Banyak orang menjadikan dunia online sebuah lapak untuk mendatangkan uang dengan trend yang dikenal “bisnis online”. Kedepannya bekerja dirumah secara online akan menjadi trend bagi orang-orang. Contohnya bagi sebagian wanita yang bekerja dikantor sudah mencoba menyelesaikan pekerjaan kantor secara mobile dan online seperti dirumah ketika anak sakit atau ada kebutuhan pengambilan raport anak.

Perkembangan saat ini masih saja tentang dunia online yang diminati oleh orang-orang sebagai peluang membuka lapak usahanya dengan cara jualan online. Persaingan jualan online saat ini sangat tidak mudah untuk mendapatkan pembeli. Persaingan di mulai kualitas, harga, dan kepercayaan  tentunya menjadi syarat utama dalam membangun bisnis ini. Trend berjualan secaran online memang cocok bagi orang-orang yang suka menghabiskan waktunya dirumah contohnya para ibu rumahtangga yang berkarir dikantor dan memiliki anak, pastinya keinginan utama adalah bisa bersama anak namun tetap memiliki pendapatan. Jadi tidak perlu menghabiskan pekerjaan di kantor.

Berikut ini bisa kalian parktekan beberapa wadah atau media online yang bisa digunakan untuk berjualan online, tidak perlu khawatir bagaimana memasarkan produk kslisn secara online berikut cara yang paling mudah yang bisa dikuti :

Berjualan melalui Sosial Media

Media sosial bagi anda yang punya niat bisnis dan bukan untuk menjadikan account di medsos sebagai sarana publikasi pribadi keren pastinya. Jadikan media sosial sarana membangun jaualan online anda. Update produk-produk jualan kamu disemua medsos dan silahkan daftar sebanyak-banyaknya di setiap media sosial sebagai ajang publikasi produk yang kalian jual.

Berikut media sosial yang bisa diikuti sebagai sarana jualan online gratis:

Online shop Via BBM, Facebook, Instagram, Line, Whatsaap, Path, dan lain sebagainya.

Berjualan dengan menjadi client di sebuah situs shop online Indonesia

Cara mudah mempublikasikan produk jualan kalian dengan mendaftarkan toko anda pada situs online shop Indonesia. Tenang saja registrasi sudah pasti gratis dan tanpa dipungut bayaran. Tetapi biasanya akan ada analisa produk yang kalian tawarkan apakah masuk kategori trend saat ini terutama jika itu adalah produk-produk update yang fashionable seperti pakaian, tas, sepatu. Nah berikut online shop terbesar di Indonesia yang bisa kalian ikuti :

blibli.com, lazada.com, zalora.com, bukalapak.com, dan tokopedia.com

Berjualan online dengan di Blog sendiri

Untuk yang satu ini anda bisa membuat shop online sendiri dengan membuat blog jualan pribadi, jika ingin gratis bisa mendaftar di blogspot dan wordpress namun untuk tampilan tentu sudah bawaan dari blog tersebut anda tidak bisa merubah template sesuai yang diinginkan. Namun jika tertarik memdapatkan blog sesuai tampilan dan template yang diinginkan silahkan membeli hosting atau domain sendiri dan bisa menyerahkan kepada programmer untuk tampilan template shop online yang diinginkan. Tentunya untuk kegiatan ini akan berbayar namun ini hanya modal diawal jadi tidak perlu khawatir, dan saat ini sudah banyak hosting dan domain dengan harga murah.

Bagaimana tertarik berjualan online tentu mudah dan gratis, tinggal update produk secara rutin setiap hari. Promosikan barang yang dijual melalui berbagai cara dan bangun kepercayaan pada customer jika bisnis sudah mulai berjalan, karena customer berhak mendapatkan kualitas yang baik dari barang yang dibelinya untuk mencapai kepuasan pelanggan. Dari kepuasan pelanggan yang diterima maka customer tidak akan berpindah ke tempat lain, karena mereka sudah mempercayakan produk-produk yang kalian jual.