga sesuai kantongnya tanpa harus melakukan tawar-menawar dengan pihak penjual. Pasar modern biasanya juga di fasilitasi dengan ruangan yang dilengkapi AC dan tertutup sehingga nyaman untuk para pembeli melakukan aktifitas memilih barang yang dibeli.

Mendengar dan melihat kondisi pasar tradisional adalah kondisi becek, bau sampah, dan kotor yang pasti dibayangkan dan dialami. Kebanyakan pasar tradisional di Indonesia memang seperti itu dan tidak memungkinkan pastinya bagi anda untuk membawa anak untuk ikut berbelanja. Karena beberapa alasan yang tidak memungkinkan anda untuk membawa anak seperti mudah terinfeksi kuman dengan kondisi pasar tradisional di Indonesia yang jauh dari kebersihan dan kenyamanan. Padahal pasar tradisional bisa menjadi sarana pendidikan bagi anak dengan mengenalkan objek-objek yang ada diarea tersebut, karena banyak objek yang bisa anda informasikan. Pertanyaannya apakah jika ada pasar tradisional yang bersih para ibu mau dengan senang hati mengajak si kecil ikut berbelanja dan mengenalkan objek-objek yang ada di pasar?

Pasar Sinpansa sebuah pasar tradisonal yang bersih untuk sarana pengenalan dan pembelajaran pada anak.

Tentu jika ada sebuah pasar tradisional yang bersih anda sebagai orangtua tentunya tidak akan khawatir membawa anak. Dengan kondisi yang bersih pastinya anak anada akan aman dan tidak akan terinfeksi kuman. Pasar tradisional yang bersih ternyata bisa ditemui di Indoensia, yaitu Pasar Sinpansa yang berlokasi di Summarecon Gading Serpong Tangerang. Pasar Sinpasa sebuah pasar tradisional yang dikemas dengan konsep modern tersebut diresmikan pada tanggal 23 September 2004 untuk memenuhi kebutuhan warga di kawasan Summarecon Serpong Tangerang dan sekitarnya. Dikutip dari http://www.malserpong.com, pasar Sinpasa ini dibangun dengan konsep yang sangat baik, mengacu pada standar pasar tradisional yang bersih dan aman.

Anda sebagai orangtua yang pintar bisa menjadikan pasar ini sebagai sarana langsung mengenalkan objek-objek yang berada di pasar tersebut pada anak tanpa harus khawatir dengan kebersihan pasar.

Memang lumayan jauh lokasi Pasar Sinpasa ini bagi anda yang berlokasi diluar Tangerang. Tetapi rasanya meluangkan waktu sehari saja untuk anak pastinya akan sangat mudah apalagi misi anda yaitu memberikan pendidikan dan wawasan bagi anak.

Manfaat mengenalkan pasar tradisional pada anak

Di pasar ini anda mengenalkan anak objek sayuran, ikan, buah-buahan, dan lain-lain tanpa rasa khawatir dengan kebersihan si kecil. Anak akan merasa senang bila bisa mengenal langsung objek yang dikenalkannya dibandingkan hanya dengan menggunakan pengenalan melalui media gambar dan tulisan saja.

Hal terpenting adalah mengajarkan anak bertransaksi. Memberikan pemahaman pada anak akan makna uang. Tawar menawar barang dagangan, hukum dasar ekonomi permintaan dan penawaran, serta logika bisnis dengan mudah diajarkan pada anak anak di pasar. Saat berinteraksi dengan pedangang.