Berbicara di depan umum tidaklah semua orang memilikinya dan ini dibutuhkan skill khusus seperti latihan. Latihan berbicara didepan umum apakah diperlukan?

Menurut saya sebagai penulis tentu diperlukan latihan ketika Anda akan maju dan berbicara didepan umum misalnya mempresentasikan sebuah proyek bisnis atau sebuah report hasil penelitian. Anda pastinya tidak ingin terlihat tidak sempurna pada presentasi yang akana disajikan, apalagi jika ini menyangkut proyek dan ada uang dari presentasi tersebut yang menghasilkan goalnya sebuah proyek atau mungkin promosi jabatan Anda di sebuah perusahaan.

Tentu Anda memerlukan beberapa latihan dan persiapan dalam menunjang sempurnanya presentasi Anda.

Mempersiapkan Materi Yang Akan Disampaikan Sebaik Mungkin

Menyampaikan materi presentasi tentu harapan Anda orang yang melihat akan mengerti dari materi yang Anda sampaikan. Maka siapkan dan luangkan waktu untuk menyusun materi yang akan disampaikan. Buatlah materi secara simple, detail dengan tampilan yang mudah dimengerti.

Latihan berimprovisasi dari materi presentasi yang sudah jadi sangatlah penting dalam mendungkung proses berbicara yang sesuai dengan presentasi yang akan disampaikan. Lakukan improvisasi di waktu luang aktifitas keseharian Anda, latihan berbicara ini bisa ditempat umum seperti taman atau didepan kaca. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa melakukan rekaman dari setiap latihan dan lakukan pencatatan pada bagian yang akan ditambah atau perlu dikurangi.

Tidak Ada Salahnya Menyisipkan Humor Dalam Presentasi Anda

Sebuah presentasi biasanya membuat Anda dan peserta sebagai pendengar terlihat tegang, dari mulai penyajian menggunakan bahasa baku hingga hasil presentasi yang menentukan hasil bagus atau kurang bagus. Tidak ada salahnya Anda menyisipkan sedikit humor dalam presnetasi Anda. Dalam sebuah situs www.motivatoracademy.com Menggunakan HUMOR DALAM PRESENTASI menjadi salah satu kunci sukses bagi setiap pembicara publik. Jika digunakan secara tepat dan bijak, humor dapat memberikan banyak manfaat, baik bagi pembicara maupun bagi pesertanya. Anda bisa membangun kedekatan dengan peserta, jika peserta sudah mau tertawa bersama kita, maka kita bisa bilang bahwa kehadiran kita sudah diterima oleh mereka. It’s a sign of APPROVAL

Belajar Berinteraksi Dengan Peserta

Bagian tersulit dari sebuah persentasi adalah bagaimana Anda membuka jalan untuk bisa berinteraksi dari presentasi Anda. Dalam tahapan ini Anda perlu berlatih didepan orang-orang, Anda bisa mengundang 5 sampai 10 orang dari teman Anda untuk bersedia mendengarkan presentasi Anda. Agar bisa berinteraksi dengan para peserta ajukan sebuah pertanyaan yang bisa membuat feedback para peserta, atau lemparan humor yang membuat Anda terhubung secara langsung ke peserta. Mintalah masukan dari para peserta yang Anda undang dalam latihan presentasi Anda. Lakukan latihan ini minimal 2 sampai 3 kali sebelum dateline presentasi Anda.

Lakukan Latihan Pernafasan Setiap Akan Memulai Presentasi

Ternyata mengatur pernafasan dalam setiap persentasi sangatlah penting, karena saat akan melakukan persentasi semua orang akan merasakan yang namanya gugup atau tegang saat akan berbicara didepan peserta. Maka latihlah pernafasan setiap Anda akan memulai latihan persentasi didepan kaca, kamera atau teman-teman Anda. Lakukan pernafasan sambil duduk dan bernafaslah secara teratur. Selain itu penting bagi Anda saat bernafas untuk berfikir postif bahwa para peserta membutuhkan presentasi Anda.