Komedo merupakan bintik hitam atau putuh yang timbul dibagian hidung dan biasanya banyak muncul pada mereka yang memiliki jenis kulit berminyak pada wajah. Komedo timbul karena adanya akumulasi sebum dan kotoran sehingga terjadi penyumbatan pada pori-pori atau kelenjar sebaceous pada kulit yang berminyak, tetapi komedo bukanlah jerawat.

Jadi jika kalian jarang membersihkan wajah setelah make up atau bepergian keluar seharian makan akan timbul kumpulan sebum yang keluar dengan warna putih dan terinfeksi udara sehingga secara kimiawi berubah menjadi warna hitam yang biasanya terlihat berupa bintik hitam pada hidung.

Namun jangan khawatir dengan komedo yang timbul karena ada banyak tips untuk mengilangkannya salah satunya dengan bubuk Gelatin.

Cara membuat masker Komedo dari Gelatin

Pertama siapkan bubuk gelatin sebanyak 2 sendok dan siapkan susu cair sebanyak 2 sendok makan.

Kedua campur bubuk gelatin dan susu cair jadi satu pada wadah kosong serta aduk rata.

Ketiga bubuk gelatin yang sudah tercampur susu dipanaskan diatas kompor dan terapung pada air mendidih sambil terus diaduk menjadi cair selama 1 menit, seperti pada gambar dibawah ini.

Jika sudah menjadi seperti pasta maka bisa diangkat dan di tiriskan.

Pastikan wajah sudah di bersikan sebelum menggunakan masker dan pastikan masker gelatin sudah dingin. Jika semua sudah dipastikan maka masker bisa langsung di oleskan pada bagian hidung dengan menggunakan kuas.

Diamkan masker hingga kering selama 10-15 menit waktu minimal dan jika ingin efektif bisa di diamkan selama 1 jam. Pada saat masker mulai mengering maka akan terasa mulai mengeras dan tertarik, seperti pengunaan masker wajah pada umumnya maka ini dikatakan normal dan dalam proses.

Setelah masker kering dan mencapai waktu yang diharapkan, maka masker bisa dilepaskan pada wajah secara perlahan – lahan. Kemudian bersihkan kembali wajah dengan air dingin dan air hangat sesudahnya.

Bintik-bintik hitam komedo akan menempel pada masker, ini menandakan bahwa komedo sudah tertarik hingga ke akarnya.

Wajah akan terasa halus dan bersih tanpa bintik-bintik hitam timbul dibagian hidung.

Before

 

After