Tangan yang indah putih nan mulus menjadi dambaan setiap wanita. Tapi sudahkah kalian yakin tangan putih nan mulus bebas dari kuman dan bersih ? sebarapa besar perhatian kalian pada tangan yang bersih, yang selama ini terlupa untuk kita perhatikan.

Mulailah mencuci tangan sebelum kalian memulai aktifitas bekerja atau aktifitas seperti makan sekalipun kalian makan dengan menggunakan sendok. Sadarkah kalian bahwa disekeliling tubuh banyak beredar debu yang selalu terbawa angin kemanapun bebas menghinggap dibadan tanpa kalian sadari.

Tangan menjadi salah satu bagian gerak tubuh manusia yang selalu tanpa sadar menempatkan posisinya pada tempat yang berbeda-beda.

Contoh kecil untuk kalian wanitaku yang berkarir dapat diperhatikan dalam aktifitas harian tangan kalian bebas berpijak. Dari mulai berangkat kerja menutup pintu kamar, pintu rumah dan pintu pagar rumah kalian. Kemudian menaiki angkot atau menaiki kendaraan pribadi tangan kalian berpijak pada area kendaraan yang sudah pasti kotor, lalu masuk keruangan kantor dengan memeriksa dokumen dan melihat-lihat email atau informasi kantor untuk kalian. Aktifitas ini contoh kecil diawal kalian memulai aktifitas dikantor dengan menggunakan tangan dan sudah pasti banyak lagi aktifitas lainnya yang sudah pasti menggunakan anggota tubuh yang penting ini. Sampai disini bisa dilihat berapakali tangan kalian berpijak, nah cobalah kalian mencuci tangan 5-10 detik sebelum memulai aktivitas kantor dan melakukan sarapan. Sehingga dapat dipastikan sarapan pagi kalian adalah menu yang sehat dengan tangan yang sehat.

Berikut Tips menjaga kebersihan versi WHO.

Pertama: Jagalah kebersihan tangan dengan menggunakan antiseptik berbasis alkohol atau mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir (lihat indikasi rinci pada tabel).

Kedua: Bila tangan tampak kotor setelah kontak dengan cairan tubuh, atau diduga terinfeksi organisme berspora, atau setelah menggunakan toilet, tangan harus dibersihkan dengan sabun atau antiseptik dan air mengalir. Bila tidak tampak kotor, tangan dapat dicuci dengan antiseptik berbasis alkohol.

Ketiga: Pastikan tersedia fasilitas cuci tangan dengan air bersih yang mengalir.

Keempat: Pastikan tersedia sarana untuk membersihkan tangan (air bersih, sabun, handuk sekali pakai, antiseptik berbasis alkohol). Utamakan antiseptik berbasis alkohol selalu tersedia di tempat pelayanan kesehatan.

Tips tambahan untuk para wanita untuk selalu sediakan dan simpan dalam tas anda tisu kering dan basah serta hand sanitizer, barang-barang ini penting karena dalam perjalanan mungkin kalian tidak sempat menemui toilet untuk mencuci tangan maka kalian bisa gunakan hand sanitizer sementara sebagai alat pembersih tangan kalian. Selain itu pengalaman yang sering kalian temui adalah toilet-toilet yang tidak bersih atau berbau sehingga menjadi tidak nyaman saat membersihkan tangan atau melakukan proses pembuangan, tips tambahan yang saya sampaikan akan sangat berguna dalam kondisi ini. Wanitaku gunakanlah tisu basah untuk mengelap toilet dan tisu kering untuk membersihkan daerah kewanitaan kakian, terakhir jangan lupa bersihkan tangan kalian dengan air dan gunakan tisu kering yang kalian miliki, jika kalian meragukan kebersihan air pada toilet tersebut gunakanlah hand sanitizer sesudahnya sehingga kaolin yakin bahwa tangan kalian sudah bersih dan bebas kuman.

Wanitaku semoga tips diatas bisa mulai dipraktekan setiap hari untuk memulai hidup sehat, kalian dapat memulai dari hal kecil tentunya termasuk menjaga kebersihan tangan yang kadang terlupa dalam diri kalian. Dari hal terkecil tersebut kalian sebagai wanita perlahan akan mulai menyadari arti pentingnya memulai hidup bersih dan pentingnya kebersihan bagi tubuh. Hal penting dari tulisan ini bahwa dengan tubuh yang sehat maka akan mudah bagi kita untuk melakukan aktifitas.

Picture by : www.kaltim.tribunnews.com