Zaman serba teknologi tentunya banyak aktifitas dalam dunia kerja yang selalu menuntut untuk siap dan tanggap dalam menyelesaikan masalah yang ada di dunia pekerjaan. Maka kita harus siap dengan alat pendukung sebagai sarana penunjang alat kerja untuk memudahkan setiap pekerjaan selesai sesuai dengan harapan. Karena salah satu penunjangnya adalah si kecil laptop ini, atau mini PC yang siap di bawa kemanapun. Di sini saya akan berbagi bagaimana merawat dan menjaga laptop kesayangan kalian supaya selalu sehat dan siap membantu aktifitas kalian. Salah satunya yang akan saya infokan yaitu menjaga laptop pada bagian si hardware atau mesin.

Pertama

Usahakan ketika menggunakan perangkat laptop selalu di atas meja, mengapa demikian? Karena laptop adalah perangkat yang bisa menghasilkan panas dan membutuhkan sirkulasi udara yang di atur oleh kipas pendingin atau biasa di sebut  Fan. Jangan biasakan menggunakan perangkat laptop di atas paha dan di tempat tidur, akibatnya kipas atau Fan akan terhalang oleh bahan kain yang bisa mengganggu sirkulasi udara dalam mendinginkan prosessor.

Kedua

Untuk menjaga battrei laptop tetap awet dan tahan lama, usahakan laptop dalam posisi charging. Battrei ketika sering di gunakan akan mengalami penurunan kekuatan cell yang akan menjadikan cell pada battrei cepat rusak, seperti kalian ketahui pada banyak kasus ketika battrei proses charging, di indicator pada laptop menunjukan kapasitas mencapai 100%. Tetapi ketika battrei di pergunakan tidak bisa bertahan lama dan terpaksa harus tetap menggunakan charger. Untuk pemakaian yang mendesak dan harus menggunakan battrei, usahakan indikator battrei tidak melebihi 20 %. Karena ada beberapa kasus kita temui ketika battrei dalam keadaan habis total laptop tidak bisa menyala sama sekali dan juga ada beberapa yang battrei langsung rusak.

Ketiga

Pada bagian layar laptop sebaiknya saat menutup dan membuka usahakan untuk memegang pas di bagian atas tengah layar agar menjaga engsel tidak mengalami tekanan di satu sisi yang bisa mengakibatkan salah satu engsel pada layar mudah rusak atau patah. Di beberapa kasus  banya ditemui laptop yang rentan pada bagian engsel sehingga mudah rusak bagian cover si laptop dan indikasinya sangat mudah ditemukan perhatikan jika salah satu cover yang menutup engsel laptop mulai menganga atau tidak rapat ini tanda-tanda akan engsel akan rusak dan menjalar pada bagian laptop kalian. Jika sudah demikian kalian harus mulai care dengan laptop kesayangan.

Keempat

Penggunaan laptop bag penting lhooo bukah hanya karena model tetapi memiliki peran mengurangi goncangan atau tekanan dalam menaruh dan saat membawanya kemanapun, karena sedikit saja goncangan akan berpengaruh pada sisi hardware laptop. Dalam memilih laptop bag usahakan yang berbahan tebal dengan lapisan busa yang bisa melindungi si laptop saat ada guncangan atau benturan, selain itu penting bahan tas laptop yang tidak mudah kemasukan air. Jujur saja diantara kalian ada yang pernah mengalami kehujan dan parahnya saat membawa laptop so penting sekali memberikan keamanan bagi laptop kesayangan.