Sebagian wanita yang tinggal dikota besar seperti Jakarta pasti memiliki sindrom insomnia atau yang disebut gejala sulit tidur. Penyebab utama dari timbulnya penyakit ini karena permaslahan psikologis yang dialamai oleh orang tersebut. Seperti dateline pekerjaan sehingga menyebabkan gelisah pada orang tersebut atau terbiasa bekerja hingga larut malam jadi ketika malam menjelang pagi mencoba untuk tidur menjadi sulit.

Namun cara mengobati insomnia sebenarnya bisa dilakukan tanpa harus mengguakan obat-obatan seperti meminum obat tidur sebelum tidur atau meminum obat penenang sehingga kondisi tubuh bisa menjadi relax. Menghilangkan insomnia tanpa obat dilakukan dengan memulai hidup sehat dan komitmen pada diri sendiri. Berikut cara mengobati insomnia bagi para wanita tanpa menggunakan obat yang dikutip dari health.com.

Hindari minum kafein sebelum tidur

Mulailah untuk menghindari minuman seperti kopi jika ingin menghilangkan insomnia. Caranya dengan menghindari meminum minuman yang mengandung kafein enam jam sebelum waktu anda tidur. Jadi jika waktu tidur anda adalah jam 9 malam maka jam 3 sore anda sudah harus mensterilkan tubuh dari minuman kafein. Kopi sebagai minuman yang mengandung kafein dipercaya membuat efek sesorang tidak bisa tidur atau insomnia dan mudah gugup serta gelisah.

Membiasakan minum susu hangat sebelum tidur

 

 

 

Bagi lansia hindari meminum susu hangat dimalam hari, susu hangat didalam tubuh menghasilkan melatonin berperan mensitumulasi manusia untuk tidur dan bangun secara teratur. Bagi lansia pertumbuhan melatonin semakin menurun dan banyak mengalami insomnia, sehingga disarankan bagi para lansia untuk meminum susu hangat sebelum tidur.

 

 

 

Melakukan meditasi sebelum tidur

Stress dan kecemasan pada suatu masalah adalah salah satu penyebab utama insomnia. Sebuah penelilian dari British Psychological Society menemukan bahwa melakukan meditasi dapat membantu anda untuk mengontrol pikiran dan emosi pada tubuh menjadi sebuah energi positif, sehingga efektif untuk menghilangkan insomnia.

Mematikan lampu saat tidur

Membiasakan tidur dalam keadaan gelap ternyata sangat baik untuk menghilangkan insomnia, karena saat kondisi gelap mata yang mulai mengantuk akan mudah untuk tertidur dibandingkan tidur dalam keadaan lampu menyala. Selain itu hormon melatonin akan tumbuh saat melakukan tidur dimalam hari dalam keadaan gelap tanpa lampu menyala.

Hindari bekerja dimalam hari

Mulailah untuk relax pada tubuh dengan tidak mengabaikan pekerjaan dimalam hari. Seperti jangan terlalu sering melakukan lembur dikantor atau membawa pekerjaan ke rumah dan membiasakan bekerja dimalam hari ditempat tidur dengan membawa laptop atau notebook. Hal ini tentu akan membiasakan tubuh untuk terus terjaga hingga pekerjaan selesai dan membangkitkan insomnia pada tubuh.

Hindari penggunaan Gadget di tempat tidur saat akan tidur

 

Jadikan tempat tidur seperti surge tempt anda untuk beristirahat, jangan menggunakan gadget seperti ipad, handphone atau lifebook di tempat tidur anda. Jauhkanlah tempat tidur dari barang-barang gadget ketika ingin tidur dimalam hari. Aktifitas membiasakan memainkan gadget dimalam hari ditempat tidur menjadi salah satu pemicu dari

 

 

Hindari menyalakan Tv saat tidur

Menonton TV sebaiknya dihindari satu jam sebelum anda tidur, karena cahaya TV menyebabkan sekresi pada hormon melatonin yang menyebabkan rasa kantuk menjadi hilang.

Mendengarkan musik klasik sebelum tidur

Mendengarkan musik klasik sebelum tidur terbukti membuat tenang suasana saat akan tidur dan dipercaya membuat tidur menjadi nyenyak dan lama. Susana musik tersebut juga bisa menurunkan denyut jantung dan tekanan darah sehingga membuat tidur menjadi berkualitas.

Olahraga sebelum Tidur

Melakukan olahraga satu jam setiap hari atau sebelum tidur dipercaya mendapatkan tidur yang berkualitas. Seorang dokter yaitu Dr. Krieger merekomendasikan melakukan beberapa sesi olahraga seperti yoga, pilates, atau tai chi secara rutin tiga jam sebelum tidur akan menghilangkan insomnia dan membuat tidur menjadi berkualitas.

Usahakan kamar untuk tetap dingin

Tidur dengan suasana sejuk menjadi pilihan untuk para insomnia mnedapatkan kondisi udara yang sejuk ke tika tidur. Udara yang sejuk dan akamr yang dingin dipercaya membuat orang mudah tidur dan nyenyak. Maka usahakan kamar anda memilki sirkulasi udara yang bagus dan bisa juga dengan menggunakan AC sebagai pendingin kamar.

Jadikan tempat tidur seperti surga

Menjadikan suasana kamar sejuk dan bersih serta terlihat nyaman adalah menjadikan surge sebagai tempat untuk beristirahat. Tentunya kamar yang bersih, rapih, wangi dan sejuka adalah kamar yang akan memberikan suasana tidur menjadi nyaman dan seperti surga.

Mencuci muka sebelum tidur

Melakukan aktifitas mencuci muka sebelum tidur dipercaya bisa menghilangkan insomnia. Sebenarnya mencuci muka merupakan salah satu cara untuk menstimulus agar rasa kantuk datang, karena mencuci muka dipercaya bisa mendatangkan rasa kantuk seperti saat kita melakukan aktifitas mandi setelah seharian beraktifitas dan biasanya setelah mandi akan terasa kantuk.

Mulailah cara-cara tersebut untuk bisa menghilangkan insomnia pada diri anda, karena insomnia sendiri berasal dari psikologis diri kita sendiri. Maka obatnya sebenarnya dengan meminimalisir maslah datang dan berusaha menyelesaikan semua permasalhan dengan secapatnya dan mencari solusi namun penerapan hidup sehat bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan insomnia.